Bab 4 (Hasil Penelitian dan Pembahasan) dalam Penulisan Ilmiah

Diposting pada

Bab IV Tentang Hasil Penelitian dan Pembahasan

Secara sistematis suatu tulisan yang memiliki karakteristik ilmiah biasanya dibagi menjadi beberapa bab, mulai dari pendahuluan hingga penutup. Meskipun urutan bab dapat berbeda satu sama lain tergantung pedoman penulisan yang digunakan. Akan tetapi yang pasti, pada tulisan ilmiah seperti skripsi, tesis, desertasi, ada bagian yang memaparkan tentang hasil penelitian dan pembahasan berada di Bab IV.

Bahkan seringkali pula ada yang menuliskan bagian hasil dan pembahasan secara terpisah, tapi ada pula yang menuliskannya menjadi satu bagian terpadu. Disini tentusaja perlu diingat bahwa, pada dasarnya hasil penelitian mengacu pada hasil daripada teknik analisis data yang telah kita peroleh dari lapangan, sedangkan pembahasan mengacu pada penjabaran secara mendalam terkait hasil penelitian yang telah dituliskan. Atau dengan kata lain, pembahasan berguna untuk menjelaskan “mengapa hasilnya demikian?”.

Bab 4 (Hasil Penelitian dan Pembahasan)

Dalam tulisan-tulisan ilmiah, Bab 4/IV menjadi bagian yang sangat panting dan tak boleh terlewatkan karena bagian ini bisa dikatakan sebagai inti dari tulisan ilmiah kita. Meskipun bab-bab lainnya juga tak kalah penting keberadannya.

Misalnya saja prihal ini, pada Bab 1 yang merupakan pendahuluan, kita harus memaparkan hal-hal yang mendasari atau menjadi alasan arti penelitian kita adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pada Bab 2 yang merupakan tinjauan pustaka, kita harus menuliskan landasan teori yang kita gunakan dalam melakukan penelitian untuk memperkuat hipotesis penelitian atau argumen kita.

Pada Bab 3 yang merupakan bagian metodologi penelitian, kita harus menuliskan pendekatan penelitian yang kita gunakan, jenis data penelitian yang kita butuhkan, sumber data tersebut, teknik pengumpulan data, teknik validitas data, dan juga teknik analisis data.

Sedangkan pada Bab 4 yang merupakan bagian hasil penelitian dan pembahasan, kita diharuskan untuk menuliskan hasil yang telah kita peroleh dengan menggunakan metode pada Bab 3, serta memberikan penjelasan secara terperici terkait hasil tersebut. Bukan hanya itu, pada bagian pembahasan kita juga harus mengkaitkan hasil penelitian kita dengan dasar teori yang kita gunakan, yang sebelumnya telah kita tuliskan pada Bab 2.

Pengertian Bab IV (Hasil Penelitian Dan Pembahasan)

Bab 4 dalam penulisan ilmiah adalah bab yang berisi hasil penelitian dan pembahasan berdasarkan data yang telah dianalisis dengan menggunakan jenis metode penelitian tertentu yang telah dituliskan sebelumnya pada Bab 3 yang berisi metodologi penelitian.

Bagian Bab 4 (Hasil Penelitian Dan Pembahasan)

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Bab 4 dalam tulisan ilmiah terdiri atas hasil penelitian dan pembahasan. Berikut penjelasannya:

  1. Hasil Penelitian

Hasil atau temuan penelitian adalah bagian yang menyajikan data yang telah dikumpulkan selama penelitian. Bagian hasil adalah tempat peneliti melaporkan temuan studinya berdasarkan informasi yang dikumpulkan sebagai hasil dari metodologi yang diterapkan.

Bagian hasil seharusnya hanya menyatakan temuan, tanpa bias atau interpretasi, dan disusun dalam urutan yang logis. Dan perku kita ingat bahwa bagian hasil harus selalu ditulis dalam bentuk lampau. 

  1. Pembahasan/Diskusi

Bagian pembahasan atau diskusi mengikuti hasil penelitian. Di sinilah penulis menunjukkan pentingnya hasil penelitian mereka atau untuk menjawab pertanyaan, “Mengapa penelitian mendapatkan hasil yang demikian?”.

Bagian pembahasan memberikan penjelasan logis untuk hasil dari penelitian. Penjelasan tersebut dapat dicapai dengan membandingkan dan mengkontraskan hasil dengan dasar teori yang digunakan maupun temuan penelitian sebelumnya, sehingga kutipan penelitian yang dibahas dalam tinjauan pustaka umumnya muncul kembali di sini.

Bagian ini juga biasanya membahas keterbatasan penelitian dan berspekulasi tentang apa yang dikatakan hasil penelitian tentang masalah yang diidentifikasi dalam rumusan masalah atau pertanyaan penelitian.

Bagian pembahasan sangat penting karena bergerak ke arah argumen peneliti. Karena para peneliti menginterpretasikan hasil mereka menurut landasan teoritis di bagian ini, ada lebih banyak ruang untuk perbedaan pendapat. Cara peneliti menafsirkan hasil mereka mungkin sangat berbeda dari cara kita menafsirkannya atau cara peneliti lain menafsirkannya.

Cara Membuat Bab 4 (Hasil Penelitian Dan Pembahasan)

Cara membuat Bab IV yang terdiri atas hasil penelitian dan pembahasan yaitu;

  1. Tuliskan hasil penelitian dan pembahasan sesuai dengan tahapan penelitian

Dalam menuliskan hasil penelitian dan pembahasan pada Bab 4 harus sesuai dengan tahapan penelitian yang telah kita tuliskan sebelumnya pada Bab 3 (Metodologi Penelitian). Ingat bahwa kita tidak boleh menuliskan hasil dan pembahasan yang tidak sesuai dengan Bab 3, sebab penelitian harus dilakukan secara bertahap, sehingga penyusuan hasil dan pembahasannya pun juga bertahap. Apabila perlu, kita bisa melakukan penomoran pada setiap sub judul pada Bab 3.

Selain sesuai dengan urutan atau tahapan yang telah kita tuliskan sebelumnya, perlu kita ketahui pula bahwa di Bab 4 kita harus menuliskan apabila terjadi kegagalan dalam penelitian kita, misalnya ketika kita gagal menerapkan model discovery learning, maka harus kita tuliskan penyebab kegagalan tersebut.

Intinya, apa pun hasil penelitian kita, harus kita tuliskan apa adanya atau sesuai dengan kenyataannya, jangan sampai terlewatkan sedikitpun. Apabila ada hasil yang perlu kita ilustrasikan dalam bentuk gambar atau diagaram, atau mungkin hasil yang harus kita tabulasikan, maka itu juga harus kita sertakan agar memudahkan pembaca dalam memahami tulisan kita.

  1. Tuliskan angka pada hasil penelitian

Apabila hasil penelitian kita berupa angka-angka hasil perhitungan statistik, matematika, dan lain-lain, maka itu juga harus kita tuliskan pada bagian hasil. Jika angkanya terlalu banyak maka bis akita tuliskan dalam bentuk tabel, tapi apabila sekiranya tabel tersebut membutuhkan lebih dari satu halaman, maka hasil perhitungan tersebut dapat kita sertakan di bagian Lampiran.

Setiap angka yang kita tuliskan sebagai hasil analisis kita tentunya memiliki makna atau maksud tertentu. Oleh sebab itu, kita harus menjelaskan makna tersebut di bagian pembahasan. Sebagai contoh, “Standar deviasi model discovery learning di kelas XI yaitu 0,5.” Kita harus menuliskan “Apa maksud dari 0,5?, dan lebih baik lagi apabila kita bahas “Mangapa standar deviasinya 0,5?”

Angka-angka tersebut sangat penting, sehingga jangan biarkan angka tersebut menjadi percuma tanpa memberikan informasi yang bermakna kepada pembaca.

  1. Tulislah pembahasan semaksimal dan selengkap mungkin

Seringkali mahasiswa menulis bagian pembahasan dengan asal-asalan, sehingga menyebabkan pembaca tidak mengerti maksud dari tulisan tersebut. Oleh sebab itu, kita harus menuliskan pembahasan semaksimal dan selengkap mungkin agar pembaca bisa memahami keunggulan atau kebaruan dari penelitian kita, atau apabila ada kegagalan, pembaca mengetahui penyebab kegagalan tersebut sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi mereka.

  1. Sertakan jurnal pendukung

Pada Bab 4, terutama bagian pembahasan kita harus menyertakan jurnal internasional atapun jurnak nasional sebagai pendukung untuk memperkuat argumen kita, sebab apabila tidak ada jurnal pendukungnya, maka tulisan kita bisa saja diragukan.

Jadi penting untuk kita ingat bahwa jurnal pendukung tidak hanya dituliskan pada Bab 1 dan 2 saja, tapi di bagian pembahasan jurnal yang kita rujuk tersebut harus kita munculkan kembali agar pembaca mengetahui posisi penelitian kita dibandingkan penelitian yang telah ada sebelumnya.

  1. Jangan tuliskan kesimpulan pada Bab 4

Menuliskan kesimpulan pada Bab 4 adalah hal yang mutlak harus kita hindari karena kesimpulan terletak di Bab 5 bersama dengan saran. Apabila kita mengungkapkan argumen yang seringkali mengarah pada kesimpulan, itu boleh saja tapi argumen tersebut harus dibuktikan dengan jurnal pendukung.

Sedangkan pada bagian kesimpulan tidak perlu mencantumkan jurnal pendukung karena kesimpulan tersebut merupakan akhir dari sebuah tulisan, dan biasanya merangkum poin-poin utama dari suatu argumen.

Agar lebih jelasanya. Bisa menyimak video penjelasan ini;

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa BAB 4 berisi tentang bagian hasil yang senantisa berisi objektif melaporkan apa yang kitaa temukan, tanpa berspekulasi tentang mengapa kita menemukan hasil tersebut, sedangkan bagian diskusi atau pembahasan menafsirkan makna hasil, menempatkannya dalam konteks, dan menjelaskan mengapa itu penting.

Sehingga dalam penelitian kualitatif, hasil dan diskusi terkadang digabungkan. Tetapi dalam penelitian kuantitatif, dianggap penting untuk memisahkan hasil objektif dari interpretasi kita sebagai peneliti. Tetapi yang pasti, tak kalah penting juga dalam tulisan ilmiah adalah adanya Bab 5 atau bab yang berisi kesimpulan dari hasil peneleitian dan pembahasan yang telah kita tuliskan, serta berisi saran yang dianggap penting untuk studi atau penelitian lanjutan, atau bisa juga saran terkait objek penelitian atau subjek penelitian kita.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian Bab 4/IV (Hasil Penelitian dan Pembahasan), bagian, beserta cara membuatnya. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi semua kalangan yang membutukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *