Contoh Saran Makalah/Karya Ilmiah/Laporan/Proposal Penelitian

Diposting pada

Contoh Saran Makalah

Saran menjadi bagian penting dalam setiap penulisan jenis makalah, laporan hasil penelitian, karya tulis, ataupun yang lainnya. Penulisan saran ini senantiasa didasarkan pada teknik analisis data dan tidak dapat berspekulasi karena fakta bahwa itu bukan hipotesis penelitian.

Oleh karena itulah guna memperjelas pemahaman kita mengenai cara menulis dan contoh pembuatan saran yang baik, dalam artikel ini akan membahasnya.

Saran

Saran penelitian adalah pendapat yang dibuat untuk dikemukakan sebagai bahan pertimbangkan dengan harapan dapat memberikan perbaikan yang membangun dan bersifat positif. Sehingga saran juga dapat diartikan sebagai pendapat seseorang terhadap sesuatu yang sedang di perbincangkan.

Adapun untuk penulisan saran biasanya digunakan sebagai sarana untuk menyelesaikan rumusan masalah dan ditujukan untuk sesuatu yang kurang baik agar lebih baik.

Saran Menurut Para Ahli

Adapun definisi saran menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Vocabulary, Saran atau dalam Bahasa Inggirs yaitu “Rekomendasi” merupakan kata benda berasal dari kata Latin Pertengahan “recommend”, yang berarti “pujian” atau “penyajian yang layak”.
  2. KBBI, Saran didefinisikan sebagai pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan
  3. Your Dictionary, Rekomendasi artinya: (1) Tindakan merekomendasikan, atau menarik perhatian, seseorang atau sesuatu yang sesuai untuk suatu tujuan; (2) apa pun yang merekomendasikan atau membuat kesan yang menyenangkan; (3) Nasihat.

Contoh Saran

Disaat kita menulis bagian saran atau rekomendasi, sejatinya harus melihat apa yang telah di dapatkan dari hasil penelitian. Sehingga dalam persepsinya yang tertuang dalam pemikirkan berupa ide-ide akan hadir dan bisa menjadi pedoman bagi studi penelitian selanjutnya. Untuk melengkapinya berikut ini contoh kepenulisan saran yang bisa dipegunakan.

  1. Makalah

Sebagai salah satu komponen penting setiap arti makalah yang dibuat oleh seseorang haruslnya memunculkan saran. Pelatakan saran ini berada di BAB 3. Untuk kepenulisannya sebagai pedoman berikut dapat anda lakukan.

Saran Makalah

Adapun saran dalam makalah ini adalah mengembangkan pariwisata tidak hanya cukup diperhatikan aspek fisiknya saja. Melainkan aspek sumber daya manusia yang berhubungan dengan modal sosial yang dimiliki oleh manusia.

Menuju Danau Toba sebagi destinasi pariwisata dibutuhkan juga kesiapan masyarakat dalam menerima segala perubahan yang ada. Perubahan itu harus diterima masyarakat luas secara lapang dada agar bisa menciptakan kesan pesan yang baik bagi parawisatawan yang dating ke Danau Toba.

Perlu juga kerjasama antar lembaga dan masyarakat, pemangku kepentingan di Danau Toba. Harus dituntaskan permasalahan-permasalahn yang ada demi menciptakan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional bahkan ke internasional.

  1. Karya Ilmiah

Penulisan dan pembuatan saran dalam karya ilmiah menjadi pedoman bagi setiap orang untuk melihat apasaja yang direkoemnedasikan untuk pihak-pihak terkait. Penjabaran saran dalam karya tulis ilmiah ini bisa kalian buat dengan contoh seperti ini.

Saran Karya Tulis

Saran yang dapat dikemukakan dalam Karya Tulis Ilmiah ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat agar berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian Sumatera Barat untuk menjadi perumus kebijakan dan pengambil keputusan tertinggi dan menjadi pelindung dari diimplementasikannya inovasi teknologi K-POP PERUT ini, serta dapat mengalokasikan anggaran modal.
  2. Diharapkan kepada Kementerian Pertanian Sumatera Barat agar mempermudah akses diimplementasikannya K-POP PERUT ini di seluruh daerah Sumatera Barat, sekaligus bertanggungjawab atas kelancaran dan keberlangsungan K-POP PERUT di daerah.
  3. Diharapkan kepada mahasiswa agar dapat bertindak membantu pemerintah untuk mewujudkannya.
  4. Diharapkan kepada petani agar ikut-serta melindungi tanaman pertanian dari rumput (gulma) yaitu dengan menggunakan K-POP PERUT ini bila sudah diimplementasikan nantinya untuk proses penyemprotan rumput (gulma) yang mengganggu.
  1. Proposal Penelitian

Adapun proposal penelitian biasanya dibuat sebagai awalan dalam mengajukan proses pembutan penelitian lanjutan. Dalam tahapannya untuk proposal ini tidak usah banyak-banyak menulis saran, contohnya seperti ini

Saran Proposal Penelitian

Saran yang bisa dilakukan dalam proposal penelitian pertanian ini, antara lain

  1. Implementasi dalam penelitian perlu disesuaikan dengan luas lahan yang akan digunakan agar efektif dalam penerapan
  2. Implementasi atas produk yang kami buat berupa SPO RALING perlu direalisasikan untuk mendapatkan hasil maksimal
  1. Laporan PKL

Praktek Kerja Lapangan yang juga dikenal dengan PKL menjadi salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa dan siswa SMK (Sekolah Mengah Kejuruan), dalam pembuatan saran dalam PKL bisa menuliskannya bedasarkan temuan perusahaan. Misalnya saja;

Saran Laporan PKL

Penulis merekomendasikan kepada pemerintah untuk lebih mempertegas penerapan hukum pada bidang pengelolaan sampah. Sebaiknya pemerintah memberikan insentif, baik dalam bentuk uang maupun barang kepada pengelola bank sampah dalam membantu kegiatan operasionalnya. Pemerintah harus mempunyai arah pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Penulis juga memberikan rekomendasi kepada pengelola bank sampah agar menciptakan dan menerapkan berbagai inovasi dalam mengelola bank sampah, serta lebih menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Sosialisasi bisa dilakukan melalui media sosial dengan berbagai gambar sehingga menarik untuk dibaca. Misalkan dengan memanfaatkan infografis yang kini sedang populer di masyarakat. Penulis juga memberikan rekomendasi kepada masyarakat, khususnya para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, agar semakin sadar dan tidak apatis terhadap pengelolaan sampah di daerah masing-masing. Jika semua elemen saling bersinergi, maka di masa yang akan datang negara yang semakin bersih dan sehat bukanlah impian semata.

  1. Penelitian Sosial

Pembuatan saran dalam penelitian sosial bisa dilakukan dengan menyusun saran terbaik setelah usai menuliskan bagian hasil. Contoh kepenulisannya misalnya saja sebagai berikut;

Saran Penelitian Sosial

Adapun rekomendasi yang penulis dapat sampaikan dalam hasil penelitian sosial ini adalah sebagai berikut:

  1. Perlu keterlibatan pemerintah secara penuh dalam mengembangkan program food bank kendari.
  2. Perlu dukungan semua pihak agar inovasi ini dapat dikembangkan hingga mencapai skala nasional.
  1. Pengembangan Usaha

Dalam setiap pembuatan bisnis plan biasanya diperlukan saran atau rekoemendasi. Untuk proses penulisannya bisa mencontoh sebagai berikut;

Saran Pengembangan Usaha

Adapun saran yang dapat diberikan dalam pengembangan usaha ini, antara lain;

  1. Bagi Pemerintah Malang Raya, agar meningkatkan kenyamanan di bidang pariwisata terutama penginformasian detail tentang pariwisata yang ada di wilayah Malang Raya dalam Bahasa Ingris khusus bagi wisatawan asing.
  2. Bagi pengguna aplikasi anti hutang, diharapkan untuk memberikan tanggapan baik berupa kritik maupun masukan demi pengembangan aplikasi anti hutang.
  3. Bagi tim penulis, perlunya melakukan pembaharuan aplikasi anti hutang yang dilakukan berkala (setahun sekali).
  1. Penelitian Selanjutnya

Proses penyelesaikan suatu contoh hasil penelitian biasanya memperlukan saran untuk penelitian selanjutnya. Tujuannya agar mengetahui hal apasaja yang belum dikerjakan, adapun strukturnya bisa dibuat singkat seperti ini.

Penelitian Selanjutnya

Bagi penelitian selanjutnya hasil riset kami ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi penelitian yang sesungguhnya berbasis hipotesa dan hasil-hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti sebelumnya. Oleh karena itulah diharapkan benar-benar penulis selanjutnya bisa melakukan riset secara langsung.

  1. Skripsi

Prosedur menyelesaikan jenjang studi S1 diharpakan setiap mahasiswa membuat dan menyelesaikan skripsi, adapaun untuk struktur kepenulisan saran dalam skripsi misalnya saja sebagai berikut;

Saran Skripsi

Saran yang dapat penulis sampaikan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:

  1. Perlu dilakukan kajian analisis ekonomi lanjutan untuk mengetahui efektifitas penggunaan bioetanol berbahan baku nira nipah dari segi ekonomi.
  2. Sebaiknya pemerintah dapat memberikan dukungan secara kontinyu demi berjalannya proses produksi bioetanol di Kabupaten Bengkalis.
  1. Praktikum

Praktikum adalah serangkian bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa atau pelajar dalam mengamati sesuatu hal di laboratorium. Untuk struktur kepenulisan pembuatan saran misalnya saja sebagai berikut;

Saran Praktikum

Saran yang dapat diberikan dari praktikum ini adalah ;

  1. Bagi penelitin: dapat dilakukan penelitian lebih lanjut untuk pemanfaatan Daun Kecubung sebagai Biopestisida terhadap berbagai macam jenis hama yang lain.
  2. Bagi masyarakat: sebagai informasi untuk bisa mencoba memanfaatkan daun kecubung sebagai biopestisida yang relatif mudah dan murah.
  1. Penelitian Percobaan

Saran yang bisa dibuat dalam penelitian percobaan ini dilakukan guna mengetahui kelemahan apasaja yang ada dalam hasil riset kita. Untuk penulisannya sebagai berikut;

Saran Penelitian Percobaan

Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dilanjutkan berbagai penelitian yang mendukung antara lain:

  1. Keamanan punamon perlu diteliti lebih lanjut, walaupun pada umumnya es kmo relatif aman.
  2. Penelusuran mekanisme kerja ekstrak tanaman kelor kaya utrisi.
  3. Pemerintah segera menegakkan kebijakan yang mengatur penerapan nanoteknologi di Indonesia. Didukung oleh perguruan tinggi sebagai pusat penelitian dan pengembangan dan berbagai bidang seperti industri, kesehatan, dan pertahanan untuk penerapannya.

Dari berbagai contoh yang telah disebutkan, hakekatnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penyampaian untuk jenis saran yaitu:

  1. Saran disampaikan dalam kalimat yang efektif dan logis
  2. Penyampaian saran menggunakan bahasa baku
  3. Sebelum memberikan ssaran, harus tahu dengan jelas masalah yang di bahas dalam diskusi
  4. Saran harus bersifat objektif, bukan emosional

Cara Membuat Saran dalam Penelitian

Sebagai upaya agar dapat membantu dengan menghasilkan penelitian yang kuat, yang akan mengilhami orang untuk berpikir berbeda tentang apa pun yang telah Anda tulis dan khususnya dapat menginspirasi penelitian baru untuk muncul seiring waktu.

  1. Apa yang bisa Anda lakukan?

Saat menuliskan saran atau rekomendasi Anda, Anda dapat berbicara tentang langkah-langkah yang harus diikuti dalam studi selanjutnya. Ini termasuk langkah-langkah yang diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan atau tindakan tertentu yang ingin Anda ikuti.

Sumber daya apa pun yang diperlukan dalam proses harus dijelaskan juga. Anda harus spesifik ketika berbicara tentang apa yang mungkin menarik untuk Anda lakukan di masa depan berkenaan dengan membuat studi potensial yang menonjol dan bekerja sesuai keinginan Anda.

  1. Jelaskan Manfaatnya!

Anda selalu dapat menyebutkan manfaat studi lebih lanjut di bidang Anda. Bicara tentang bagaimana studi di masa depan dapat digunakan untuk memperbaiki masalah dengan penelitian saat ini yang telah Anda selesaikan.

Anda juga dapat menjelaskan kebutuhan untuk mengisi kekosongan tertentu yang mungkin tidak dapat Anda liput sekarang dengan alasan apa pun. Anda selalu dapat menggunakan garis waktu untuk membantu pembaca memahami kapan perkembangan potensial dapat terjadi seiring waktu.

  1. Jelaskan Seberapa Layaknya Sebuah Studi?

Selanjutnya, Anda harus berbicara tentang seberapa layak poin-poin tertentu dalam studi Anda. Ini termasuk memahami apakah ide-ide tertentu harus dieksplorasi lebih lanjut di kemudian hari. Ini bekerja dengan baik jika Anda mencoba membicarakan hal-hal tertentu yang mungkin bermanfaat.

Anda bahkan dapat berbicara tentang potensi perkembangan baru di bidang Anda dan apakah studi Anda relevan bagi mereka atau jika perkembangan tambahan harus dimasukkan ke dalam penelitian Anda.

  1. Apa Penelitian Tambahan Yang Dibutuhkan?

Sering kali dibutuhkan penelitian tambahan untuk membuatnya lebih mudah bagi penelitian untuk maju. Rencana penelitian Anda dapat mencakup analisis metode studi yang dapat bekerja di masa depan dan poin apa tentang suatu topik penelitian yang dapat ditinjau dalam studi tersebut.

Saran yang dimasukkan ke dalam makalah Anda tentu dapat menjadi penting bagi penelitian Anda. Pastikan saat menulis makalah Anda bahwa Anda memiliki saran yang jelas yang mudah diikuti dan dapat dimanfaatkan dengan benar dan tidak terlalu rumit atau sulit digunakan dalam beberapa cara.

Demikianlah uraoan atas artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh-contoh saran yang ada dalam penulisan makalah, karya ilmiah, laporan, proposal penelitian, praktikum, dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *