Pengertian Subjek Penelitian dan Contohnya

Diposting pada

Subjek Penelitian Adalah

Penelitian adalah serangkaian bentuk metodologi yang terorganisir dan sistematis untuk menemukan jawaban atas pertanyaan. Prosedur penelitian yang dilakukan ini juga haruslah sistematis karena ini adalah proses yang dipecah menjadi langkah-langkah jelas yang mengarah pada kesimpulan.

Sebagai catatan sebuah penelitian berhasil jika kita menemukan jawaban, terlepas jawaban tersebut sesuai dengan hipotesis penelitian awal atau tidak. Dalam setiap penelitian tentunya terdapat subjek dan objeknya. Subjek penelitian lebih mengacu pada informan yang menjadi sumber data penelitian sedangkan objek penelitian mengacu pada permasalahan yang sedang diselidiki dalam penelitian.

Subjek Penelitian 

Subjek penelitian sangat melakat pada setiap individu yang turut serta dalam proses penelitian. Oleh karena demikian subjek penelitian ini dijadikan sebagai informasi dari teknik pengumpulan data atau seringkali melekat pada individu untuk membantu menjawab pertanyaan yang diteliti.

Meski demikian, terkadang nama subjek penelitian disebut sebagai subjek manusia, partisipan penelitian, atau relawan studi.

Pengertian Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah segala sesuatu yang dapat berupa orang, barang, atau lembaga (organisasi) yang utama memiliki sifat keadaannya terkait topik penelitian. Sehingga bisa dikatakan subjek penelitian adalah sesuatu yang di dalam dirinya terkandung atau melekat objek penelitian.

Pengertian Subjek Penelitian Menurut Para Ahli 

Adapun definisi subjek penelitian menurut para ahli, antara lain:

  1. Arikunto (2010), pengertian subjek peneltiian adalah sebagai tempat di mana data untuk variabel penelitian diperoleh dan ditentukan dalam kerangka pemikiran.

Contoh Subjek Penelitian

Adapun untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam. Berikut ini adalah berbagai contoh subjek dalam arti penelitian. Antara lain;

  1. Penelitian Kuantitatif

Dalam berbagai macam metode penelitian kuantitatif untuk contoh subjek penelitian ini misalnya saja apabila anggota populasi dari yang akan diteliti guna diwawancarai (diteliti secara langsung) jumlahnya banyak, tentu tidak semuanya kita ikut sertakan karena akan memakan banyak waktu, energi dan biaya, sehingga kita harus menentukan sampel yang mewakili keseluruhan populasi tersebut, yang teknik penentuannya tergantung pada kebutuhan penelitian.

Oleh karena itulah dalam hal ini subjek penelitian tersebut adalah orang-orang yang telah ditentukan menjadi sampel dalam populasinya.

  1. Penelitian Kualitatif

Proses penelitian kualitatif ini juga memperlukan subjek penelitian. Misalnya dalam hal ini ingin menyelesaikan skripsi, tesis, atau desertasi dengan studi kasus. Maka bisa dikatakan subjek penelitiannya bisa berupa masyarakat, desa yang terpilih.

  1. Karya Ilmiah

Untuk setiap penulisan karya tulis ilmiah haruslah memerlukan subjek penelitian. Dalam hal ini misalnya saja subjek penelitian untuk topik penelitian orang-orang yang merokok di tempat umum. Maka, subjeknya adalah pelaku perokok sedangkan bagian objeknya adalah dampak perokok tersebut bagi masyarakat sekitar.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa setiap studi memiliki kriteria sendiri untuk menentukan siapa yang dapat berpartisipasi dan menjadi subjek penelitian. Hal ini bergantung pada pertanyaan penelitian yang diajukan dan dapat mencakup batasan berdasarkan usia, perilaku, status kesehatan, atau sifat lainnya.

Terlepas dari hal itu setidaknya penelitian dirancang untuk memberi manfaat bagi masyarakat. Kondisi ini mungkin termasuk belajar bagaimana menjalani hidup yang lebih sehat, bagaimana menangani kondisi, atau penyakit dengan lebih baik, mengapa kita melakukan hal-hal yang kita lakukan, atau bagaimana kita belajar dan berkembang.

Dan meskipun ada beberapa alasan mengapa orang memilih untuk berpartisipasi dalam penelitian, kebanyakan orang berpartisipasi berdasarkan kemungkinan membantu diri mereka sendiri atau orang lain.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami bagikan pada semua kalangan tentang adanya pengertian subjek penelitian menurut para ahli dan contohnya dalam karya tulis, kualitatif, kuantitatif. Semoga saja memberikan edukasi bagi kalian yang membutukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *