Bab 3 (Kesimpulan Dan Saran) dalam Penulisan Ilmiah

Diposting pada

Bab 3 Kesimpulan dan Saran

Setiap bentuk tulisan karya ilmiah yang kita buat harus disertai dengan kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah bagian akhir dari makalah penelitian dan ini akan menyajikan temuan secara singkat dan menggambarkan penutupan. Pada bagian kesimpulan kita perlu menyatakan kembali poin utama dengan cara ringkas agar mudah diingat oleh pembaca.

Sedangkan saran biasanya berupa usulan dari peneliti kepada pembaca untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Pada makalah atau tulisan ilmiah lain yang menggunakan struktur sederhana (hanya Bab I, II, dan III) bagian kesimpulan dan saran dimasukkan dalam Bab III. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang kesimpulan dan saran dalam penulisan ilmiah, artikel ini akan mengulas tentang pengertian Bab 3 (Kesimpulan dan Saran) dalam penulisan ilmiah, bagian, dan cara membuatnya.

Bab 3 (Kesimpulan Dan Saran) dalam Penulisan Ilmiah

Seringkali kesimpulan menjadi bagian tersulit dalam penulisan karya tulis ilmiah karena ini harus menunjukkan apa yang paling harus diingat oleh pembaca, sehingga kesimpulan harus menjadi bagian terbaik dari tulisan ilmiah yang kita buat.

Kesimpulan adalah deduksi logis berdasarkan data di bagian hasil atau temuan. Biasanya ini termasuk ringkasan yang komprehensif dari temuan. Kesimpulan diakhiri dengan pernyataan yang akan mengarah ke bagian saran atau rekomendasi.

Saran sebagai rekomendasi untuk studi lebih lanjut, atau rekomendasi untuk perubahan, atau bahkan keduanya. Saran didasarkan pada kesimpulan penelitian. Pada bagian saran, berikan deskripsi rinci tentang untuk tindakan di masa depan berdasarkan pentingnya temuan.

Penulisan rekomendasi harus:

  1. Logis, artinya harus mengalir secara logis dari kesimpulan
  2. Relevan, artinya harus memenuhi tujuan dan ruang lingkup sebagaimana dinyatakan dalam bagian Pendahuluan
  3. Layak, artinya harus praktis dan bisa diterapkan

Rekomendasi ditulis secara ringkas (alasan apa pun untuk rekomendasi hanya boleh diberikan jika perlu) dan jelas  (jangan ambigu tentang bagaimana saran penelitian harus diimplementasikan). Rekomendasi yang tidak jelas biasanya dihasilkan dari penelitian/analisis yang tidak memadai

Pengertian Bab 3 (Kesimpulan Dan Saran)

Kesimpulan ialah pernyataan singkat, jelas, dan sistematis dari keseluruhan hasil analisis, pembahasan, dan pengujian hipotesis dalam sebuah penelitian.

Saran ialah usul atau pendapat dari seorang peneliti yang berkaitan dengan pemecahan rumusan masalah yang menjadi objek penelitian ataupun kemungkinan penelitian lanjutan.

Pada bagian kesimpulan dan saran, peneliti berupaya untuk menunjukkan benang merah antara keseluruhan bagian dalam penelitian, terutama pada bagian masalah penelitian, hipotesis, dan teknik analisis data.

Kesimpulan pada tulisan ilmiah harus didasarkan pada hasil penelitian, sebab pada bagian ini peneliti berupaya untuk memberikan jawaban atas pertanyaan masalah penelitian. Maka sangat penting bagi seorang peneliti untuk mengetahui cara atau teknik menarik kesimpulan atas data-data yang didapatkannya.

Pengertian Bab 3 (Kesimpulan dan Saran) Menurut Para Ahli

Adapun definisi kesimpulan dan saran menurut para ahli, antara lain:

Lynda

Kesimpulan menafsirkan temuan atau hasil penelitian. Saran atau rekomendasi mengikuti kesimpulan dan merupakan opini yang didukung oleh temuan laporan.

Better Thesis

Kesimpulan:

Bagian kesimpulan adalah tempat Anda merangkum jawaban Anda terhadap pertanyaan yang diajukan dalam perumusan masalah Anda. Apa pernyataan terkuat yang bisa Anda buat berdasarkan temuan Anda?

Rekomendasi atau Perspektif

Bagian terakhir melibatkan bagian terakhir dari kinerja akademik Anda; bagaimana meluncurkan hasil dan kesimpulan ke masa depan. Apakah perlu penyelidikan lebih lanjut dan bagaimana caranya? Apa rekomendasi atau perspektif hasil dan kesimpulan Anda? rekomendasi adalah di mana Anda sekali lagi memperluas tesis, dan menunjukkan di mana hasil Anda dapat diimplementasikan. Rekomendasi terkadang dimasukkan dalam kesimpulan.

Yahoo Answer

Kesimpulan adalah ringkasan dan juga implikasi dari laporan penelitian tersebut. Untuk memberikan contoh yang sangat sederhana: jika Anda menemukan bahwa peminum kafein lebih mudah marah, lebih sering sedih dan lebih neurotik, Anda akan meringkas temuan ini dan kemudian mengatakan ini menyiratkan bahwa kafein memiliki efek negatif pada suasana hati orang.

Rekomendasi adalah apa yang Anda yakini harus dilakukan dalam penelitian di masa depan untuk mengklarifikasi hasil, serta di mana Anda percaya solusi untuk masalah yang ada. Jadi, dengan menggunakan contoh yang sama Anda bisa mengatakan:

Disarankan agar penelitian di masa depan lebih berfokus pada perbedaan suasana hati yang dipengaruhi oleh kafein ketika diambil dalam jumlah yang bervariasi untuk memperjelas sejauh mana kafein memiliki efek negatif. Jika penelitian di masa depan terus menemukan apa yang disinggung oleh penelitian ini dan penelitian lain, mungkin bermanfaat untuk mengatasi masalah ini secara lebih aktif dengan meningkatkan kesadaran bagi peminum kafein.

Monash University

Kesimpulan dan Rekomendasi dapat digabungkan atau, dalam laporan panjang, disajikan dalam bagian terpisah. Jika tidak ada rekomendasi yang akan dibuat sebagai hasil dari suatu proyek, maka lihat saja bagian kesimpulannya.

Bagian Kesimpulan merangkum poin-poin utama dari diskusi Anda, fitur-fitur penting dari desain Anda, atau hasil signifikan dari penyelidikan Anda. Karena fungsinya adalah untuk melengkapi kisah proyek Anda, sehingga ini harus:

  1. Penulisannya berhubungan langsung dengan tujuan proyek sebagaimana dinyatakan dalam Pendahuluan
  2. Menunjukkan sejauh mana tujuan telah tercapai
  3. Merangkum temuan-temuan utama, hasil atau informasi dalam laporan Anda
  4. Mengakui keterbatasan dan membuat rekomendasi untuk pekerjaan di masa mendatang (jika ada)
  5. Menyoroti arti penting atau kegunaan dari proyek Anda.

Bagian Bab 3 (Kesimpulan Dan Saran)

Tiga bagian untuk sebuah kesimpulan:

  1. Menyatakan kembali premis utama
  2. Menyajikan satu atau dua kalimat umum yang secara akurat merangkum argumen Anda yang mendukung premis utama
  3. Memberikan peringatan umum tentang konsekuensi tidak mengikuti premis yang Anda ajukan dan / atau pernyataan umum tentang bagaimana masyarakat akan mendapat manfaat dari mengikuti premis itu

Bagian saran atau rekomendasi harus mengacu pada:

  1. Referensi ke masalah penelitian / tujuan laporan
  2. Keputusan tentang alternatif terbaik dari yang dievaluasi dalam laporan yang ditawarkan
  3. Saran perlu digarisbawahi untuk menekankan bahwa itu adalah rekomendasi. Bahasa singkat, berorientasi pada tindakan yang digunakan dalam kalimat juga menekankan hal ini.

Cara Membuat Bab 3 (Kesimpulan Dan Saran)

Berikut ini cara dalam membuat Bab 3 yang terdiri atas kesimpulan dan saran, antara lain sebagai berikut;

Kesimpulan

Dalam membuat kesimpulan harus:

  1. Menekankan pentingnya pernyataan tesis (pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah);
  2. Berikan tesis yang lengkap bagi pembaca;
  3. Berikan kesan terakhir pada pembaca;
  4. Jawab dengan tepat pertanyaan-pertanyaan spesifik yang diajukan pada awal penelitian.

Terdapat beberapa saran yang dapat Anda gunakan dalam menyusun suatu kesimpulan, antara lain:

  1. Jawab pertanyaan “So What?”

Tunjukkan kepada pembaca Anda mengapa makalah ini penting. Tunjukkan pada mereka bahwa tulisan Anda bermakna dan bermanfaat.

  1. Mensintesis, jangan meringkas

Jangan hanya mengulangi hal-hal yang ada di tulisan (makalah atau paper) Anda. Mereka sudah membacanya. Tunjukkan pada mereka bagaimana poin yang Anda buat dan dukungan serta contoh yang Anda gunakan tidak acak, tetapi cocok secara bersama.

  1. Arahkan ulang pembaca Anda

Berikan sesuatu kepada pembaca Anda untuk dipikirkan, mungkin cara untuk menggunakan tulisan Anda dengan dunia “nyata”. Jika pendahuluan Anda beralih dari hal yang umum ke spesifik, buat kesimpulan Anda beralih dari hal yang spesifik ke umum. Berpikirlah secara global.

  1. Buat makna baru

Anda tidak harus memberikan informasi baru untuk membuat makna baru dengan menunjukkan bagaimana ide-ide Anda bekerja bersama. Seringkali jumlah makalah atau paper Anda lebih berharga daripada bagian-bagiannya.

Saran

Saran atau rekomendasi dalam makalah penelitian dapat didefinisikan sebagai saran penting mengenai tindakan terbaik dalam situasi tertentu. Seluruh ide rekomendasi adalah untuk memberikan panduan bermanfaat yang tidak hanya akan menyelesaikan masalah tertentu, tetapi memebrikan hasil yang bermanfaat.

Rekomendasi dapat berbeda dan sangat tergantung pada situasi yang muncul. Dengan demikian, jelas bahwa rekomendasi dalam makalah penelitian selalu didasarkan pada data tertentu dan tidak dapat berspekulasi karena fakta bahwa itu bukan hipotesis.

Rekomendasi harus konkret dan spesifik. Ini harus didukung dengan alasan yang jelas dan terhubung dengan kesimpulan Anda. Oleh sebab itu dalam membuat saran perlu:

  1. Menentukan target penelitian, misalnya guru, siswa, peneliti lain, orang tua, kepala sekolah, dan lain-lain;
  2. Cari kelemahan penelitian;
  3. Kemudian cari solusi / saran untuk target yang telah disebutkan tersebut.

Berikut ini contoh kesimpulan dan saran dalam suatu penelitian:

Kesimpulan dan Saran Penelitian

Pertanyaan penelitian:

Bagaimana para guru di sekolah dasar X memastikan bahwa keterampilan sosial yang berkontribusi dalam menjaga hubungan teman sebaya dikembangkan pada anak-anak berusia 1 hingga 4 tahun?

Kesimpulan

Kondisi penting untuk mengendalikan banyak keterampilan sosial adalah menguasai bahasa. Jika anak-anak memiliki penguasaan bahasa yang lebih baik, mereka dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik dan lebih mampu memahami teman sebayanya. Peluang untuk mempraktikkan keterampilan sosial karenanya tergantung pada pengembangan keterampilan bahasa.

Saran

Penyelidikan mengungkapkan bahwa menguasai bahasa adalah prasyarat penting untuk menguasai keterampilan sosial. Atas dasar ini, sekolah dasar X harus membuat program pengembangan bahasa bekerja sama dengan guru prasekolah mereka, dengan tujuan untuk terus mengembangkan keterampilan bahasa anak-anak usia 1 hingga 4 tahun.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian Bab 3 (Kesimpulan dan Saran) menurut apara ahli, bagian, cara membuat, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  1. Discussion, conclusions, recomendations, references, appendices, layout dari http://betterthesis.dk/writing-process/lesson-1-structure-your-report/1559-2
  2. Conclusions and Recommendation dari https://www.lynda.com/Business-Skills-tutorials/Conclusions-recommendations/373553/549310-4.html
  3. Conclusions and recommendations dari https://www.monash.edu/rlo/assignment-samples/engineering/eng-writing-technical-reports/conclusions-and-recommendations
  4. Recommendations for a client dari https://www.scribbr.com/dissertation/recommendations-in-your-dissertation/
  5. Strategies for Writing a Conclusion dari https://leo.stcloudstate.edu/acadwrite/conclude.html
  6. What is the difference between the conclusion and the recommendation in a report writing? dari https://uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090929034938AAmtPq3
Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *