Pengertian Proposal Penelitian, Jenis, Tujuan, dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Proposal Penelitian Adalah

Proposal penelitian merupakan langkah awal yang harus Anda siapka ketika akan memulai suatu proyek, termasuk proyek penelitian. Proposal penelitian adalah dokumen yang mengusulkan proyek penelitian, umumnya dalam sains atau akademisi, dan umumnya merupakan permintaan untuk mensponsori penelitian itu. Proposal dievaluasi pada biaya dan dampak potensial dari penelitian yang diusulkan, dan pada kekuatan rencana yang diusulkan untuk melaksanakannya.

Akan tetapi, sebelum menulis proposal, peneliti harus menentukan terlebih dahulu gagasan umum tentang struktur  penelitian yang akan disajikan, terutama tentang format bagian-bagian dan outline topik-topik di dalamnya. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang proposal penelitian, artikel ini akan mengulas tentang pengertian proposal penelitian, jenis, tujuan, dan cara membuatnya.

Proposal Penelitian

Proposal penelitian dimaksudkan untuk meyakinkan orang lain bahwa Anda memiliki proyek penelitian yang berharga dan bahwa Anda memiliki kompetensi dan rencana kerja untuk menyelesaikannya. Secara umum, proposal penelitian harus berisi semua elemen kunci yang terlibat dalam proses penelitian dan menyertakan informasi yang cukup bagi pembaca untuk mengevaluasi studi yang diusulkan.

Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi sebelum menulis proposal adalah mempertimbangkan topik-topik apa saja yang akan dimasukkan dalam proposal tersebut. Semua topik harus saling berhubungan dan memberikan gambaran kohesif mengenai proyek penelitian secara keseluruhan.

Untuk memulai penulisan proposal, akan lebih baik jika memeriksa beberapa daftar dari Maxwell (2005) tentang argument-argumen pokok yang dikemukakan dalam proposal, yaitu sebagai berikut:

  1. Apa yang dibutuhkan pembaca untuk memahami topik Anda dengan lebih mudah?
  2. Apa yang perlu diketahui pembaca mengenai topik Anda?
  3. Apa yang akan Anda kemukakan unutk diteliti?
  4. Ranah seperti apa dan siapa saja orang-orang yang ingin Anda teliti?
  5. Metode-metode apa yang ingin Anda gunakan untuk mengumpulkan data?
  6. Bagaimana Anda menganalisis data?
  7. Bagimana Anda akan memvalidasi penemuan-penemuan Anda?
  8. Masalah-masalah etis apa saja yang akan Anda sajikan?
  9. Apakah hasil-hasil sementara sudah menunjukkan bahwa penelitian yang Anda ajukan ini bermanfaat dan bisa diterapkan?

Pengertian Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah dokumen yang mengusulkan berbagai aspek proyek penelitian. Atau secara lebih rinci dapat dikatakan bahwa proposal penelitian adalah sebuah dokumen yang ditulis oleh seorang ilmuwan yang menjelaskan secara rinci program untuk penyelidikan ilmiah yang diusulkan.

Itu seperti garis besar dari keseluruhan proses penelitian yang memberi pembaca ringkasan informasi yang dibahas dalam proyek.

Proposal penelitian fokus pada evaluasi muatan dan dampak potensial yang diperlukan untuk melaksanakan rencana penelitian yang diusulkan secara strategis dan koheren.

Kualitas proposal penelitian Anda tidak hanya tergantung pada kualitas proyek yang Anda usulkan, tetapi juga pada kualitas penulisan proposal Anda. Proyek penelitian yang baik dapat menghadapi risiko penolakan hanya karena proposal ditulis dengan buruk. Oleh karena itu, tulislah proposal dengan koheren, jelas, dan meyakinkan.

Pengertian Proposal Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi proposal penelitian menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Sugiyono (2013)

Proposal penelitian ialah pedoman yang berisikan berbagai legiatan serta langkah-langkah anasistematis yang akan diikuti ileh seorang peneliti dalam melakasanakan suatu penelitian.

Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D

Proposal penelitian ialah suatu bentuk dokumen rencana kerja yang terdiri atas semua unsur-unsur pokok dalam suatu proses penelitian. Proposal penelitian harus berisikan informasi yang cukup bagi si pembaca untuk mengevaluasi penelitian yang dilakukan.

Jenis Proposal Penelitian

Terdapat beberapa jenis proposal penelitian, antara lain adalah sebagai berikut;

Proposal penelitian pengembangan

Proposal penelitian pengembangan merupakan proposal yang digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat digunakan untuk memecahkan permaslahan aktual. Dalam hal ini, penekanan kegiatan pengembangannya yaitu pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah.

Format proposal penelitian pengembangan berbeda dengan proposal penelitian yang ditulis berdasarkan kegiatan penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian berorientasi hasil berbeda. Kegiatan penelitian dilakukan untuk mencari jawaban atas suatu permasalahan, tapi penelitian pengembangan dilakukan untuk mengaplikasikan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan.

Proposal penelitian kajian pustaka

Proposal penelitian kajian pustaka adalah proposal yang ditulis untuk melaksanakan penelitian dengan tujuan memecahkan suatu permasalahan yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.

Kajian pustaka biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka, kemudian disajikan dengan cara untuk keperluan baru.

Dalam hal ini, dibutuhkan bahan-bahan pustaka sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru dan sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang telah ada, sehingga dapat dikembangkan kerangka teori baru, atau sebagai dasar pemecahan masalah.

Proposal penelitian kualitataif

Proposal penelitian kualitatif adalah proposal yang ditulis dengan tujuan untuk mengungkapkan permasalahan secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci dalam penelitian.

Penelitian kualitatif memiliki sifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Dalam penelitian kualitatif, proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan.

Karakteristik penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karenanya,  penyusunan laporannya dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan karakteristik naturalistik yang penuh keotentikan.

Proposal penelitian kuantitatif

Proposal penelitian kuantitatif adalah proposal penelitian yang ditulis dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif, yaitu pendekatan yang diawali dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya.

Berdasarkan hal-hal tersebut, selanjutnya dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan diserta upaya pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan. 

Tujuan Proposal Penelitian

Tujuan dari proposal penelitian adalah untuk menyajikan dan membenarkan kebutuhan untuk mempelajari masalah penelitian dan untuk menyajikan cara-cara praktis di mana studi yang diusulkan harus dilakukan. Proposal penelitian berisi tinjauan literatur yang luas. Proposal tersebut harus memberikan bukti persuasif bahwa ada kebutuhan untuk studi yang diusulkan.

Selain memberikan alasan, proposal menjelaskan metodologi terperinci untuk melakukan penelitian yang konsisten dengan persyaratan profesional atau bidang akademik dan pernyataan tentang hasil yang diharapkan dan/atau manfaat yang diperoleh dari penyelesaian studi.

Secara lebih spesifik dapat dikatakan bahwa  tujuan proposal penelitian yang mendasar adalah menggarisbawahi bidang-bidang studi terperinci dan memastikan bahwa proposal penelitian yang disusun layak.

Cara Membuat Proposal Penelitian

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam merancang keseluruhan proposal penelitian, antara lain:

Munculkan judul untuk proposal Anda

Judul Anda akan bervariasi berdasarkan jenis penelitian yang Anda lakukan, tetapi secara umum, buatlah judul yang ringkas dan deskriptif. Setelah membaca judul Anda, pembaca Anda harus tahu apa yang diharapkan dari proposal dan cukup tertarik untuk membaca. Proposal Anda juga harus jelas dan akurat.

Misalnya, cobalah judul pendek dan informatif seperti,

  • Tulah Abad Pertengahan dan Gerakan Menuju Humanisme
  • Dampak Negatif Alkohol pada Fungsi Hati.

Hindari frasa seperti “Investigasi …” atau “Tinjauan atas …”

Buat halaman judul

Halaman judul memperkenalkan judul proposal Anda, nama Anda, dan institusi utama yang terhubung dengan Anda.

Ringkas proposal Anda dalam abstrak

Abstrak adalah ringkasan masalah yang dibahas dalam proposal Anda. Solusi dan sasaran yang Anda usulkan juga harus dimasukkan, bersama dengan persyaratan pendanaan yang diproyeksikan.

Buat daftar kata kunci yang akan muncul dalam proposal Anda

Pilih 4-5 kata kunci yang mengungkapkan poin utama dari makalah Anda, disarankan tentang topik Anda dan juga istilah yang terkait erat. Kata kunci harus berupa frasa yang mungkin dicari banyak pembaca. Memilih kata kunci yang tepat akan memastikan bahwa proposal Anda muncul di mesin pencari untuk pembaca yang dapat memanfaatkannya.

Sertakan daftar isi

Proposal penelitian yang lebih panjang sering menyertakan daftar isi pada halaman ketiga, yang mendaftar setiap bagian utama dari makalah Anda. Sedangkan proposal singkat yang hanya menjangkau beberapa halaman seringkali tidak membutuhkan daftar isi. Khususnya proposal yang panjang mungkin juga memerlukan daftar ilustrasi, gambar, atau tabel.

Tulisalah bagian pendahulaun

Pendahuluan harus berisi bagian “Pernyataan Masalah,” “Tujuan Penelitian,” dan “Signifikansi Penelitian” atau “Latar Belakang dan Signifikansi”.

Berikan latar belakang dalam pendahuluan

Identifikasi masalah penelitian dan tunjukkan mengapa penelitian perlu dilakukan.

  • Jika perlu, Anda dapat membagi bagian ini menjadi beberapa bagian.
  • Di bawah tajuk yang bertuliskan “Pertanyaan Penelitian” atau “Hipotesis Penelitian,” jelaskan hubungan antar variabel dalam penelitian atau prediksi hubungan antar variabel bebas dan variable terikat. Ini pada dasarnya mengidentifikasi masalah penelitian.
  • Di bawah tajuk bertuliskan “Definisi Istilah,” tentukan ide-ide sentral yang akan digunakan dalam penelitian yang diusulkan.
  • Juga berikan bukti yang mendukung kompetensi atau keahlian Anda di lapangan.

Tulis bagian Tinjauan Literatur untuk mengontekstualisasikan penelitian Anda

Di bagian ini, Anda akan menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda mengetahui penelitian saat ini dan masa lalu dalam topik Anda dan menunjukkan bahwa penelitian Anda akan memberikan kontribusi yang signifikan dan substansial untuk itu.

Anda akan memberikan penghargaan kepada peneliti lain yang telah meletakkan dasar, mengevaluasi dan mensintesiskan pekerjaan mereka, dan membedakan penelitian Anda sendiri.

Jangan ubah bagian ini menjadi daftar atau ringkasan yang hambar. Ringkas penelitian yang ada dengan cara seperti cerita yang menarik pembaca sambil memaparkan lubang yang akan diisi oleh penelitian Anda.

Jelaskan penelitian yang diusulkan

Bagian ini adalah jantung dari proposal dan harus mencakup semua informasi tentang metodologi atau pendekatan yang Anda usulkan. Bagian ini juga dapat berjudul “Metodologi.” Berikan penjelasan lengkap tentang penelitian yang Anda usulkan.

Pengaturan dan informasi dalam bagian ini akan tergantung pada apakah penelitian Anda kualitatif dan kuantitatif. Anda mungkin akan memiliki subbagian seperti “Desain Penelitian,” “Instrumentasi,” “Prosedur Pengumpulan dan Analisis Data.”

Anda juga harus menunjukkan pengetahuan Anda tentang metode alternatif, sambil menyatakan bahwa pendekatan Anda adalah cara paling efektif untuk menangani pertanyaan penelitian Anda. Bersikap realistis tentang apa yang ingin Anda capai, jelaskan tentang fokus penelitian Anda, dan jelaskan tentang segala hal yang menjadi sandaran penelitian ini.

Deskripsi tersebut juga harus mencakup jadwal terperinci dari penelitian yang diusulkan dan menyeluruh tentang semua pekerjaan dasar dan bahan yang dibutuhkan.  Juga sertakan informasi tentang ukuran sampel dan populasi target, jika ada.

Jelaskan sumber daya kelembagaan yang relevan

Jika Anda merencanakan penelitian ini dengan latar belakang kelembagaan, sertakan bagian “Deskripsi Sumber Daya Kelembagaan yang Relevan” untuk menggambarkan apa yang dapat ditawarkan oleh lembaga Anda.

Identifikasi informasi seperti kompetensi atau kontribusi lembaga sebelumnya dalam bidang penelitian, layanan pendukung universitas, atau fasilitas penelitian lembaga.

Daftar referensi

Sertakan halaman “Referensi” terpisah yang merinci semua referensi yang telah Anda gunakan sejauh ini dalam mengidentifikasi masalah dan membentuk hipotesis penelitian.

Identifikasi personil

Bagian ini harus berisi informasi biografis tentang kontributor utama penelitian. Perhatikan bahwa bagian ini tidak selalu termasuk, terutama untuk proposal yang lebih pendek. Nyatakan keahlian dan tanggung jawab masing-masing kontributor.

Sertakan lampiran, jika perlu

Lampiran umum untuk sebagian besar jenis proposal penelitian. Mereka termasuk dokumen pendukung yang diperlukan bagi pembaca untuk memahami proposal tersebut. Anda akan sering merujuk ke lampiran Anda sepanjang proposal, memberi pembaca kesempatan untuk membalikkannya dan membacanya.

Proyeksikan anggaran

Tunjukkan biaya Anda butuhkan untuk mengantisipasi sumber pendanaan untuk memenuhi dan menentukan item yang dibayar oleh sumber pendanaan lain. Setiap biaya harus mencakup informasi yang membenarkan.

Demikianlah serangkaian artikel yang memberikan penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian proposal penelitian menurut para ahli, jenis, tujuan, contoh, dan cara membuatnya. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  1. Creswell, John. (2016). Research Design Pendekatan Metode, Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Diterjemahkan oleh Fawaid dan Pancasari. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Organizing Your Social Sciences Research Paper: Writing a Research Proposal dari https://libguides.usc.edu/writingguide/researchproposal
  3. How to Write a Research Proposal dari https://www.wikihow.com/Write-a-Research-Proposal
  4. How to Write a Research Proposal dari https://www.meaning.ca/archives/archive/art_how_to_write_P_Wong.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *