Tujuan Proposal Penelitian Secara Umum

Diposting pada

Tujuan Proposal Penelitian
Proposal penelitinan merupakan bagian penting dalam proses penelitian. Hal ini lantaran merangkum pertanyaan wawancara yang ingin kita jawab melalui penelitian. Sehingga menunjukkan pengetahuan atas rumusan masalah riset tentang bidang subjek dan menunjukkan jenis metode penelitian yang ingin kita gunakan.

Bahkan ketika menulis proposal penelitian terdapat beberapa hal penting yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu menyoroti orisinalitas atau signifikansinya, menjelaskan bagaimana mengembangkan atau bahkan menantang pengetahuan yang ada tentang subjek yang kita teliti, mengidentifikasi pentingnya penelitian yang kita usulkan. Beberapa hal tersebut penting karena tujuan dari penyusunan proposal penelitian adalah untuk menyajikan dan membenarkan kebutuhan untuk mempelajari masalah penelitian dan untuk menyajikan cara-cara praktis di mana studi yang diusulkan harus dilakukan.

Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah salah satu jenis dokumen yang berisi usulan proyek penelitian yang biasanya digunakan dalam sains atau akademisi, dan umumnya merupakan permintaan untuk mensponsori penelitian yang akan dilakukan. Dalam dunia akademis, proposal penelitian biasanya ditulis sebagai bagian dari persyaratan awal penulisan tesis, skripsi, jenis makalah penelitian, atau bahkan disertasi.

Elemen desain penelitian dan prosedur untuk melakukan penelitian diatur oleh standar disiplin utama di mana masalahnya berada, oleh karena itu, pedoman untuk proposal penelitian lebih tepat dan kurang formal daripada proposal proyek umum.

Proposal penelitian harus memberikan bukti persuasif bahwa ada kebutuhan untuk studi yang diusulkan. Selain memberikan alasan, proposal menjelaskan contoh metodologi terperinci untuk melakukan penelitian sesuai dengan persyaratan profesional atau bidang akademik dan pernyataan tentang hasil yang diharapkan.

Tujuan Proposal Penelitian

Tujuan penulisan dan pembuatan dalam proposal penelitian, diantaranya yaitu:

  1. Memberi tahu kita apa, mengapa, bagaimana, di mana, dan kepada siapa penelitian akan dilakukan.
  2. Meyakinkan pembaca tentang nilai proyek dan kompetensi kita. Kita harus membuktikan bahwa kita memiliki rencana untuk penelitian kita, agar pembaca bisa memastikan bahwa itu bukan tulisan yang tidak berguna, tetapi karya penelitian mendalam yang akan sangat penting bagi sains.
  3. Menyajikan dan membenarkan kebutuhan untuk mempelajari masalah penelitian.
  4. Menyajikan cara-cara praktis di mana studi yang diusulkan harus dilakukan.
  5. Akademisi biasanya menulis proposal penelitian untuk mendapatkan dana untuk proyek mereka.
  6. Mahasiswa harus menulis proposal penelitian untuk mendapatkan persetujuan atas tesis atau rencana disertasi.
  7. Mengusulkan proyek penelitian yang akan menghasilkan kontribusi yang signifikan terhadap pengetahuan.
  8. Merumuskan rencana terperinci proyek termasuk pendekatan metodologis dan kerangka kerja teoritis.
  9. Memastikan bahwa penelitian yang diusulkan dapat dicapai dalam waktu yang diperlukan dan dengan sumber daya yang tersedia.
  10. Menunjukkan bahwa riset yang ita lakukan memiliki keahlian dan pengalaman yang memadai untuk melakukan proyek.
  11. Mendorong peneliti dalam menjelaskan tujuan dan ide-ide kunci yang dimiliki. Ini akan memungkinkan peneliti untuk memikirkan setiap tahap proses penelitian sehingga dapat mengembangkan rencana yang jelas dan terperinci.
  12. Sebagai peta jalan, yang menunjukkan dengan jelas lokasi dari mana perjalanan dimulai, tujuan yang ingin dicapai, dan metode untuk sampai ke sana. Proposal penelitian yang disiapkan dengan baik akan mencakup potensi masalah yang mungkin dihadapi sepanjang jalan dan metode untuk menghindari atau bekerja di sekitar mereka
Pembuatan Proposal Penelitian Bisnis

Adapun untuk tambahan dalam tujuan dari pemebuatan proposal penelitian bisnis meliputi:

  1. Menyajikan pertanyaan manajemen atau penelitian untuk dijawab melalui penelitian dan menjelaskan pentingnya
  2. Membahas upaya penelitian orang lain yang telah mengerjakan pertanyaan manajemen terkait
  3. Menyarankan data yang diperlukan untuk menyelesaikan pertanyaan manajemen dan menyarankan cara-cara di mana data dapat diperoleh, dirawat, dan ditafsirkan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah diungkapkan dapat dikatakan bahwa proposal umumnya dianggap sebagai tawaran individu atau bahkan kelompok individu untuk memberikan layanan kepada sponsor potensial. Dalam hal inilah dapat mempresentasikan proposal penelitian telah dibuat melalui rancangan penelitian menjadi jelas dan sederhana.

Selain itu juga penting dipahami bahwa dalam penulisan proposal penelitian harus menyajikan layanan dan kredensial melalui metode riset terbaik untuk mendorong penerimaan proposal. Sehingga atas dasar inilah proposal sering disebut sebagai rencana kerja, prospektus, garis besar, pernyataan niat, atau rancangan rencana.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada kalian tentang adanya berbagai tujuan penulisan proposal penelitian secara umum yang telah kita susun. Semoga saja bisa memberikan referensi, edukasi, serta pengetahuan yang mendalam bagi kalian semuanya, ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *