Fungsi Pembuatan Proposal Penelitian dan Manfaatnya

Diposting pada

Manfaat Proposal Penelitian

Proposal penelitian akan senantiasa menjelaskan apa yang akan kita teliti. Mengapa hal itu penting?. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana kita akan melakukan prosedur penelitian. Format proposal penelitian bervariasi antar bidang, tetapi sebagian besar proposal harus mengandung setidaknya halaman sampul, pendahuluan, tinjauan literatur, rancangan penelitian, dan daftar referensi.

Unsur-unsur yang telah disebutkan tersebut merupakan elemen kunci yang terlibat dalam merancang studi penelitian, dengan informasi yang cukup yang memungkinkan pembaca untuk menilai validitas dan kegunaan studi yang kita usulkan.

Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah saran atas permintaan kepada seseorang untuk mengerjakan penelitan. Sehingga hal ini menjadi bagian rencana penelitian yang disusun agar mendapatkan hasil penelitian yang sesuai. Bahkan tak lagi salah jikalau proposal ini juga menjadi alat dan bahan penelitian yang membantu menejemen standar agar lebih efesien.

Oleh karena itulah proposal penelitian merupakan usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan rumusan masalah.

Fungsi Proposal Penelitian

Pembuatan proposal penelitian dapat melayani banyak fungsi yang secara umum meliputi;

  1. Yang paling utama proposal penelitian adalah membantu kita memikirkan proyek penelitian yang akan kita lakukan dan memperkirakan kesulitan yang mungkin timbul.
  2. Bagi mereka yang tidak yakin apa yang akan menjadi fokus mereka, proposal penelitian dapat menjadi ruang untuk mengeksplorasi pilihan, mungkin dengan satu proposal untuk setiap topik potensial (yang kemudian dapat lebih mudah dibandingkan dan dievaluasi daripada ketika mereka masih hanya ide di kepala seseorang).
  3. Proposal penelitian dapat menjadi tempat awal yang efektif untuk membahas proyek dengan pembimbing kita, misalnya pembimbing skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain.
  4. Seorang pembimbing yang awalnya skeptis tentang suatu proyek mungkin dapat membayangkannya dengan lebih mudah setelah membaca proposal penelitian yang ditulis dengan baik (ini tidak berarti dia akan menyetujui topik penelitian tersebut, terutama jika ada potensi kesulitan signifikan yang akan kita temui ketika penelitian yang penting untuk dipertimbangkan).
  5. Setelah kita memulai proyek penelitian kita, proposal penelitian dapat membantu kita untuk tetap berada di jalur yang benar, dan juga dapat mengingatkan kita mengapa kita memulai proyek ini sejak awal.

Manfaat Penulisan Proposal Penelitian

Penelitian memungkinkan sponsor untuk menilai ketulusan tujuan peneliti, kejelasan desain penelitiannya, luasnya bahan latar belakang yang relevan, dan kesesuaian untuk melakukan proyek. Tergantung pada jenis metode penelitian dan sponsor, berbagai aspek dari desain proposal standar biasanya ditekankan.

Proposal menampilkan disiplin, organisasi, dan logika peneliti. Oleh karena itu memungkinkan sponsor penelitian untuk menilai peneliti dan desain penelitian yang diusulkan, untuk membandingkannya dengan proposal yang bersaing pada kebutuhan organisasi, skolastik, atau ilmiah saat ini, dan untuk membuat pilihan terbaik untuk proyek.

Berdasarkan fungsi atau manfaat proposal seperti yang telah disebutkan di atas, bisa kita pahami bahwa pada dasarnya semua proposal penelitian dirancang untuk membujuk seseorang, seperti lembaga donor, lembaga pendidikan, atau penyelia-bahwa proyek kita bermanfaat. Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Relevansi, yakinkan pembaca bahwa proyek penelitian yang kita usulkan menarik, orisinal, dan penting.
  2. Konteks, tunjukkan bahwa kita terbiasa dengan bidang penelitian yang kita usulkan, kita memahami keadaan penelitian saat ini tentang topik tersebut, dan ide-ide kita memiliki dasar akademis yang kuat.
  3. Pendekatan, buat kasus pada bagian metodologi, yang menunjukkan bahwa kita telah dengan cermat memikirkan data, alat, dan prosedur yang kita perlukan untuk melakukan penelitian
  4. Kelayakan, konfirmasikan bahwa proyek dimungkinkan dalam batasan praktis dari program, lembaga atau pendanaan.
Pembuatan Proposal Penelitian

Terlepas dari masalah penelitian yang kita selidiki dan metodologi yang Anda pilih, semua proposal penelitian harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apa yang kita rencanakan untuk kita capai? Menjadi jelas dan ringkas dalam mendefinisikan rumusan masalah penelitian dan apa yang kita usulkan untuk penelitian.
  2. Mengapa kita ingin melakukan penelitian? Selain merinci desain penelitian, kita juga harus melakukan tinjauan literatur secara menyeluruh dan memberikan bukti yang meyakinkan bahwa itu adalah topik yang layak diselidiki secara mendalam.
  3. Bagaimana kita akan melakukan penelitian? Pastikan apa yang kita usulkan bisa dilakukan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa satu-satunya elemen yang hilang dari proposal penelitian adalah temuan penelitian dan analisis dari hasil peneltian. Hingga akhirnya, proposal yang efektif dinilai berdasarkan kualitas tulisan tulisan. Oleh karena itulah penting bahwa proposal kita koheren, jelas, dan menarik.

Demikianlah artikel yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi penulisan proposal penelitian dan manfaatnya secara umum. Semoga bisa memberi edukasi, literasi, serta referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *