Macam Proposal Penelitian dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah ringkasan singkat dan koheren dari arti penelitian yang kita usulkan. Proposal penelitian harus menjabarkan masalah utama atau pertanyaan yang ingin kita bahas. Sehingga seorang peneliti harus menguraikan bidang studi umum di mana penelitian berada, mengacu pada keadaan pengetahuan saat ini dan setiap perdebatan terbaru tentang topik tersebut, serta menunjukkan orisinalitas penelitian yang telah usulkan.

Proposal ini juga memberi kita kesempatan untuk menunjukkan bahwa kita mampu untuk melakukan penelitian dengan menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide kompleks secara jelas, singkat dan kritis. Terdapat bermacam-macam proposal penelitian yang dapat kita tulis tergantung bidang studi yang kita dalami atau kita minati.

Proposal Penelitian

Proposal penelitian sejatinya akan senantiasa menjelaskan apa yang akan kita teliti, mengapa itu penting, dan bagaimana kita akan melakukan penelitian.

Sehingga arti proposal penelitian adalah sebagai suatu bentuk dokumentasi rencana kerja yang terdiri atas semua unsur-unsur pokok dalam suatu proses penelitian. Proposal penelitian harus berisi tentang informasi yang cukup bagi si pembaca untuk mengevaluasi penelitian yang dilakukan

Macam Proposal Penelitian

Proposal penelitian ditulis sebelum penelitian dilakukan untuk mendapatkan persetujuan atau pendanaan penelitian. Berkaitan dengan hal tersebut, jenis proposal bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Proposal Persetujuan

Jenis proposal ini ditulis sebelum mengerjakan tugas akhir, disertasi atau tesis, dan diserahkan kepada pembimbing untuk disetujui.  Untuk proposal persetujuan, supervisor atau pembimbing kita  perlu melihat bahwa penelitian kita bermanfaat dan telah direncanakan dengan cermat sebelum kita memulainya.

Artinya menyajikan informasi seperti tujuan penelitian, kepentingannya, penelitian sebelumnya di bidang yang sama, bagaimana penelitian kita akan dilakukan, kerangka waktu, dan sumber daya yang akan dibutuhkan.

  1. Proposal Pendanaan

Proposal pendanaan merupakan jenis proposal yang diserahkan ke organisasi eksternal untuk mencari dana untuk penelitian kita. Untuk persetujuan pendanaan, organisasi perlu melihat bahwa penelitian kita mewakili investasi yang berharga dari dana yang tersedia. Jenis proposal ini bukan sekedar penyajian informasi, melainkan bentuk tulisan persuasif.

Kita perlu menunjukkan validitas desain penelitian kita, signifikansi penelitian, bagaimana relevansinya dengan organisasi, kompetensi kita sebagai peneliti, kesesuaian fasilitas penelitian, dan kesesuaian anggaran penelitian kita.

Jenis Proposal Penelitian Berdasarkan Metodenya

Adapun jenis-jenis proposal penelitian berdasarkan metode penelitian yang dilakukan, diantaranya yaitu:

  1. Proposal Kualitataif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian sosial yang mengumpulkan dan bekerja dengan data non-numerik dan berusaha menafsirkan makna dari data ini yang membantu memahami kehidupan sosial melalui studi tentang populasi atau tempat yang ditargetkan.

Dalam sosiologi, jenis penelitian kualitatif biasanya berfokus pada interaksi sosial tingkat mikro yang membentuk kehidupan sehari-hari, sedangkan penelitian kuantitatif biasanya berfokus pada tren dan fenomena tingkat makro.

Meskipun penelitian kuantitatif berguna untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel penelitian, seperti, misalnya, hubungan antara kemiskinan dan kebencian rasial, penelitian kualitatiflah yang dapat menjelaskan mengapa hubungan ini ada dengan pergi langsung ke sumbernya-orang-orang itu sendiri.

Penelitian kualitatif dirancang untuk mengungkapkan makna yang menginformasikan tindakan atau hasil yang biasanya diukur dengan penelitian kuantitatif. Jadi peneliti kualitatif menyelidiki makna, interpretasi, simbol, dan proses serta hubungan kehidupan sosial.

Apa yang dihasilkan oleh jenis penelitian ini adalah data deskriptif yang kemudian harus ditafsirkan oleh peneliti dengan menggunakan metode transkrip, pengkodean, dan analisis tren dan tema yang ketat dan sistematis.

Karena fokusnya adalah kehidupan sehari-hari dan pengalaman orang-orang, penelitian kualitatif cocok untuk menciptakan teori baru dengan menggunakan metode induktif, yang kemudian dapat diuji dengan penelitian lebih lanjut.

Contoh Judul Proposal Penelitian Kualitatif

Berikut ini beberapa contoh topik penelitian kualitatif yang dapat dikembangkan menjadi proposal, antara lain:

  1. Apa perlunya konservasi satwa liar?
  2. Apa pentingnya badan air kecil seperti kolam, danau, dan lain-lain?
  3. Kebakaran hutan dan dampaknya terhadap ekosistem.
  4. Bahaya efek rumah kaca bagi umat manusia
  5. Apakah mungkin untuk memperkuat lapisan ozon?
  6. Apa langkah-langkah untuk mengurangi kekerasan di sekolah dan bahayanya?
  7. Peran guru dalam pendidikan multikultural.
  8. Kualitas penting dari seorang guru modern.
  9. Disiplin dalam pendidikan dan pengaruhnya dalam proses pembelajaran.
  10. Strategi bisnis penting untuk kesuksesan pebisnis besar.
  11. Peran privatisasi dalam memberikan peluang usaha bagi pengusaha dan kemaslahatan masyarakat.
  1. Proposal Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan cara terstruktur untuk melakukan pengumpulan dan teknik analisis data dari berbagai sumber. Jenis penelitian yang satu ini melibatkan penggunaan alat komputasi, statistik, dan matematika untuk memperoleh hasil.

Penelitian kuantitatif digunakan untuk mengkuantifikasi masalah dengan cara menghasilkan data numerik atau data yang dapat diubah menjadi statistik yang dapat digunakan. Ini digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, perilaku, dan variabel lain yang ditentukan – dan menggeneralisasi hasil dari populasi sampel yang lebih besar.

Metode pengumpulan data kuantitatif mencakup berbagai bentuk survei-survei online, survei kertas, survei seluler, wawancara tatap muka, wawancara telepon, studi longitudinal, interseptor situs web, jajak pendapat online, dan observasi sistematis.

Contoh Judul Proposal Penelitian Kuantitatif

Berikut ini beberapa contoh topik penelitian kuantitatif yang dapat dikembangkan menjadi proposal, antara lain:

  1. Dampak pendidikan terhadap obesitas
  2. Hubungan antara hasil pemilu dan kepercayaan konsumen.
  3. Pro dan kontra pendidikan sosial dalam kelompok.
  4. Peran dan dampak Penggunaan infrastruktur TI dalam industri Perawatan Kesehatan.
  5. Hubungan antara blog online, siaran pers, dan pengembangan bisnis.
  6. Hubungan antara prestasi akademik dan status ekonomi.
  7. Hubungan antara pensiun dan akumulasi hutang.
  8. Dampak listrik tenaga surya di pasar energi grosir.
  9. Hubungan antara partisipasi keuangan mikro dan ekspektasi.
  10. Peran karantina dalam praktik epidemiologi saat ini.
  11. Bagaimana cara mengukur kreativitas dalam periklanan online?
Jenis Proposal Penelitian Lainnya

Selain beberapa jenis proposal yang telah disebutkan di atas, ada pula pembagian lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Proposal yang diminta (Solicited proposals)

Proposal diajukan sebagai tanggapan atas panggilan khusus yang dikeluarkan oleh sponsor. Permintaan seperti itu, biasanya disebut Request for Proposals (RFP), atau Request for Quotations (RFQ), biasanya memiliki persyaratan khusus untuk format dan konten teknis, dan dapat menentukan syarat dan ketentuan penghargaan tertentu.

  1. Proposal yang tidak diminta (Unsolicited proposals)

Proposal yang diajukan ke sponsor yang belum mengeluarkan ajakan khusus tetapi diyakini oleh peneliti ​​memiliki minat pada subjek tersebut. Dalam kaedah ini pembuatan proposal misalnya saja ditunjukan kepada instansi pemerintah BKKBN, alasan mengajuakan disana karena penelitian yang akan dilakukan berhubungan dengan Program Keluarga Berecana.

  1. Preproposal

Preproposal adalah pembuatan proposal yang diminta oleh sponsor dan ingin meminimalkan upaya pelamar dalam menyiapkan proposal lengkap. Preproposals biasanya berupa letter of intent atau abstrak singkat. Setelah proposal ditinjau, sponsor memberi tahu peneliti ​​jika proposal lengkap bisa diajukan.

  1. Proposal lanjutan/bukan proposal persaingan (Continuation or non-competing proposals)

Jenis tulisan ini adalah mengkonfirmasi proposal asli dan persyaratan pendanaan untuk proyek tahun jamak dimana sponsor telah menyediakan dana untuk periode awal (biasanya satu tahun). Dukungan berkelanjutan biasanya tergantung pada kemajuan pekerjaan yang memuaskan dan ketersediaan dana.

  1. Proposal perpanjangan/bersaing proposal (Renewal or competing proposals)

Proposal yang meminta dukungan lanjutan untuk proyek yang ada yang akan segera berakhir. Permintaan ini sendiri biasanya berasal dari sudut pandang sponsor, bahkan pada umumnya memiliki status yang sama dengan proposal yang tidak diminta.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai jenis proposal penelitian dan contohnya yang bisa disebutkan. Semoga memberikan edukasi serta referensi untuk kalian yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *