Pengertian Daftar Tabel, Jenis, Struktur, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Daftar Tabel Adalah

Daftar tabel merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dalam suatu karya tulis ilmiah. Daftar tabel merujuk  pada halaman yang berisi daftar semua tabel yang kita masukkan dalam tulisan kita. Sebagaimana daftar isi yang dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca untuk menemukan halaman yang mereka cari, daftar tabel juga untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui letak halaman tabel dalam karya tulis.

Dalam mencantumkan tabel dalam karya ilmiah harus diberi keterangan yang dengan teks di atas tabel  tersebut, yang mengacu pada isi informasi yang ada di dalam tabel, begitu pula dalam menyertakan gambar, juga harus diberi keterangan, tapi biasanya untuk gambar, keterangannya ada di bawah gambar. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang daftar tabel, artikel ini akan mengulas tentang pengertian daftar tabel, jenis, struktur, dan cara menulisnya.

Daftar Tabel

Tabel adalah suatu daftar yang isinya adalah sejumlah informasi berupa kata dan bilangan, yang tersusun dengan cara berturut-turut ke bagian bawah di dalam suatu kolom dan baris tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, bisa dikatakan bahwa tabel sering digunakan untuk melaporkan data numerik yang luas secara terorganisir. Tabel harus jelas. Beri nomor tabel dalam urutan yang dikutip dalam teks.

Daftar Tabel secara otomatis dihasilkan dari keterangan tabel dalam dokumen Anda. Daftar tabel dan juga daftar gambar menjaga informasi tetap terorganisir dan menyediakan akses mudah ke elemen tertentu.

Pengertian Daftar Tabel

Daftar tabel adalah kumpulan beberapa urutan tabel yang menunjang pembuatan tulisan/karya ilmiah/karangan. Daftar tabel adalah rincian tabel yang berada di halaman tersendiri terletak sebelum BAB I dalam suatu penelitian di dalamnya memuat nomor tabel, judul tabel, dan nomor halaman letak tabel berada.

Pengertian Daftar Tabel Menurut Para Ahli

Adapun definisi daftar table menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Newton Gresham Library

Daftar Tabel (List of Table) adalah referensi yang memungkinkan pembaca Anda dengan cepat dan mudah menavigasi data di dalam tesis atau disertasi Anda. Konstruksi daftar ini mirip dengan membuat Daftar Isi. Untuk menghemat waktu dalam membuat Daftar Tabel Anda, pastikan Anda menggunakan gaya font. Sebagai catatan yang perlu diingat bahwa Anda tidak harus memberikan Daftar Tabel jika Anda memiliki kurang dari 5 tabel.

Terdapat beberapa checklist (daftar periksa) untuk daftar tabel:

  1. Diformat dengan tepat
  2. Canntumkan semua tabel dalam dokumen kecuali yang tercantum dalam Lampiran apa pun
  3. Semua judul sama persis dengan apa yang muncul dalam teks
  4. Semua nomor halaman harus benar.

Jenis Tabel

Terdapat bermacam-macam jenis tabel yang dapat Anda gunakan dalam karya tulis Anda, antara lain:

Tabel Baris-Kolom

Tabel baris kolom adalah penyajian data dalam bentuk tabel dengan bentuk susunan baris dan kolom yang saling  berhubungan.

Tabel Kontingensi

Tabel kontingensi adalah bagian dari tabel baris kolom, tapi tabel ini memiliki ciri khusus, yaitu untuk menyajikan data yang terdiri atas dua faktor atau dua variabel. Faktor yang satu terdiri atas b kategori dan yang lainnya terdiri atas k kategori, sehingga bisa dibuat daftar kontingensi berukuran b x k dengan b menyatakan baris dan k menyatakan kolom.

Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel distribusi frekuensi dapat didefinisikan sebagai sebuah tabel yang berisikan tentang nilai-nilai data. Nilai-nilai tersebut dikelompokkan ke dalam interval-interval dan setiap interval nilai memiliki frekuensinya masing-masing.

Struktur Daftar Tabel

Format persyaratan untuk Daftar Tabel:

  1. Daftar Tabel ditempatkan sebelum Daftar Gambar (jika Anda juga memiliki Daftar Gambar).
  2. Itu harus diberi label sebagai “Daftar Tabel”
  3. Daftar Tabel wajib dibuat hanya jika ada 5 atau lebih tabel yang ditemukan dalam dokumen. Namun, Anda dapat memilih untuk menyertakan atau tidak Daftar Tabel jika ada 4 atau kurang tabel dalam dokumen.
  4. Terlepas dari apakah Anda diharuskan menyusun Daftar Tabel atau jika Anda memilih untuk menyertakannya atau tidak, semua tabel yang termasuk dalam teks Anda dan lampiran harus muncul dalam Daftar Tabel Anda.
  5. Selain itu, jika Anda memilih untuk menyertakan Daftar Tabel, Anda terikat oleh semua aturan pemformatan daftar dan Anda harus menyertakan semua tabel dalam daftar (ditemukan di dokumen dan lampiran)
  6. Nomor halaman yang tercantum dalam Daftar Tabel harus cocok dengan nomor halaman seperti yang muncul dalam teks.
  7. Label dan nomor untuk setiap tabel yang tercantum dalam Daftar Tabel harus sama persis dengan yang muncul dalam teks.
  8. Label dianggap sebagai kalimat pertama setelah nomor tabel yang tercantum. Kalimat ini harus cocok dengan kata demi kata antara Daftar Tabel dan teks.
  9. Pilihan casing Anda juga harus cocok dengan label tabel Anda dalam teks dan dalam Daftar Tabel. Sebagai contoh: jika Daftar Tabel Anda mengandung Table4b: Oatmeal Consumed from 1820-1851; label tabel terkait dalam teks harus Table4b: Oatmeal Consumed from 1820-1851.
  10. Format yang digunakan untuk Daftar Tabel Anda harus cocok dengan gaya pemformatan Daftar Isi Anda, Daftar Gambar, dan daftar lainnya yang termasuk dalam materi di bagian depan karya tulis Anda.

Cara Menulis Daftar Tabel

Beberap hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat tabel dalam karya tulis Anda, diantaranya yaitu:

  1. Selalu gunakan fitur tabel Microsoft Word saat membuat tabel. Yaitu, tabel yang Anda buat harus memiliki sel yang ditentukan. Jangan membuat tabel dengan menggunakan spasi dan/atau tombol tab. Jangan mengirimkan tabel dalam Microsoft Excel.
  2. Jangan gunakan tombol enter di dalam badan tabel. Alih-alih, pisahkan data secara vertikal dengan baris baru.
  3. Jangan memasukkan kolom atau baris kosong.
  4. Tanda bintang atau huruf di sebelah nilai yang menunjukkan signifikansi statistik harus muncul di sel yang sama dengan nilai, bukan sel yang berdekatan (mis., Mereka tidak boleh memiliki kolom sendiri).
  5. Eja singkatan pada penyebutan pertama dalam tabel, bahkan jika mereka telah didefinisikan dalam teks. Pembaca harus dapat memahami konten tabel tanpa merujuk kembali ke atau menyoroti nilai-nilai individual dalam tabel.

Anda dapat menggunakan tipe tebal, tipe miring, atau garis bawah. Penyorotan apa pun harus memiliki catatan penjelasan tambahan; lampirkan simbol catatan ke nilai pertama yang sangat disorot. Jangan gunakan warna atau bayangan.

Langkah-langkah dalam menyusun daftar tabel dapat dibedakan menjadi dua, yaitu secara manual dan secara otomoatis di Microsoft Words:

Cara Membuat Daftar Tabel Secara Manual

Metode ini hampir identik dengan bagaimana Anda akan secara manual membuat Daftar Isi di Microsoft Word.

Pada halaman Daftar Tabel:

  • Pastikan Anda menuliskan heading “Daftar Tabel” pada halaman tersebut. Pastikan bahwa itu mengikuti format untuk semua judul utama lainnya di seluruh dokumen.
  • Ketikkan entri pertama. Ingat:
  • Nomor tabel dan label
  • Pastikan gaya font, ukuran font, dan casing cocok antara Daftar Tabel dan teks.

  • Tekan Tab dan kemudian ketikkan nomor halamannya masing-masing (Ingat: pastikan nomor halaman cocok persis di antara dokumen dan apa yang tercantum dalam Daftar Tabel)

  • Kemudian pilih karakter Tab stop. Untuk menampilkan karakter Tab stop, klik tab Home. Kemudian klik Show/Hide di grup paragraph.

Membuat Daftar Tabel

  • Ketik 6.4 ”di bawah posisi Tab stop. Ini artinya yaitu angka Anda akan berakhir pada margin 1″ (Ingat semua margin, termasuk margin kanan, untuk tesis atau disertasi harus 1″).

Membuat Daftar Tabel

  • Di bawah Alignment, klik Kanan.
  • Di Bawah Leader, pilih item 1.
  • Klik Set dan kemudian OK.
  • Tekan Enter. Ketikkan entri Anda berikutnya, tekan Tab, lalu ketikkan nomor halaman entri tersebut.

Ulangi hingga Daftar Tabel Anda selesai

Cara Membuat Daftar Tabel Secara Otomatis di Microsoft Word

Menambahkan teks melalui bagian Teks (di bawah tab Referensi), memungkinkan Anda untuk secara otomatis membuat Daftar Tabel di Microsoft Word. Pastikan teks Anda telah dimasukkan dan dimodifikasi dengan benar. Jika tidak, maka akan menimbulkan masalah ketika Anda mencoba dan membuat Daftar Tabel Anda.

  • Buka halaman Daftar Tabel kosong Anda.
  • Tekan enter sehingga memiliki garis kosong di bawah judul Daftar Tabel.
  • Klik tab Referensi. Pilih Insert Table of Figures, yang ditemukan di bagian Teks.

Membuat Daftar Tabel

  • Menu Table of Figur akan muncul. Seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat Daftar Tabel

  • Pastikan label Caption mengatakan “Table.”
  • Untuk mengubah ukuran font, gaya font, dan memastikan Daftar memiliki spasi ganda, klik modify button. Ini akan memunculkan menu Style lainnya. Klik modifikasi lagi dan ini akan memunculkan menu Modify Style.
  • Setelah Anda melakukan perubahan yang diperlukan, klik OK (ketiga menu).
  • Daftar Tabel akan dihasilkan

Ingat: Mirip dengan Daftar Isi, Anda tidak dapat memperbaiki kesalahan ejaan atau masalah spasi pada Daftar Tabel itu sendiri. Alih-alih, Anda harus membaca teks itu sendiri dan membuat koreksi. Anda kemudian perlu memperbarui Daftar Tabel untuk mencerminkan perubahan.

Cara Memperbarui Daftar Tabel

Ada dua opsi untuk memperbarui Daftar Tabel:

Opsi 1

Yaitu bahwa di bawah menu Modify Style (Langkah 6 di atas), Anda dapat mengklik “Pembaruan secara otomatis.” Ini akan memastikan bahwa setiap perubahan yang dilakukan pada tabel (ejaan teks atau penempatannya) akan secara otomatis diperbarui pada Daftar Tabel.

perbarui pada Daftar Tabel

Opsi 2

  1. Arahkan mouse Anda ke Daftar Tabel. Klik kanan di dalam Daftar Isi. Ini akan berubah abu-abu dan dua menu akan muncul.

Daftar Tabel

  1. Pilih “Update Field” Menu lain akan muncul.
  2. Pilih “Update entire table” dan klik OK. Ini akan perbarui Daftar Tabel Anda untuk mencerminkan setiap perubahan Anda mungkin telah membuat keterangan atau penempatan tabel dalam dokumen.

langkah membuat Daftar Tabel

Contoh Penulisan Daftar Tabel

Adapun untuk menjelaskannya berikut ini akan diuraikan terkait dengan contoh penulisan daftar tabel dalam penelitian ilmiah. Yaitu;

Daftar Tabel
Tabel 4.1 Diameter zona hambat bakteri dari beberapa jenis asap cair menggunakan metode sumuran dalam jangka waktu 48 jam Hal 16
Tabel 4.2 Diameter zona hambat bakteri dari asap cair cangkang biji karet menggunakan metode sumuran dalam jangka waktu 48 jam Hal 17
Tabel 4.3 Diameter zona hambat bakteri dari beberapa jenis indikator menggunakan metode sumuran dalam jangka waktu 48 jam Hal 67
Tabel 4.4 Rincian biaya pembuatan kondensator asap cair kapasitas 5 kg Hal 69
Tabel 4.5 Rincian Harian Industri Asap Cair Cangkang Biji Karet Hal 78

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian daftar tabel menurut para ahli, jenis, struktur, dan cara membuat, dan contoh penulisannya. Semoga postingan ini bisa memberikan referensi. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *