2 Jenis Desain Penelitian dan Pembahasannya

Diposting pada

Jenis Desain Penelitian

Diakui ataupun tidak, jenis pendekatan penelitian dan desain penelitian yang dipergunakan oleh seorang peneliti menentukan bentuk instrumen penelitian dibuat. Prihal ini misalnya saja paradigma ilmiah dengan penelitian kuantitatif mempergunakan kuesioner dan jenis angket sedangkan untuk paradigma alamiah yang lebih dekat dengan penelitian kualitatif mempergunakan wawancara dan observasi.

Namun yang pastinya, agar efektif maka pmbuatan desain penelitian harus memberikan setidaknya rincian terkait dengan pernyataan tujuan penelitian atau hasil penelitian, bahasan tentang input jenis data penelitian yang diperlukan atas dasar mana masalah penelitian harus diselesaikan. Serta metode analisis yang akan digunakan untuk merawat dan menganalisis input data.

Desain Penelitian

Desain penelitian adalah bagian kepenulisan secara sistematis metodologi dalam proposal penelitian yang akan dibuat, sehingga dalam sistematika yang baik dan benarnya senantisa memperlihatkan alur ilmiah penelitian karena memuat aspek landasan teori dan kajian pustaka.

Jenis Desain Penelitian

Bentuk pembuatan desain penelitian adalah sebagai berikut;

  1. Penelitian Kuantitatif

Macam jenis desain penelitian kuantitatif sejatinya lebih pada pendekatan ilmiah dalam pengumpulan data yang dilakukan. Bisa dengan skala data berupa data nominal, data ordinal, ataupun data interval. Termasuk bagian daripada beberapa desain penelitian;

  1. Desain deskriptif
  2. Desain korelasi
  3. Desain kausal
  4. Desain komparatif
  5. Desain eksperimen
  6. Desain quasi eksperimen
  7. Desain action research
  1. Penelitian Kualitatif

Penggunaan jenis desain penelitian kualitatif dalam metode ilmiah yang dibuat biasanya berhubungan dengan hasil pengelolaan data berupa jenis wawancara dan observasi. Sehingga dalam hal ini seorang peneliti bisa paham pola penelitian yang akan dilakukan. Disisi lainnya setidaknya tiga format desain penelitian kualitatif, yaitu;

  1. Desain deskriptif kualitatif
  2. Desain kualitatif verifikatif
  3. Desain grounded research
Perbedaan Desain Penelitian Kualitatif dan Desain Penelitian Kuantitatif

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa untuk penelitian kuantitatif sejak awal tujuan desain penelitian harus disusun secara tegas, kaku, baku dan rinci, sementara pada pembuatan penelitian kualitatif desain penelitiannya bersifat fleksibel dan terbuka. Dalam hal inilah, maka desain penelitian kualitatif dapat diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi fenomena sosial yang ditemui.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis desain penelitian dan pembahasan lengkapnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.