Pengertian Data Nominal dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Data Nominal

Data sejatinya bisa dikatakan sebagai catatan yang tersusun secara sistematis dan logis dari kuantitas metode tertentu. Sehingga data ini adalah nilai yang berbeda dari kuantitas yang direpresentasikan bersama dalam satu set.

Yang perlu juga dipahami bahwa data adalah kumpulan fakta dan angka yang akan digunakan untuk tujuan tertentu seperti penelitian survai atau analisis. Bila disusun dalam bentuk yang terorganisir maka disebut informasi. Sumber data (data primer, data sekunder) juga merupakan faktor penting yang di dalamnya senantiasa tidak terlepas dari data nominal, ordinal, interval, dan data rasio.

Data Nominal

Dalam statistik dan statistika akan senantiasa ditemui konsep dalam data nominal yang juga dikenal sebagai skala nominal. Biasanya dalam proses penyusunan tidak ada urutan intrinsik yang harus dilakukan.

Adapun untuk karakteristiknya, data nominal dapat dipergunakan dalam penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Namun, label kuantitatif tidak mempunyai nilai atau hubungan numerik (misalnya, nomor identifikasi). Di sisi lain, beragam jenis data kualitatif bisa direpresentasikan dalam bentuk nominal. Hal ini termasuk kata, huruf, dan simbol. Nama orang, jenis kelamin, dan kebangsaan merupakan beberapa contoh data nominal yang paling umum.

Pengertian Data Nominal

Data nominal adalah jenis data penelitian yang senantiasa dipergunakan untuk melabeli variabel penelitian tanpa memberikan nilai kuantitatif apa pun. Sehingga data ini merupakan bentuk skala ukuran yang paling sederhana dibandingkan ketiga skala lainnya.

Misalnya penghitungan data ini seperti dalam merepresentasikan jumlah ras yang memiliki sejumlah kategori, tetapi tidak ada cara khusus untuk mengurutkan dari yang tertinggi ke terendah dan sebaliknya.

Contoh Data Nominal

Pada setiap contoh di bawah ini, ada label yang terkait dengan setiap opsi jawaban hanya dengan tujuan pelabelan. Yaitu;

  1. Ketegori Anjing

Di A.S. ada banyak sekali orang yang mencintai dan memiliki anjing. Untuk perusahaan yang menangani perawatan anjing saat pemiliknya pergi, pertanyaan seperti ini dapat berguna untuk menyaring target pasarnya:

Jenis anjing apa yang paling disukai?
  1. Dalmatian-1
  2. Doberman-2
  3. Labrador-3
  4. German Shepherd-4
  1. Ketegori Biro Perjalanan

Untuk biro perjalanan yang ingin meluncurkan rencana perjalanan hanya untuk sampel individu, ini adalah pertanyaan paling mendasar:

Siapa yang lebih suka bepergian?
  1. Pria-P
  2. Wanita-W
  1. Agen real estat

Seorang agen real estat yang berbasis di New York akan sangat cenderung untuk memahami jawaban atas pertanyaan ini:

Jenis rumah apa yang disukai oleh penduduk New York City?
  1. Apartemen-A
  2. Bungalow-B
  3. Vila-C
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa data nominal adalah semua fakta dan angka yang bias dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi penelitian, sedangkan informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data nominal yang dipergunakan untuk suatu keperluan melalui bentuk pelebelan.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian data nominal, ciri, dan contohnya dalam penelitian. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *