Jenis Angket dan Contohnya

Diposting pada

Macam Kuesioner

Angket yang disebut juga kuisioner merupakan instrumen penelitian yang terdiri atas serangkaian pertanyaan untuk mengumpulkan informasi dari responden saat melakukan proses penelitian. Angket ini mulai dikembangkan pada tahun 1838 oleh Statistical Society of London. Dalam teknik pengumpulan data pembuatan angket dapat bersifat penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Sebuah angket mungkin bahkan tidak disampaikan dalam bentuk peneitian survai, tetapi survai selalu terdiri dari angket.

Angket menyediakan cara yang relatif murah, cepat dan efisien untuk memperoleh informasi dalam jumlah besar dari sejumlah besar orang. Terdapat beragam jenis angket yang dapat digunakan oleh peneliti berdasarkan jenis pertanyaan yang digunakan, diantaranya yaitu pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, pertanyaan dikotomis.

Angket

Angket adalah salah satu jenis instrumen penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan yang bersifat tertutup atau terbuka. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data yang relevan dari responden yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Ketika kita memberi responden kemampuan untuk memberikan jawaban yang lebih lama, angket yang dibuat bisa menghasilkan lebih banyak wawasan karena mereka bisa menguraikan pemikiran mereka. Akan tetapi, meskipun serba guna, tidak dapat digunakan dalam setiap situasi.

Misalnya saja prosedur angket tidak disarankan menggunakan untuk mengajukan pertanyaan spesifik tentang produk atau layanan yang masih kita pertimbangkan. Hal ini dapat menyebabkan bias dan positif palsu tentang kelayakan produk.

Jenis Angket

Secara umum, angket atau kuisioner dapat terstruktur atau mengalir bebas. Berikut penjelasannya:

  1. Angket Terstruktur

Angket terstruktur digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam penelitian kuantitatif. Angket direncanakan dan dirancang untuk mengumpulkan informasi yang tepat. Sehingga angket tersetrtuktur ini juga memulai penyelidikan formal, melengkapi data, memeriksa data yang sebelumnya terakumulasi, dan membantu memvalidasi hipotesis penelitian sebelumnya.

  1. Angket Tidak Terstruktur

Angket tidak terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Angket jenis ini menggunakan struktur dasar dan beberapa pertanyaan percabangan tetapi tidak ada yang membatasi tanggapan responden. Pertanyaan lebih terbuka untuk mengumpulkan data spesifik dari peserta.

Contoh Angket

Adapun untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam berikut ini contoh kepenulisan angket yang ada dalam metode penelitian. Antara lain;

Penelitian Survai

Berikut ini contoh pertanyaan dalam penelitian survai yang dapat disusun pada sebuah angket:

  1. Apa produk favorit Anda?
  2. Mengapa Anda membeli produk tersebut?
  3. Seberapa puaskah Anda dengan produk tersebut?
  4. Apakah Anda merekomendasikan produk tersebut kepada teman Anda?
  5. Jika Anda dapat mengubah satu hal tentang produk tersebut, apakah itu?
Kepusaan Pelanggan

Contoh format pembuatan angket untuk survai kepuasan pelanggan. Antara lain;

Contoh Angket Penelitian

Bentuk Angket Berdasarkan Pendistribusiannya

Angket atau kuesioner dapat diadministrasikan atau didistribusikan dalam bentuk berikut:

  1. Angket yang didistribusikan melalui komputer

Dalam tipe ini, responden dikirim kuesioner melalui email atau media online lainnya. Metode ini umumnya hemat biaya dan hemat waktu. Responden juga dapat menjawab di waktu luang. Tanpa tekanan untuk segera menjawab, respons mungkin lebih akurat. Kerugiannya, bagaimanapun, adalah bahwa responden dapat dengan mudah mengabaikan kuesioner ini.

  1. Angket yang didistribusikan melalui telepon

Seorang peneliti melakukan panggilan telepon ke responden untuk mengumpulkan tanggapan secara langsung. Respons cepat setelah kita memiliki responden di telepon. Namun, sering kali, para responden ragu untuk memberikan banyak informasi melalui telepon.

Langkah juga merupakan cara mahal untuk melakukan kuesioner. Kita biasanya tidak dapat mengumpulkan respons sebanyak jenis kuesioner lain, jadi sampel kita mungkin tidak mewakili populasi yang lebih besar.

  1. Angket yang didistribusikan melalui kunjungan langsung dari peneliti (In-House Questionnaire)

Peneliti menggunakan kuesioner jenis ini dengan mengunjungi rumah atau tempat kerja responden. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa responden berada dalam lingkungan yang nyaman dan alami, dan data yang mendalam dapat dikumpulkan. Kerugiannya adalah mahal dan lambat untuk dilakukan.

  1. Angket yang didistribusikan melalui surat

Kuisioner surat mulai usang tetapi masih digunakan dalam beberapa penelitian penelitian pasar. Metode ini melibatkan seorang peneliti mengirim permintaan kuesioner pengumpulan data fisik kepada responden yang dapat diisi dan dikirim kembali.

Keuntungan dari metode ini adalah bahwa responden dapat menyelesaikan ini pada waktu mereka sendiri untuk menjawab dengan jujur ​​dan sepenuhnya. Kerugiannya adalah metode ini mahal dan memakan waktu. Ada juga risiko tinggi karena tidak dapat mengumpulkan tanggapan yang cukup untuk membuat wawasan yang dapat ditindaklanjuti dari data.

Itulah artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berenaan dengan macam-macam angket penelitian dan contoh penggunaannya. Semoga bisa memberi edukasi serta menambah wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *