Pengertian Sistematika Penulisan dan 2 Contohnya

Diposting pada

Sistematika Penulisan Adalah

Sistematika penulisan bisa dikatakan sebagai bagian daripada adanya panduan kepenulisan dalam karya tulis ilmiah yang dibuat sekaligus telah disepakati bersama. Dimana atas dasar inilah setidaknya untukĀ  sistematika penulisan dibuat dengan susunan pembahasan yang dibagi menjadi beberapa bab dan dirinci lagi menjadi beberapa sub bab.

Namun yang pastinya, masing-masing bab diberi penjelasan secara global mengenai apa yang akan dikemukakan di dalamnya berikut dengan alasannya.

Pengertian Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan adalah uraian terkait dengan langkah sistematis dengan menyerupai outline sehingga menjadi pedoman atas penggunaan sekaligus penjelasan adanya masing bab maupun bagian-bagian bab harus disusun secara naratif yang terdiri dari paragraf-paragraf bukan disusun seperti membuat kerangka outline.

Atas dasar ini, setidaknya setiap jenis karya ilmiah baik laporan penelitian, makalah, jurnal, kepenulisan skirpsi, tesis, dan desertasi memiliki sistematika kepenulisannya.

Contoh Sistematika Penulisan

Adapun untuk contoh sistematika penulisan dalam karya ilmiah. Antara lain;

  1. Proposal

Pembuatan proposal memiliki sistematika kepenulisan yang baik dan benar. Acuannya setidaknya;

Bab I: Pendahuluan

Yang didalamnya berisi tentang latar belakang sekaligus penjelasan mengapa adanya ketertarikan seseorang peneliti untuk menalaah topik penelitian. Prihal ini bisanya disertakan juga dengan data kuantitatif sebagai penguat atas alasan yang dibuat.

Bab II : Kajian Pustaka

Sistematika kepenulisan proposal dalam kajian pusataka di BAB 2 memuat kerangka teori dan kerangka berpikir. Setidaknya untuk langkah pembuatannya bisa mempertajab komponen utama dalam subjek penelitian dan objek penelitian yang akan didalami.

Bab III : Metodologi Penelitian

Kepenulisan bagian penelitian ataupun metode penelitian ini sebagai penjelasan atas beragam teknik pengumpulan data sekaligus adanya keterangan tentang proses validasi dan redukasi atas data penelitian yang dambil. Makanya setiap karya yang telah diselsaikan melihat gambar hasilnya pada bagian metodologi penelitian.

  1. Laporan Penelitian

Isi kerangka yang menjadi struktur kepenulisan dalam laporan penelitian adalah sebagai berikut:

  • Bab I : Pendahuluan (termasuk di dalamnya kajian pustaka dan kerangka berpikir)
  • Bab II : Cara penelitian (metode penelitian)
  • Bab III : Hasil dan analisis
  • Bab IV : Kesimpulan dan Saran

Itulah saja penjelasan sekaligus ulasan tentang pengertian sistematika penulisan dan contohnya dalam karya ilmiah. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.