4 Tujuan Membuat Desain Penelitian yang Baik

Diposting pada

Tujuan Desain Penelitian

Maksud dari desain penelitian yang baik dan benar tak lain ialah menjadi pedoman bagi seorang peneliti untuk mampu menuliskan dengan benar hasil penelitian yang dibuatnya. Sehingga atas dasar inilah setidaknya penulisan rancangan penelitian berfungsi sebagai pedoman bagi seorang peneliti nantinya.

Disisi lainnya, desain penelitian harus perlu untuk mempertimbangkan keminatan minat dan motivasi peneliti untuk mengkaji masalah itu secara maksimal. Sehingga nantinya apa yang menjadi tujuannya bisa diperoleh gambaran secara menyeluruh pendekatan penelitian yang dipergunakan.

Desain Penelitian

Desain penelitian yang juga dikenal dengan dengan design of the research ialah arah yang menjadi bagian rancangan atas adanya kerangka penelitian yang akan dilakukan. Sehingga peristilahan yang tepat sesuai dengan proposal penelitian berdasakan metode yang dipergunakan oleh seorang peneliti untuk menarik jawaban atas subjek penelitian dan objek penelitian yang ada.

Tujuan Desain Penelitian

Adapun untuk tujuan dalam mmbuat desain penelitian ilmiah. Antara lain;

  1. Menjadi pemecah masalah

Adanya penulisan desain penelitian bertujuan untuk menjadi pemecahan masalah atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan problem solving oriented yang bermakna bahwa suatu arti penelitian didilakukan karena ada latar belakang masalah dan ada keinginan memecahkan masalah secara ilmiah.

  1. Penentuan teori yang dipergunakan

Pembuatan desain penelitian yang baik bermaksud untuk menjadi pedoman atas penulisan landasan teori yang baik. Artinya bahwa merumuskan masalah bisa diatas dengan adanya pemahaman terhadap suatu contoh landasan teori yang dipergunakan.

  1. Memberikan gambaran menyeluruh riset yang didalami

Adanya tujuan jenis penelitian berdasakan desain yang ada sejatinya bisa menjadi gambaran penyeluruh pelaksanaan penelitian yang ingin dilakukan. Artinya, setiap waktu, dana, tenaga, teknik pengumpulan data, dan kemampuan yang dimilikinya selama melakukan kegiatan penelitian bisa digambarkan dengan desain penelitian.

  1. Mempermudah menyusun instrumen penelitian

Pembuatan desain penelitian yang baik sejatinya juga bisa bertujuan sekaligus berguna untuk menuliskan bagian instrumen penelitian. Tentusaja hal ini bisa disesuaikan dengan metode yang dipergunakan, contohnya desain penelitian ini misalnya saja penelitian kualitatif bisa menggunakan wawancara.

Adapun untuk penelitian kuantitatif biasanya bentuk instrumen penelitian yang dipergunakan ialah kuesioner ataupun jenis angket penelitian.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan desain penelitian yang bisa kalian pahami. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.