Fungsi Rancangan Penelitian Secara Umum

Diposting pada

Manfaat Rancangan Penelitian

Terdapat beragam jenis rancangan penelitian yang dapat dipilih oleh peneliti sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian tersebut. Fungsi dan manfaat yang dapat dirasakan oleh peneliti ketika merancang penelitiannya dengan baik, diantaranya yaitu bermanfaat dalam mengurangi ketidakakuratan, bermanfaat untuk pengujian hipotesis penelitian, dan lain-lain.

Desain penelitian ini juga biasanya dimasukkan ke dalam latar belakang. Sehingga melalui konteks inilah dapat memahami secara menyeluruh apa yang harus dilakukan dengan meninjau literatur studi yang telah menggunakan desain penelitian yang sama.

Rancangan Penelitian

Rancangan penelitian adalah kerangka kerja yang dibuat oleh seorang penelitian untuk menjelaskan jalannya penelitian. Gambaran dalam contoh desain penelitian ini mampu merinci prosedur yang diperlukan guna mendapatkan informasi untuk menyusun atau memecahkan rumusan masalah penelitian.

Rancangan Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun pengertian rancangan penelitian menurut para ahli, diantaranya yaitu:

  1. Hakim (1987), Racangan penelitian terutama berkaitan dengan tujuan, motif dan rencana dalam batasan praktis lokasi, waktu, uang, serta ketersediaan alat dan bahan penelitian.
  2. Mc Millan dalam Ibnu Hadjar (1999:102), Rancangan penelitian adalah sekejul rencana dan struktur  penyelidikan yang digunakan untuk memperoleh bukti-bukti empiris dalam menjawab pertanyaan penelitian.

Fungsi Rancangan Penelitian

Adapun fungsi yang dapat dirasakan oleh peneliti ketika meyusun rancangan penelitian sebelum melakukan melakukan teknik pengambilan data ke lapangan, antara lain:

  1. Menjadi rencana yang matang

Dalam rancangan penelitian tentunya mengandung sistematika keseluruhan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peneliti. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan penelitian berguna sebagai sebuah rencana yang penting untuk melalukan penelitian.

Dengan kata lain, rancangan penelitian ialah kerangka berpikir atau sketsa yang didesain oleh peneliti sebagai rencana penelitian (research plan), sehingga dalam sebuah rancangan penelitian terkandung pokok-pokok rencana dari sebuah penelitian yang akan dilakukan.

  1. Menguraikan tujuan penelitian

Tujuan penelitian ialah untuk memperoleh hasil penelitian dari suatu penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan serta menguji suatu pengetahuan. Ketika menyusun rancangan penelitian maka juga akan dijelaskan tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai.

Dengan ini, maka seorang peneliti bisa mendapatkan arahan serta petunjuk yang dianggap paling sesuai ketika melaksanakan proses penelitian, sehingga bisa terpusat dengan objek yang tepat sasaran.

  1. Memberikan struktur

Suatu hal yang disusun secara terstruktur akan memberikan hasil yang lebih baik. Begitu pula dalam melakukan penelitian. Agar penggunaan dalam jenis metode penelitian dapat dilakukan secara terstruktur, peneliti harus membuat rancangannya terlebih dahulu.

Rancangan penelitian yang terstruktur juga akan menjelaskan hubungan antara variabel yang satu dengan variabel penelitian lainnnya, sehingga berguna sebagai sebuah kesatuan struktur penelitian.

  1. Menggambarkan kesulitan penelitian

Penyusunan rancangan penelitian akan memberikan sebuah gambaran tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang peneliti, beserta kesulitan-kesulitan apa yang akan dihadapi ketika penelitian sedang berlangsung.

Dengan adanya rancangan penelitian ini, maka bisa diambil sikap serta keputusan yang baik dalam mengatasi permasalahan penelitian yang akan dilakukan, sehingga kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi akan tergambarkan dan akan siap untuk mengatasinya.

  1. Penentu batasan penelitian

Rancangan penelitian dapat berfungsi sebagai batas sebuah penelitian. Ini berkaitan dengan tujuan penelitian. Jika tujuan penelitian tidak dirumuskan dengan jelas, maka penelitian yang akan dilakukan tidak akan menemukan pangkal atau ujungnya.

Dengan menyusun rancangan penelitian, maka batasan penelitian dapat diketahui secara lebih jelas, sehingga dapat dipusatkan pada usaha serta arah tujuan yang lebih efektif dan juga lebih nyata.

Manfaat Rancangan Penelitian

Adapaun dalam proses pembuatan rancangan penelitian juga dapat memberikan beberapa keuntungan bagi peneliti, antara lain:

  1. Memastikan jadwal waktu proyek.
  2. Membantu peneliti mempersiapkan dirinya untuk melakukan penelitian dengan cara yang tepat dan sistematis.
  3. Dokumentasi yang lebih baik dari berbagai kegiatan saat pekerjaan proyek sedang berlangsung.
  4. Membantu perencanaan sumber daya yang tepat dan pengadaannya pada waktu yang tepat.
  5. Memberikan kepuasan dan kepercayaan diri, disertai dengan rasa sukses dari awal pekerjaan proyek penelitian.
Kesimpulan

Fungsi rancangan penelitian adalah untuk memastikan bahwa data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang ada dikumpulkan secara akurat dan ekonomis. Sederhananya, itu adalah kerangka kerja untuk studi penelitian yang memandu pengumpulan dan penggunaan berbagai jenis analisis data.

Rancangan penelitian, tergantung pada kebutuhan peneliti, mungkin berupa pernyataan yang sangat terperinci atau hanya memberikan informasi minimum yang diperlukan untuk perencanaan proyek penelitian.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat dan fungsi rancangan penelitian secara umum. Semoga bisa memberikan edukasi, referensi, dan literasi bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *