Manfaat Karya Tulis Ilmiah

Diposting pada

Kegunaan Karya Ilmiah

Penulisan karya ilmiah tentusaja sangatlah bermanfaatdalam bidang keilmuan akademik dan kehidupan masyarakat. Alasannya karena proses penyusunannya senantisa melibatkan aktivitas dalam arti penelitian, pemikiran kritis, evaluasi terhadap sumber/referensi, komposisi, dan organisasi. Oleh karena itulah karya ilmiah biasanya senantisa diberikan kepada mahasiswa, siswa/pelajar, guru, dosen, dan lainnya.

Tetapi yang perlu dipahami bahwa dalam pembuatan laporan tertulis dalam karakteristik karya ilmiah haruslah menggambarkan hasil penelitian asli yang formatnya telah ditentukan oleh tradisi yang berkembang selama berabad-abad. Seperti halnya dengan praktik editorial dengan layanan percetakan dan penerbitan, sehingga nantinya penulis ataupun pembaca dapat secara utuh untuk memperoleh pengatahuan yang diinginakan.

Karya Tulis Ilmiah

Karya ilmiah adalah serangkaian tulisan ilmiah yang telah disusun berdasarkan penelitian, betapapun sederhananya penelitian tersebut secara garis besar hauslah terdiri dari struktur atas judul, abstrak, pendahuluan, metode, isi/pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

Manfaat Karya Tulis Ilmiah

Manfaat penulisan dan pembuatan karya ilmiah diantaranya yaitu;

  1. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif

Penulisan karya ilmiah dapat bermanfaat dalam mengembangkan ketrampilan membaca yang efektif. Dimana proses pembentukan ketrampilan membaca yang efektif mengacu pada kemampuan efektif dalam membaca isi materi yang disampaikan dengan dipengaruhi pada kecepatan dalam membaca serta memahami isi dari keseluruhan bacaan tersebut.

  1. Melatih dalam menggabungkan hasil bacaan dari berbagai referensi/sumber

Dalam menulis karya ilmiah bagi mahasiswa ataupun pelajar tentusaja bayak referensi yang kita rujuk atau arti sitasi untuk memperkuat argumen kita.

Melalui hal tersebut, setidaknya manfaat karya tulis ilmiah bagi penulis akan semakin terlatih dalam menggabungkan hasil bacaan yang berasal dari berbagai sumber untuk kita konstruksi kembali dengan bahasa kita sendiri sesuai pemahaman kita terhadap beragam sumber tersebut.

  1. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan

Manfaat yang satu ini masih sejalan dengan kegunaan sebelumnya yang kaitannya dengan referensi atau sumber bacaan yang kita jadikan rujukan. Karena menulis karya ilmiah ilmiah yang sesuai dengan unsur-unsurnya membutuhkan banyak referensi, maka secara tidak langsung hal itu akan membuat kita semakin mengenal kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan kepustakaaan.

  1. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis

Karya ilmiah yang hampir mirip dengan arti paper biasanya ditulis berdasarkan hasil penelitian. Melalui penulisan tersebutlah, jenis data yang kita peroleh dari penelitian kita susun sedemikian rupa secara jelas dan sistematis mengikuti kaidah penulisan paper yang kita anut untuk menghasilkan informasi baru yang berguna bagi pembaca, khususnya orang-orang dari bidang ilmu yang sama.

  1. Memperoleh kepuasan intelektual

Dengan menuliskan hasil penelitian kita ke dalam bentuk tulisan bersifat ilmiah, tentunya akan ada rasa kepuasan intelektual tersendiri, terlebih lagi ketika karya kita telah dikutip atau disitasi oleh orang lain yang. Hal inilah setidaknya menunjukkan bahwa mereka sudah mengetahui tujuan pembuatan paper dan telah membaca karya tulis kita.

  1. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan

Manfaat karya ilmiah dalam bidang keilmuan ialah menambah cakrawala ilmu pengetahuan yang semakin luas melalui penelitian-penelitian yang kemudian dipublikasikan. Apabila hasil penelitian kita hanya menjadi konsumsi pribadi, maka itu tidak akan memberikan sumbangan apapaun pada ilmu pengetahuan,akan  tapi jika kita tuliskan dalam bentuk karya tulis ilmiah, kemudian karya tersebut dipublikasikan, maka hasil penelitian kita akan menambah wawasan baru bagi orang lain.

  1. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Manfaat penyusunan karya ilmiah dalam bentuk jurnal internasional ataupun jurnal nasional, maka itu dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya bagi orang-orang dari bidang ilmu yang sama atau mungkin dari bidang ilmu yang berbeda, yang mungkin menemukan celah untuk melengkapi hasil penelitian kita.

Ciri Karya Ilmiah

Tulisan yang bersifat ilmah memiliki beberapa ciri, yakni;

  1. Karya ilmiah harus berdasarkan pada pemikiran yang logis dan empiris.
  2. Informasi yang disajikan dalam karya ilmiah ilmiah bersifat eksplisit, artinya tidak menggunakan kata-kata yang ambigu atau tidak relevan.
  3. Tulisan ilmiah juga mempunyai ciri kebahasaan, yaitu bahasa tulisan ilmiah.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang disebutkan, dapatlah dikatakan bahwa penyusunan karya ilmiah memiliki manfaat yang cukup besar dalam berbagai bidang kehidupan. Alasannya karena tulisan ini dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca. Terkait dengan manfaat pembuatan dan penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa, pelajar, serta kalangan akademisi lainnya. Semoga saja mampu memberik wawasan dan pengetahuan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *