Manfaat Penulisan Riwayat Hidup

Diposting pada

Manfaat Riwayat Hidup

Di banyak negara, membuat daftar riwayat hidup atau yang bisa kita kenal dengan istilah curriculum vitae dan kemudian disingkat CV biasanya merupakan jenis dokumen pertama yang dilihat calon pemberi kerja saat menyaring kandidat untuk wawancara kerja, program beasiswa, lamaran hibah, atau beasiswa. Oleh karena itulah saat mengirim riwayat hidup dan dokumen lamaran lainnya ke pemberi kerja, beberapa pelamar dapat memilih untuk mengirim salinan fisik dokumen melalui surat tercatat, atau secara elektronik melalui email, tergantung pada apa yang ditunjukkan oleh calon pemberi kerja pada iklan pekerjaan.

Bahkan membuat daftar riwayat hidup ditulis dengan tujuan untuk menunjukkan semua pencapaian penting dalam karier kita. Termasuk juga dalam pendidikan. Seperti dalam arti penelitian, pengalaman kerja, publikasi, presentasi, dan apa pun yang telah dilakukan dalam kehidupan secara profesional.

Riwayat Hidup

Riwayat hidup yang juga dikenal dengan istilah Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen terperinci yang menyoroti sejarah akademis dan secara profesional. Curriculum vitae bekerja dengan cara yang sama seperti resume, memberikan informasi tentang pendidikan dan riwayat pekerjaan seseorang. Tapi CV jauh lebih komprehensif daripada resume biasa dan bisa lebih lama.

Manfaat Riwayat Hidup

Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan dari proses pembuatan daftar riwayat hidup. Antara lain;

  1. Akademisi

Jika kita seorang peneliti, profesor, atau mahasiswa yang melakukan penelitian di bidang akademis. Maka sudah pasti memerlukan CV. Hal itu karena banyak hal yang membuat seseorang memenuhi syarat bergantung pada penelitian, tempat mempresentasikan, dan apakah selalu mengikuti perkembangan sebagai pakar di bidang kita.

Pada manfaatnya tersebut setidaknya perlu memperhatikan bahwa pustakawan perguruan tinggi seringkali juga membutuhkan daftar riwayat hidup. Namun, jika kita melamar pekerjaan di universitas yang tidak melibatkan penelitian atau pengajaran, barangkali memungkinkan membutuhkan resume guna menyakinkan apa yang sedang diajukan pada proposal penelitian.

  1. Kedokteran

Jika  seorang dokter, sangat bermanfaat untuk memerlukan riwayat hidup. Meskipun berada di awal karier atau tidak aktif meneliti, CV masih menjadi terminologi dan format yang disukai dokter.

Berlaku juga jikalau seorang perawat atau asisten medis, istilah curriculum vitae atau CV mungkin masih digunakan dalam daftar pekerjaan, tetapi kemungkinan besar ada karena organisasi yang sama sering mempekerjakan dokter mungkin saja hanya membutuhkan resume sebagai gantinya. 

  1. Hukum 

Jika kita seorang pengacara yang bekerja di bidang akademis. Manfaat daftar riwayat hidup akan terasa manakala menerbitkan, melakukan presentasi, atau disaat mengajar. Pada tahapan ini dapatlah dilihat dalam berbagai strata pendidikan penulisan daftar riwayat hidup juga berada dalam skripsi, tesis, dan desertasi.

  1. Penelitian di Luar Akademisi

Dalam proses menempuh gelar PhD atau master dan melakukan penelitian, tetapi di luar akademisi, barangkali manfaat pembuatan CV harus selalu memperbaruinya. Dalam hal ini tentusaja dengan mencantumkan semua penelitian di satu tempat kemungkinan akan menambah nilai, terutama jika orang yang membaca lamaran kita adalah rekan peneliti di bidangnya.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan pembuatan curriculum vitae menjadi deskripsi singkat yang tertulis tentang pendidikan, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan kadang-kadang juga minat pribadi yang sengaja dibuat untuk dibaca.

Oleh karena itulah penulisan riwayat hidup ini menjadi sistem terbaik yang dapat membantu pemberi kerja menemukan pakar yang lebih baik serta memiliki lebih banyak pengalaman tentang pekerjaan dan fungsi yang diperlukan.

Bahkan kerapkali seorang akademisi atau dokter (terutama yang melakukan penelitian), sangat memerlukan riwayat hidup sebagai kondisi meyakinkan kepada siapapun yang ingin mengetahuai latar belakang yang terjadi dalam kehidupan yang kita alami.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat pembuatan daftar riwayat hidup bagi seseorang dalam berbagai bidangnya. Semoga memberikan pengetahuan untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *