Tujuan Pembuatan Paper

Diposting pada

Tujuan Pembuatan Paper

Paper menjadi salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang ditulis dengan mempergunakan format tertentu. Dimana struktur penulisan susunan paper senantiasa mengkaji pembahasan dari suatu topik yang didukung dengan data dan argument yang valid. Jenis data tersebut biasanya diperoleh dari hasil penelitian atau bisa juga dari hasil review terhadap berbagai penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Tetapi yang pasti, untuk jumlah halaman pada paper bisanya lebih sedikit dibandingkan arti makalah, yakni sekitaran 6 sampai dengan 10 halaman dengan tujuan meningkatkan pemikiran sekaligus mampu menungkan gagasan ilmiah melalui tulisan.

Paper

Paper adalah sarana tulisan yang dibuat untuk berbagi pekerjaan penelitian sehingga atas dasar inilah keberadannya sendiri sangat penting bagi evolusi sains modern, di mana karya seorang ilmuwan dibangun di atas karya ilmuwan lainnya. Dengan demikian, paper harus disusun sedemikian rupa dengan tujuan untuk menginformasikan, bukan mengesankan.

Tujuan Paper

Tujuan penulisan paper ilmiah diantaranya yaitu;

  1. Mengungkapkan pemikiran

Menulis paper pada hakekatnya dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan pemikiran atau hasil berupa laporan penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang disusun secara sistematis, logis, dan sesuai dengan langkah-langkah metodologis.

  1. Menumbuhkan etos ilmiah

Menulis paper memiliki peran penting dalam menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga mereka tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tapi mereka juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah mereka menyelesaikan masa studinya.

  1. Transformasi pengetahuan

Paper ilmiah yang telah ditulis oleh mahasiswa, dosen, maupun peneliti-peneliti lainnya diharapkan dapat menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang memiliki minat untuk membacanya.

  1. Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah

Menulis paper ilmiah dapat menjadi sarana untuk membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan dalam bentuk karya ilmiah setelah mereka mendapatkan pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.

  1. Meningkatkan keterampilan dasar untuk melakukan penelitian

Menulis paper bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dasar yang dimiliki oleh mahasiswa untuk melakukan penelitian. Hal ini menjadi penting karena ketika mereka akan lulus, mereka harus menyusun tugas akhir yang datanya diperoleh melalui arti penelitian.

Syarat Menulis Paper

Dalam proses penulisan dan penyusunan paper ilmiah setidaknya memiliki dua audiens sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi. Yakni;

  1. Referee (wasit)

Maksud daripada referee atau wasit ini berusaha untuk membantu editor jurnal internasional ataupun jurnal nasional dalam memutuskan apakah sebuah paper cocok untuk dipublikasikan.

  1. Pembaca

Selanjutnya ialah para pembaca jurnal itu sendiri, dimana hal ini mungkin sedikit banyak mengetahui topik yang kita bahas.

Tetapi yang pasti, agar dapat diterima oleh wasit dan dikutip oleh pembaca, paper ilmiah harus menyajikan lebih dari sekadar menyajikan catatan kronologis dari pekerjaan penelitian. Sebaliknya, itu harus meyakinkan audiens bahwa penelitian yang disajikan penting, valid, dan relevan dengan ilmuwan lain di bidang yang sama.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada pembaca sekalian berkenaan dengan tujuan penulisan paper ilmiah dan syarat pembuatannya. Semoga bisa memberikan wawasan dan pemahaman untuk semua kalangan yang membutukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *