Tujuan Penelitian Pengembangan dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Pengembangan dan Fungsi Penelitian Pengembangan

Pada dasarnya acapkali memilih untuk melakukan arti penelitian dan pengembangan karena ingin memberikan kontribusi lebih terhadap permasalahan yang terjadi. Disisi terlihat bahwa penelitian pengembangan menjadi penghubung antara hasil penelitian yang bersifat teoritis dengan penelitian yang bersifat praktis atau aplikatif.

Meskipun kadangkala tujuan dan manfaat dari penggunaan model R&D (penelitian pengambangan) dapat dikatakan paling baik atau paling tidak baik untuk mengambangkan suatu produk pendidikan. Atas alasan demikianlah jenis penelitian skripsi untuk mahasiswa pendidikan sejarah, biologi, kimia, ekonomi, dan lainnya seringkali menggunakan metode penelitian ini.

Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan adalah salah satu jenis metode penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dalam memberikan validasi dan melakukan diktomi dalam pengembangan produk-produk untuk kemudian dipergunakan memvasilitasi media pembelajaran dalam pendidikan.

Tujuan Penelitian Pengembangan

Tujuan umum melakukan penelitian pengembangan antara lain sebagai berikut;

  1. Menghasilkan Produk

Tujuan utama dalam melakukan penelitian dan pengembangan ialah menghasilkan produk yang kemudian mampu untuk diaplikasikan dalam upaya pemecahan permasalahan yang terjadi. Kelebihan dalam riset ini setidaknya bukan hanya memberikan deskripsi ataupun memberikan laporan atas kekurangan yang terjadi.

  1. Menggambarkan Perubahan dan Permasalahan

Disisi lain, dalam setiap ciri riset pengembangan dilakukan untuk menggambarkan perubahan dan permasalahan yang dialami. Sebab dengan mengetauinya secara koperehensif seseorang dapat dengan mudah memunculkan solusi yang diyakini akan menyelesaikan permasalahan.

  1. Memberikan Rancangan dan Desain dalam Pembelajaran

Maksud seseorang melakukan penelitian pengembangan tidak terlepas daripada menghasilkan rancangan dan desain dalam proses pembelajaran. Tujuan ini tentusaja nantinya memberikan solusi atas problem yang terjadi, meski untuk riset ini dekat dengan ruang lingkup pendidikan.

  1. Diharapkan Mampu Memecahkan Permasalahan

Dalam segmen pendekatan penelitian lainnya, seperti penelitian deskripsi dan studi kasus kadangkala hanya berupa laporan atas temuan yang terjadi, dimana laporan ini kemudian disusun dengan proses penyelesaian yang belum dihasilkan untuk memevahkan permasalahan.

Oleh karena itulah disisi terlihat bahwa penelitian dan pengembangan diselenggarakan karena terdapat struktur atau metode yang digunakan untuk mencapai suatu arti kesimpulan melalui produk yang dihasilkan, sehingga penelitian pengembangan hanya berhasil jika kita menemukan produk, terlepas apakah kita menyukai produk tersebut atau tidak.

Manfaat Penelitian Pengembangan

Adapun untuk beberapa kegunaan dalam melakukan penelitian pengembangan, antara lain;

  1. Memfasilitasi Pembelajaran

Pembelajaran yang menjadi fokus dalam penelitian pengembangan tentusaja saja akan lebih lengkap dan mudah diterima oleh dunia pendidikan. Dengan adanya fasilitas melalui hasil kajian yang di aplikasikan ini bermanfaat untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan Sumber Daya Manusia).

  1. Meningkatkan Kinerja

Kegunaan yang menjadi manfaat lainnya ialah mampu menumbuhkan sekaligus meningkatkan kiner ada berbagai pihak yang menjadi objek penelitian.

Misalnya dalam hal ini seperti di Sekolah SMP dengan pembelajaran Bahasa Daerah, kadangkala jikalau hanya dijarakan melalui lisan akan cepat lupa alias tidak paham. Sehingga dalam pengembangannya dilakukan melalui permaianan untuk lebih memudahkan.

Adapun produk permainan ini bisa dilihat dalam segemen kearifan lokal setempat, meskipun notabene baru untuk guru atau tenaga pendidikan dalam pembalajaran tetapi hal ini menjadi tantantang sekaligus nantinya mampu memberikan sumbangsih dalam peningkatan tenaga kerja.

Contoh Penelitian Pengembangan

Sedangkan untuk contoh kasus yang termasuk dalam penelitian pengembangan misalnya saja;

  1. Pembelajaran Biologi SMP dengan Pop Up Book

Memahami materi belajar Biologi khususnya sistem reproduksi kadangkala menjadi permasalahan bagi siswa/i. Oleh karena itulah disini seorang peneliti memberikan media pembalajaran pop up book (tiga dimensi) yang disertakan dengan penjelasan secara ringkas.

Mulai dari penjelasan dan pengaplikasikannya tersebut bisa dikatakan bagian daripada penelitian dan pengembangan, yang sebelumnya tentusaja harus mengangkat permasalahan yang umum dialami. Proses mendapatkan permasalahan ini bisa memberikan beragam jenis angket yang memunculkan data penelitian terkait dengan kesulitas seorang siswa/i dalam belajar biologi.

Nah, itulah saja tujuan melakukan penelitian pengembangan dan manfaat yang bisa didapatkan. Semoga saja memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *