Ciri Penelitian Pengembangan dan Penjelasannya

Diposting pada

Karakterisik Metode Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan banyak diaplikasikan dalam bidang pendidikan. Bidang teknologi pembelajaran secara tradisional melibatkan perpaduan unik antara teori dan praktik. Campuran ini paling jelas dalam penelitian pengembangan, yang melibatkan produksi pengetahuan dengan tujuan akhir meningkatkan proses desain pembelajaran, pengembangan, dan evaluasi.  Hal ini didasarkan pada pemecahan masalah khusus atau prosedur penyelidikan umum.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, penelitian pengembangan dapat berupa studi kasus tentang dampak desain instruksional dan upaya pengembangan; studi tentang desain instruksional, pengembangan, dan proses evaluasi secara keseluruhan, atau komponen proses tertentu. Salah satu penciri penelitian pengembangan, khususnya dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan model, pendekatan dan metode pembelajaran serta media belajar dilakukan untuk menunjang keefektifan pencapaian kompetensi peserta didik.

Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan sangat penting dalam bidang teknologi pembelajaran. Jenis metode penelitian pengembangan yang paling umum melibatkan situasi di mana proses pengembangan produk dianalisis dan dijelaskan, dan produk akhir dievaluasi.

Tipe kedua dari penelitian pengembangan lebih berfokus pada dampak produk pada pelajar atau organisasi. Jenis studi ketiga berorientasi pada analisis umum pengembangan desain atau proses evaluasi secara keseluruhan atau sebagai komponen.

Perbedaan mendasar harus dibuat antara laporan penelitian pengembangan aktual (praktik) dan deskripsi desain dan model prosedural pengembangan (teori). Meskipun sering disalahpahami, penelitian pengembangan telah banyak berkontribusi pada pertumbuhan bidang secara keseluruhan, sering berfungsi sebagai dasar untuk model konstruksi dan berteori.

Ciri Penelitian Pengembangan 

Berikut ini beragam karakteristik metode penelitian pengembangan sesuai pendapat para ahli, antara lain:

Borg and Gall (2003)

Borg and Gall mengemukakan terdapat 4 ciri utama yang ada dalam metode penelitian dan pengembangan, yaitu:

  1. Studying research findings pertinent to the product to be develop, artinya melakukan studi atau penelitian awal yang bertujuan untuk mencari temuan-temuan penelitian berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan.
  2. Developing the product base on this findings, artinya mengembangkan produk yang didasarkan pada temuan penelitian tersebut.
  3. Field testing in the setting where it will be used ebentually, artinya melakukan uji lapangan dalam seting atau situasi senyatanya dimana produk tersebut nantinya digunakan.
  4. Revising it to correct the deficiencies found in the field-testing stage, artinya melakukan revisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam tahap-tahap uji lapangan.

Santyasa (2009)

Santyasa (2009) mengemukakan karakteristik penelitian pengembangan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran yaitu:

  1. Pemecahan masalah berkaitan dengan upaya inovasi atau penerapan teknologi dalam pembelajaran

Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian pengembangan ialah masalah nyata yang berkaitan dengan upaya inovatif atau penerapan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sebagai pertanggungjawaban profesional dan komitmen peneliti terhadap pemerolehan kualitas pembelajaran.

  1. Penelitian dilakukan untuk menunjang keefektifan pencapaian kompetensi peserta didik

Pengembangan model, pendekatan dan metode pembelajaran serta media belajar yang menunjang keefektifan pencapaian kompetensi peserta didik.

  1. Perlunya uji ahli dan uji coba lapangan secara terbatas

Produk yang dikembangkan harus divalidasi melalui uji ahli, dan uji coba lapangan terbatas agar produk yang dihasilkan bisa memberikan manfaat untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Proses pengembangan, validasi, dan uji coba lapangan tersebut sebaiknya  dideskripsikan secara jelas, agar dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

  1. Perlunya dokumentasi dan pelaporan

Proses perkembangan model, pendekatan, modul, dan media pembelajaran perlu untuk didokumentasikan secara rapi dan dilaporkan secara sistematis berdasarkan kaidah penulisan yang mencerminkan originalitas. Selain ciri atau karakteristik yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, perlu juga kita ketahui bahwa jenis penelitian pengembangan dibedakan menjadi dua tipe, yaitu Tipe I dan Tipe II. 

  1. Tipe I

Tipe I melibatkan situasi di mana proses pengembangan produk yang digunakan dalam situasi tertentu dijelaskan dan dianalisis dan produk akhir dievaluasi diberi label jenis penelitian ini sebagai “evaluasi berbasis sistem“.

Di samping itu, disebut juga “penelitian formatif” yang didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan selama seluruh proses pengembangan intervensi khusus dari studi eksplorasi melalui studi evaluasi formatif dan sumatif.

Untuk penelitian pengembangan tipe I mencerminkan orientasi evaluasi tradisional di mana proses pengembangan tidak ditangani, dan hanya evaluasi produk atau program yang dijelaskan. Selain itu, hasil dalam studi tipe I biasanya konteks dan spesifik produk.

  1. Tipe II

Di sisi lain, penelitian pengembangan Tipe II berorientasi pada analisis umum proses desain, pengembangan dan penelitian evaluasi yang ditujukan baik secara keseluruhan atau sebagai komponen tertentu. Penelitian jenis ini juga dinamakan “pengembangan model/penelitian pengembangan teknik“.

Di samping itu, disebut juga “studi rekonstruksi” istilah yang menekankan situasi umum di mana penelitian berlangsung setelah desain dan proses pengembangan yang sebenarnya. Tidak seperti Tipe I. kesimpulan dalam penelitian perkembangan tipe II dapat digeneralisasi untuk situasi lain.

Itulah tadi artikel lengkap yang dapat kami tuliskan pada semua pembaca. Berkenaan dengan bahasan ciri metode penelitian pengembangan dan penjelasannya yang benar. Semoga bisa mengedukasi bagi semua pembaca yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *