Jenis Artikel dan Contoh Singkatnya

Diposting pada

Macam Artikel
Para pemuda jaman sekarang tentu masih sangat banyak yang gemar membaca baik membaca tulisan fiksi maupun tulisan non-fiksi. Bahkan, serangkaian tulisan tersebut dituangkan dan dapat ditemui di berbagai media cetak maupun media online.

Media cetak yang menyediakan tulisan artikel tersebut seperti majalah, jurnal internasional, jurnal nasional, koran, buletin, ataupun buku-buku, sedangkan media online yang menyediakan tulisan fiksi maupun non-fiksi tentu saja sudah sangat banyak dijumpai. Baik berupa publikasi ilmiah ataupun non ilmiah.

Artikel

Pengertian artikel adalah bentuk karangan dalam bersifat faktual dengan penulisan yang lengkap dan mempunyai tujuan untuk memberikan gagasan atau fakta yang meyakinkan, menghibur, serta mendidik kepada khalayak umum (pembaca).

Seringkali pula hasil penelitian dalam penulisan artikel banyak dijumpai dalam berbagai media baik media cetak maupun media onlen. Artikel yang terdapat pada media cetak, seperti koran, majalah, buku, sedangkan artikel yang terdapat pada media online seperti yang tedapat pada blog, website dan lain sebagainya.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Adapun pengertian artikel menurut para ahli antara lain, adalah sebagai berikut;

  1. The America Heritage Desk Dictionary (1981), Pengertian artikel adalah bagian tulisan nonfiksi dalam bentuk yang bebas, dimana bagian dari penerbitannya seperti pada laporan ciri essai.
  2. Al-‘Aqli, Definisi artikel yaitu sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dan setiap pembahasan dikaji serta diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil intisari/ makna dari sebuah karangan yang ditulis.
  3. Sumandiria (2004), Arti artikel adalah sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas mengenai sebuah rumusan masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca.
  4. Rillan E. Wolseley, Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur para pembaca.
  5. Webster’s Collegiate Thesaurus, Pengertian artikel merupakan karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran ataupun survey.

Jenis Artikel

Macam Artikel Ilmiah
Macam Artikel

Adapun untuk macam-macam artikel ilmiah yang kerakali dipergunakan sebagai bahan publikasi, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Argumentasi

Argumentasi adalah artikel mempunyai tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat atau opini dengan bermodalkan fakta-fakta/ralitas yang dijadikan bukti atau alasan. Pada penulisan artikel argumentasi, pengarang menginginkan keberadaan kebenaran yang terdiri dari unsur data, fakta dan juga opini.

Contoh Artikel Argumentasi

Contoh singkat dalam penulisan artikel argumentasi ini ada banyak sekali, salah satunya diantaranya adalah artikel yang menjelasakan tentang hasil Pilpres (Pilihan Presiden) di Indonesia terkait dengan hasil qouck qount. Tulisan ini digolongkan dalam argumentasi lantaran keputusan final belum dilakukan secara resmi oleh KPU.

Meskipun hanya sebatas pada argumentasi merujuk pada quict qount tetap harus memberikan gagagas ilmiah berupa data serta fakta di lapangan.

  1. Deskripsi

Artikel deskripsi memiliki isi mengenai gambaran secara luas tentang sesuatu hal yang seolah pembaca dapat merasakan, dapat melihat dan juga dapat mendengar kondisi dalam bentuk fakta dan juga dalam bentuk fiksi di dalamnya.

Proses penulisan artikel deskripsi adalah tahapan paling sulit dibuat, lantaran setiap penulis harus mendalami teknik pengumpulan data, membuat opini, serta membuat penjelasan secara runtun. Dari masalah, pembahasan, dan solusi yang ditawarkan.

Sehingga dalam jenis artikel deskriptif secara singkat dimaknai sebagai suatu tulisan yang penyusunannya sebagai gambaran mengenai masalah atau konflik yang terjadi di dalam kehidupan.

Contoh Artikel Deskripsi

Adapun contoh singkat dalam penulisan deskripsi ini misalnya saja adanya penjelasan dari para pakar terkait pembangunan Jalan Tol yang dilakukan di Indonesia. Pembangunan tersebut dibuat untuk memajukan pendapatan dengan investasi asing.

Akan tetapi disisi lain, adapula yang memberikan pendeskripsian bahwa pembangunan Jalan Tol hanya diperuntukan untuk masyarakat yang berada dalam garis perekonomian mengah ke bawah.

  1. Eksposisi

Artikel eksposisi mempunyai isi mengenai pembahasan yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi pembaca yang lengkap. Biasanya untuk penjabarannya disertai pula  gambar, grafik dan lain sebagainya.

Contoh Artikel Eksposisi

Contoh penulisan artikel ilmiah eksposisi ini mudah sekali ditemukan. Dalam konteks ini dapat melihat berbagai bahasan yang dijelaskan oleh Media Online TIRTO yang ikut andil dalam menyebarkan jenis penulisan eksposisi. Mulai dari bahasan perkembangan partai politik, kenaikan Harga BBM, sampai pada penumuan-penemuan sejarah.

  1. Persuasi

Pengertian artikel persuasi adalah tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar dapat melakukan sesuatu yang dilakukan oleh si penulis. Sehingga dalam jenis artikel ini memiliki sifat untuk mengajak melakukan kehendak sesuai dengan kemauan penulisan.

Contoh Artikel Persuasi

Adapun untuk contoh yang bisa diberikan dalam penulisan artikel persuasi ini misalnya saja terkait dengan adanya ajakan untuk memiliki Calon Presiden di Indonesia. Biasanya untuk memperkuat, penulis memberikan data-data keunggulan serta kelemahan lawan.

  1. Narasi

Definisi artikel narasi adalah serangkaian tulisan yang isinya berupa suatu peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian tersebut terdapat seorang tokoh yang mengalami suatu konflik dengan tokoh lainnya. Dalam penjabarannya jenis artikel ini sangat jarang ditemukan.

Contoh Artikel Narasi

Contoh singkat dalam penulisan artikel narasi ini misalnya saja adalah perkembangan Orde Baru di era pemerintahan Presiden Soeharto yang kerapkali dijelaskan terdapat konflik dengan anak-anak Soerkarno, seperti hanya Megawati saat pendirian partai PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan).

  1. Prediktif

Pengertian artikel jenis prediktif adalah suatu artikel yang berisi tentang hal-hal yang belum atau akan terjadi sesuai pemikiran atau pun tentang analisa penulis semata, meskipun demikian tetaplah disertai dengan data-data dari kumpulan jurnal/tulisan yang memiliki legalitas.

Contoh Artikel Prediktif

Contoh tulisan yang masuk dalam jenis artikel prediktif ini misalnya terkait dengan Bonus Demografi yang disajikan tentang gambaran melonjaknya jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2024-2031. Dalam tulisan ini memberikan secara detail tentang peluang Indonesia Emas serta masalah-masalah yang dihadapi.

Untuk kajian tentang peluang serta masalah yang dihadapi tersebutlah menjadi bagian daripada prediktif. Sebab tulisan dibuat sebelum jauh kenyataan tersebut terjadi.

  1. Preskriptif

Pengertian jenis artikel preskriptif merupakan suatu tulisan yang mengajarkan tuntunan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu hal agar tidak mengalami kesalahan atau kekeliruan, sehingga dalam bahasan ini memberikan saran.

Contoh Artikel Preskriptif

Contoh penulisan dalam artikel preskriptif ini misalnya saja ialah pejelasan terkait rasisme masyarakat dengan China. Proses deskrimintaif tersebut memberikan dampak buruk bagi perekonomian, apalagi secara bukti ilmiah ternyata ras mongolid (masyarakat Indonesia di bagian barat) ternyata 60 % ber DNA China.

  1. Eksploratif

Artikel jenis eksploratif adalah suatu tulisan yang berisikan tentang ungkapan dari berbagai fakta sesuai dengan sudut pandang penulis. Mebuatan artikel ini dilakukan dalam upaya membongkar seluk belum berdasarkan catatan ilmiah, sehingga dalam kajiannya akan lebih menekankan banyaknya landasan teori dan tinjauan pustaka.

Contoh Artikel Eksploratif

Contoh penulisan dalam artikel ini misalnya saja tentang kajian adanya kasus hoaks yang menyebar di media sosial. Banyaknya media sosial yang dilakukan masyarakat memberikan andil dalam perkembangan kehidupan serta prilaku di keseharian.

  1. Eksplanatif

Definisi artikel eksplanatif adalah suatu tulisan yang berisikan tentang penjelasan mengenai suatu hal kepada pembaca dengan sudut pandang penulis. Dalam kajian tulisan ini tentusaja banyak membaca permasalahan-permasalahan yang berkembang serta berbagai penawaran atas solusi yang seharusnya dilakukan.

Contoh Artikel Eksploratif

Adapun untuk contoh penulisan dalam artikel eksplanatif ini misalnya saja kajian terkait dengan adanya Revolusi Industri 4.0, yang bisa diruntun secara lengkap dari perkembangan serta berbagai dampak yang kemungkinan akan terjadi.

Contoh Artikel Ilmiah

Sebagai pelengkap atas penjelasan yang diberikan maka berikut ini adalah contoh nyata dalam kepenulisan artikel ilmiah. Adapun topik tulisan yang diangkat dalam hal ini adalah menalaah konflik antar entis di Indonesia dengan sub Sosial-Budaya.

Contoh Artikel

KONFLIK ANTAR ETNIS

Konteks masyarakat Indonesia yang sangat beragam dalam suatu wilayah (Pluralis) menjadi sebuah arena reproduksi yang sangat ideal bagi terciptanya konflik yang dapat menjurus kepada kekerasan antar masyarakat dan menjadi cerminan adanya degradasi moral. Konflik sendiri akan menjadi bahasan yang selalu hangat dalam kajian-kajian ilmu sosial terutama dalam sosiologi, karena fenomena konflik dianggap sebagai sebuah patologi dalam masyarakat.

Konflik diibaratkan sebagai sebuah penyakit dalam masyarakat, dalam masyarakat sekecil apa pun pasti akan ditemukan konflik baik antar individu maupun antar kelompok masyarakat (Poloma, 2007: 106).

Konflik antar etnis merupakan salah satu permasalahan pelik yang menjadi sorotan publik. Tidak hanya di Indonesia, konflik antar etnis juga terjadi di beberapa negara di dunia. Salah satu yang menjadi sorotan adalah konflik etnis Rohingnya di Myanmar dan konflik antar etnis di Bosnia. Di Indonesia sendiri konflik antar etnis ini telah banyak menelan korban jiwa dari pihak-pihak yang terkait.

Pelanggaran HAM kerap terjadi dalam setiap konflik antar etnis. Pembunuhan, pembakaran rumah, dan pelanggaran HAM berat yang lain. Beberapa kasus yang pernah terjadi adalah konflik antar etnis di Provinsi Lampung. Salah satu konflik antar etnis di Provinsi Lampung adalah konflik yang terjadi di Kabupaten Lampung Selatan antara etnis Bali dan etnis Lampung di desa Balinuraga.

Konflik ini melibatkan masyarakat Desa Agom yang mayoritas merupakan masyarakat asli suku Lampung dengan masyarakat Desa Balinuraga yang mayoritas merupakan etnis Bali Nusa hasil program transmigrasi yang dilakukan masa pemerintahan Orde Baru yaitu pada tahun 1960 hingga 1970-an.

Konflik yang terjadi di Desa Balinuraga sendiri bukan merupakan kejadian pertama di Provinsi Lampung yang melibatkan masyarakat etnis Asli Lampung dan masyarakat etnis pendatang (Bali atau Jawa). Hal ini juga membuktikan bahwa konflik yang terjadi antara masyarakat etnis asli Lampung dan masyarakat etnis pendatang bukanlah sebuah permasalahan baru, namun lebih kepada permasalahan yang telah menjadi lattensi dalam masyarakat di daerah Lampung.

Nah, demikianlah serangkaian tulisan yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan jenis-jenis artikel ilmiah dan contoh penggunaannya secara singkat. Semoga melalui materi ini memberikan wawasan serta pengetahuan yang mendalam. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *