Jenis Penelitian Skripsi dan Contohnya

Diposting pada

Penelitian Skripsi

Skripsi menjadi salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Hal ini disebabkan karena skripsi merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa pada tingkat Strata-1 (S1) sebagai syarat kelulusan. Terdapat beragam jenis skripsi tergantung program studi mahasiswa. Akan tetapi, secara garis besar jenis metode penelitian yang seringkali dipergunakan dalam skripsi tersebut diantaranya yaitu penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, penelitian studi kasus, penelitian eksperimental, penelitian korelasional, dan lain-lain dengan masing-masing contohnya

Misal saja dalam hal ini ialah contoh penelitian korelasional yaitu seseorang ingin menguji landasan teori penelitian bahwa emisi gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global. Secara praktis tidak mungkin melakukan eksperimen yang mengontrol emisi global dari waktu ke waktu, tapi melalui observasi dan teknik analisis data skala besar ia dapat menunjukkan korelasi kuat yang mendukung teori tersebut.

Skripsi

Skripsi adalah istilah umum yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang megkaji tentang suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah kepenulisan yang berlaku.

Adapun secara garis besar, kaidan dan penulisan dalam skripsi terdiri dari 5 Bab. Dimana pada BAB 1 berisi pendahuluan, BAB 2 Landasan Teori, BAB 3 berisi tentang metode penelitian, Bab 4 Berisi tentang Hasil dan Pembahasan, dan BAB 5 berisi tentang kesimpulan dan saran.

Jenis Penelitian Skripsi

Adapun untuk macam-macam penelitian yang ada dalam skripsi beserta masing-masing contohnya, diantaranya;

  1. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian ilmu sosial yang dilakukan melalui pengumpulan dan pengolahan atau analisis data non-numerik serta berupaya untuk memberikan penafsiran terkait makna dari data tersebut yang membantu memahami kehidupan sosial melalui studi tentang populasi atau lokasi yang menjadi topik penelitian.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian kualitatif

Antara lain:

  1. Aktivitas Komunikasi Pemasaran Taksi Kosti (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran KOSTI/Koperasi Sopir Transportasi dalam Mempertahankan Customer di Kota Solo Tahun 2018) (Penulis: Imas Bellantika M.)
  2. Batik Laweyan: Sebuah Usaha Unggulan Lokal Pada Masa Jayanya Menjadi Usaha marginal Secara Ekonomi Saat Ini, Pendekatan Holistik Kualitatif tentang Studi Kegagalan Usaha Pribumi di Lokasi tertentu (Penulis: Albertus Maqnus Soesilo)
  1. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah strategi penelitian yang berfokus pada pengukuran dan analisis data. Jenis penelitian kuantitatif dibentuk dari pendekatan deduktif di mana penekanan ditempatkan pada pengujian teori, dibentuk oleh filosofi empiris dan positivis.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian kuantitatif

Antara lain:

  1. Apresiasi Masyarakat Terhadap Program Tayangan Stasiun Televisi Lokal (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Apresiasi Remaja Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas Terhadap Program Tayangan Bms-Tv Sebagai Stasiun Televisi Lokal (Penulis: Rachmadhani Fitriastuti)
  2. Kesenjangan Kepuasan Pembaca Majalah Wanita Remaja (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Kesenjangan Kepuasan Pembaca Rubrik Fashion Majalah Gadis Dan Aneka Di Kalangan Siswi Sma Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010) (Penulis: Paramita Putri Larasati)
  1. Penelitian Survai

Penelitian Survai diartikan sebagai proses melakukan penelitian dengan menggunakan survai yang dikirimkan peneliti kepada responden survai. Data yang dikumpulkan dari survai kemudian dianalisis secara statistik dan statistika untuk menarik arti kesimpulan penelitian yang bermakna.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian survai

Misalnya:

  1. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Masa depan bisnis atau hanya permukaan yang indah? (Corporate Social Responsibility : The future of business or just a beautiful surface?) (Sophie Lindgren dan Amanda Tuvhag)
  2. Bagaimana menemukan pemimpin internasional yang hebat: Kasus Manajer Swedia yang bekerja di Singapura (How to find a great international leader : The case of Swedish Managers working in Singapore) (Penulis: Charlotte Tham)
  1. Penelitian Kausal Komparatif

Desain kausal-komparatif adalah bagian dari contoh desain penelitian yang berusaha menemukan hubungan antara variabel independen dan dependen setelah suatu tindakan atau peristiwa sudah terjadi. Tujuan peneliti adalah untuk menentukan apakah variabel bebas mempengaruhi hasil, atau variabel terikat, dengan membandingkan dua atau lebih kelompok individu.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian kausal-komparatif

Misalnya:

  1. Perbandingan Postur Skoliosis Atlet Tenis Meja dan Tenis Lapangan Usia 9-14 Tahun (Studi Kausal Komparatif pada Atlet di Mitra Medika Klub dan Yunion Tenis Club) (Penulis: Muhammad Satria Purnama)
  1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan deskripsi terkait suatu populasi, situasi, atau fenomena secara akurat dan sistematis. Sehingga karakteristik penelitian deskriptif bisa menjawab pertanyaan apa, di mana, kapan dan bagaimana, namun tidak bisa menjawab pertanyaan mengapa.

Sebuah desain dalam jenis penelitian deskriptif dapat menggunakan berbagai macam metode penelitian untuk menyelidiki satu atau lebih variabel. Tidak seperti dalam penelitian eksperimental, peneliti tidak mengontrol atau memanipulasi variabel apa pun, tetapi hanya mengamati dan mengukurnya.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian deskriptif

Misalnya:

  1. Studi Deskriptif Tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Eromoko 1 Desa Sumber Puloharjo Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri (Penulis: Prihatin Ardi. W)
  1. Penelitian Tindakan

Di sekolah, penelitian tindakan mengacu pada berbagai metode penelitian evaluasi, investigasi, dan analitis yang dirancang untuk mendiagnosis masalah atau kelemahan (baik organisasi, akademis, atau instruksional) dan membantu pendidik mengembangkan solusi praktis untuk mengatasinya dengan cepat dan efisien.

Penelitian tindakan juga dapat diterapkan pada program atau teknik pendidikan yang tidak selalu mengalami masalah, tetapi pendidik hanya ingin mempelajari lebih lanjut dan meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Adapun yang bisanya dilakukan dalam katgeori edukasi dikenal dengan penelitian tindakan kelas.

Istilah “penelitian tindakan” diciptakan pada tahun 1940-an oleh Kurt Lewin, seorang psikolog sosial Jerman-Amerika yang secara luas dianggap sebagai pendiri bidangnya. Prinsip dasar penelitian tindakan yang dipaparkan Lewin masih digunakan hingga saat ini.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian tindakan

Contoh judul penelitian tindakan, misalnya:

  1. Dengan Media Gambar Berseri ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sumber 3 Surakarta) (Penulis: Tri Diana Rahmawati)
  1. Penelitian Studi Kasus

Studi kasus adalah studi rinci tentang subjek tertentu, seperti orang, kelompok, tempat, peristiwa, organisasi, atau fenomena. Studi kasus biasanya digunakan dalam penelitian sosial, pendidikan, klinis, dan bisnis.

Desain penelitian dalam jenis studi kasus biasanya melibatkan metode kualitatif, tetapi metode kuantitatif terkadang juga digunakan. Studi kasus bagus untuk mendeskripsikan, membandingkan, mengevaluasi, dan memahami berbagai aspek masalah penelitian.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian studi kasus

Misalnya:

  1. Peranan Dan Tanggung Jawab Manajer Investasi Dalam Pengelolaan Reksa Dana Kontrak Investasi Kolektif (Studi Kasus Di PT. BNI Securities) (Penulis: Satriyo Wibowo)
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Produksi (Studi Kasus Pada Percetakan Persatuan Unit PDM Kota Surakarta) (Penulis: Rudiyanto)
  1. Penelitian Pengembangan

Research and Development  (R&D) atau secara sederhana dikatakan sebagai penelitian pengembangan merupakan suatu proses atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada sebelumnya.

Produk yang dikembangkan bisa berupa:

  • Hardware, misalnya modul, buku, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium
  • Software, seperti pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, model- model pendidikan, pembelajaran pelatihan, bimbingan, evaluasi, manajemen, program untuk pengolahan data, dan lain-lain.
Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian pengembangan

Misalnya:

  1. Pengembangan Pengemasan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Penulis: Puput Rio Aditama)
  1. Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimental adalah pendekatan ilmiah untuk penelitian, di mana satu atau lebih variabel independen dimanipulasi dan diterapkan ke satu atau lebih variabel dependen untuk mengukur pengaruhnya terhadap variabel dependen.

Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen biasanya diamati dan dicatat selama beberapa waktu, untuk membantu peneliti dalam menarik kesimpulan yang masuk akal mengenai hubungan antara 2 jenis variabel ini.

Metode penelitian eksperimental banyak digunakan dalam ilmu fisik dan sosial, psikologi, dan pendidikan. Ini didasarkan pada perbandingan antara dua atau lebih kelompok dengan logika langsung, yang mungkin, bagaimanapun, sulit untuk dieksekusi.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian eksperimen

Misalnya:

  1. Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Pokok Bahasan Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali (Penulis: Widayati)
  2. Eksperimentasi Pengajaran Matematika Dengan Metode Teams Assisted Individualization (Tai) Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2005/2006 (Penulis: Reny Anggraini P)
  1. Penelitian Korelasional

Penelitian korelasional adalah jenis metode penelitian yang melibatkan pengamatan dua variabel untuk membangun hubungan yang sesuai secara statistik di antara keduanya. Tujuan dari karakteristik penelitian korelasional adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang memiliki semacam hubungan sejauh mana perubahan pada satu variabel menciptakan perubahan pada variabel lainnya.

Jenis penelitian ini, tidak seperti penelitian eksperimental yang sepenuhnya mengandalkan metodologi ilmiah dan hipotesis. Misalnya, penelitian korelasional dapat mengungkapkan hubungan statistik antara orang berpenghasilan tinggi dan relokasi; Artinya, semakin banyak orang berpenghasilan, semakin besar kemungkinan mereka untuk pindah atau tidak.

Contoh judul skripsi yang termasuk dalam penelitian korelasional

Misalnya:

  1. Korelasi Antara Nilai-Nilai Religius Dan Kreatifitas Siswa Dangan Prestasi Belajar Biologi Pada Ranah Kognitif (Penulis: Anis Dwi Susilowati)

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan dan ulaskan pada semua kalangan berkaitan dengan macam-macam metode penelitian yang bisanya dipergunakan dalam skripsi beserta dengan contoh judul dan kajiannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *