Contoh Basic Research dan Applied Research

Diposting pada

Research dan Applied Research

Debat publik biasanya mencoba untuk menarik perbedaan yang jelas antara basic research dan applied research, sehingga mereka muncul sebagai hal yang berlawanan. Padahal, sebenarnya terdapat batasan yang kabur untuk membedakan kedua jenis metode penelitian ini.

Penelitian terapan (applied research) tampaknya memiliki tujuan spesifik. Seperti kajian vaksin, kincir angin baru, atau baterai baru, serta penemuan konkret lainnya yang dapat meningkatkan kehidupan kita sehari-hari dan mengarah pada produk baru di pasar. Tampaknya jelas bahwa para ilmuwan harus memulai dengan tujuan strategis untuk proyek yang berorientasi pada hasil penelitian yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tetapi kenyataannya sangat berbeda. Kedua arti penelitian ini saling terkait erat dan pada kenyataannya sulit untuk menarik batas yang ketat di antara mereka.

Basic Research dan Applied Research

Dalam upaya memberikan penjelasan yang tersetruktur berikut ini arti antara basic research dan applied research. Antara lain;

Basic Research

Basic research adalah penelitian murni yang biasanya tidak menghasilkan temuan yang memiliki aplikasi langsung di tingkat objek penelitian. Jenis penelitian ini memberikan kontribusi khusus pada badan akademik pengetahuan di bidang penelitian.

Berbagai studi cenderung membuat generalisasi dan filosofi dari jenis terkait metode basic research yang dapat dijelaskan sebagai ‘mengumpulkan pengetahuan demi pengetahuan‘. Penelitian mendasar terutama bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengapa, apa atau bagaimana dan ini cenderung berkontribusi pada kumpulan pengetahuan dasar di bidang penelitian.

Applied Research

Applied research adalah penelitian terapan yang bertujuan untuk memecahkan rumusan masalah-masalah spesifik, sehingga temuan-temuan penelitian terapan memiliki implikasi praktis langsung.

Atau dengan kata lain, penelitian terapan adalah penelitian yang bertujuan menemukan solusi untuk masalah langsung yang dihadapi masyarakat, atau organisasi industri/bisnis. Penelitian terapan dianggap sebagai penyelidikan non-sistematis dan biasanya diluncurkan oleh perusahaan, agen, atau individu untuk mengatasi masalah tertentu.

Contoh Basic Research dan Applied Research

Adapun untuk contoh yang dapat dikemukakan dalam basic research dan applied research antara lain sebagai berikut;

  1. Basic Research

Berikut ini beberapa contoh penelitian dasar, antara lain:

  1. Peneliti menyelidiki kelancaran solusi persamaan Hamilton-Bellman (HJB) yang mengalami degenerasi yang terkait dengan kontrol regulator linier-kuadratik. Peneliti menetapkan adanya solusi klasik dari persamaan degenerasi HJB yang terkait dengan masalah ini dengan teknik solusi viskositas dan karenanya memperoleh kontrol optimal dari kondisi optimalitas dalam persamaan HJB.
  2. Hasan (2009) memberikan solusi untuk masalah pemrograman linear melalui aljabar komputer. Dalam makalahnya, ia mengembangkan teknik komputer untuk memecahkan masalah pemrograman fraksional linier tersebut. Pada awalnya, ia menentukan semua solusi dasar dari kendala, yang merupakan sistem persamaan linear. Ia kemudian menghitung dan membandingkan nilai fungsi tujuan dan memperoleh nilai fungsi tujuan optimal dan solusi optimal. Metode penelitian ini kemudian diilustrasikan dengan beberapa contoh numerik.
  3. Ahli kimia mengembangkan alat yang disebut mesin resonansi magnetik nuklir (NMR) untuk menentukan struktur bahan kimia. Ketika dikembangkan, ia tidak memiliki aplikasi yang jelas dalam kedokteran. Namun, para ilmuwan akhirnya menyadari bahwa mesin NMR dapat dihubungkan ke komputer untuk membuat mesin magnetic resonance imagery (MRI). Mesin MRI mengambil gambar tulang dan jaringan internal tubuh tanpa menggunakan radioaktivitas.
  4. Contoh lain dari penelitian dasar yang telah mengarah pada kemajuan penting dalam kedokteran adalah penemuan DNA (mengarah ke perawatan kanker) dan neurotransmitter (mengarah ke antidepresan dan obat anti kejang). Namun, ada banyak contoh lain di mana penelitian dasar, beberapa di antaranya telah dilakukan pada hewan, belum menghasilkan manfaat praktis bagi manusia atau hewan.
  1. Applied Research

Berikut ini beberapa contoh berbagai jenis penelitian terapan dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Kesehatan 

Misalnya:

  1. Cara mengelola skizofrenia pada remaja
  2. Cara menyembuhkan Gangguan Obsesif-Kompulsif
  3. Apakah keracunan merkuri mempengaruhi gangguan intelektual?
  4. Haruskah vaksinasi dihindari untuk mencegah autisme?
  5. Apa jenis aditif yang dapat diterima dan sehat bagi produsen untuk digunakan dalam produk makanan manusia?
  6. Apakah iradiasi daging sapi sehat bagi konsumen?
  7. Apakah makanan yang dimodifikasi secara genetik merugikan kesehatan?
  1. Pendidikan

Misalnya:

  1. Bagaimana kesenjangan prestasi siswa dari berbagai latar belakang sosial ekonomi dapat dijembatani dalam pendidikan?
  2. Bagaimana cara untuk meningkatkan kesiapan sekolah untuk anak-anak?
  3. Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah siswa lulusan sekolah menengah yang memilih untuk kuliah?
  4. Apakah biaya kuliah menjadi halangan bagi orang dewasa muda untuk berhasil dan mampu menghidupi diri sendiri?
  1. Masyarakat 

Misalnya:

  1. Apa yang menyebabkan peningkatan kemiskinan di kota-kota?
  2. Bagaimana media mempengaruhi persepsi tubuh wanita?
  3. Perubahan apa yang diperlukan untuk menciptakan pekerjaan di daerah pedesaan?
  4. Bagaimana legalisasi beberapa obat akan memengaruhi berbagai kelompok dalam masyarakat?
  5. Apakah anak-anak dari ibu yang bekerja memiliki kerugian jangka panjang dibandingkan dengan anak-anak dari ibu yang tinggal di rumah?
  1. Teknologi

Misalnya:

  1. Bagaimana keamanan siber dapat ditingkatkan untuk mencegah penipuan pemilu?
  2. Apakah penggunaan teknologi saat ini untuk anak-anak bermanfaat atau berbahaya?
  3. Apakah teknologi modern menciptakan “kehancuran” individu?
  4. Bagaimana media sosial mengubah persepsi individu tentang masyarakat dan diri mereka sendiri?
  1. Kejahatan

Misalnya:

  1. Cara menghapus kejahatan rasial
  2. Apakah ada cara untuk mencegah pelanggar remaja menjadi penjahat seumur hidup?
  1. Bisnis

Misalnya:

  1. Cara memasarkan produk ke millennium
  2. Apa jenis kampanye anti-merokok yang dapat mengurangi merokok di kalangan remaja atau orang dewasa?
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa jenis penelitian dasar dianggap sebagai kegiatan yang mendahului penelitian terapan yang pada gilirannya mendahului pengembangan menjadi aplikasi praktis. Misalya saja seperti bidang penelitian bioteknologi dan elektronik.

Dimana mana penemuan-penemuan mendasar dapat dibuat berdampingan dengan pekerjaan yang dimaksudkan untuk mengembangkan produk-produk baru, dan di bidang-bidang di mana mitra sektor publik dan swasta berkolaborasi untuk mengembangkan wawasan yang lebih luas ke dalam bidang-bidang utama yang diminati.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh basic research dan applied research yang ada dalam penelitian ilmiah. Semoga saja mampu memberikan edukasi serta pemahaman bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *