Pengertian Manfaat Penelitian, Jenis, Fungsi, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Manfaat Penelitian Adalah

Setiap penelitian yang dilakukan memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis. Manfaat konseptual penelitian adalah cara yang berpotensi untuk menginformasikan kebijakan. Ketika digunakan secara konseptual, penelitian berfungsi untuk memperkenalkan ide-ide baru, membantu orang mengidentifikasi masalah dan solusi yang sesuai dengan cara-cara baru, dan menyediakan kerangka kerja baru untuk memandu pemikiran dan tindakan.

Terlebih lagi, penggunaan penelitian konseptual dapat memiliki konsekuensi jangka panjang. Alih-alih memengaruhi satu keputusan, itu membentuk bagaimana orang melihat dunia, bagaimana mereka merespons masalah yang mereka hadapi dalam pekerjaan mereka sehari-hari, dan bagaimana mereka merancang dan mengelola solusi. Ini menyentuh tidak hanya pembuatan kebijakan tetapi juga implementasi kebijakan. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang manfaat penelitian, artikel ini akan mengulas tentang pengertian manfaat penelitian, jenis, fungsi, dan cara menulisnya.

Manfaat Penelitian

Sebagai mahasiswa ataupun bagian dari civitas akademika, ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika terlibat dalam suatu penelitian, diantaranya yaitu:

  1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis melalui pembelajaran langsung.
  2. Menentukan minat akademik, karier, dan pribadi
  3. Memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang bidang yang dipilih di luar kelas
  4. Mengembangkan koneksi dengan fakultas terkemuka di bidangnya
  5. Membangun komunitas dengan teman sebaya, fakultas, dan organisasi di dalam dan di luar kampus.

Akan tetapi, keterlibatan tersebut akan lebih berarti ketika hasil penelitian tersebut kita tuliskan. Menulis penelitian penting untuk dipelajari, karena melibatkan proses yang dapat berguna dalam berbagai bidang dan dapat diterapkan pada berbagai situasi.

Proses penelitian membantu penulis dalam mengembangkan keterampilan organisasi dan perencanaan yang lebih baik sekaligus meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Dalam menuliskan suatu hasil penelitian tersebut, misalnya dalam bentuk makalah, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya yaitu:

  1. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pekerjaan penelitian Anda

Menyelesaikan masalah penelitian adalah satu hal dan menulis makalah adalah hal lain. Saat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian Anda, Anda akan mulai menjadi lebih jelas tentang masalah penelitian Anda, ide, implementasi, metodologi, motivasi, tujuan, arah masa depan dan lain-lain.

  1. Belajar bagaimana menyajikan karya penelitian Anda

Misalkan, Anda telah melakukan pekerjaan penelitian yang sangat baik. Tetapi sangat penting untuk menyajikannya dengan cara yang sangat tepat.

Saat menulis makalah penelitian, Anda harus sangat terorganisir tentang segala hal mulai dari menyatakan masalah penelitian Anda hingga menyelesaikannya. Jadi, menulis makalah penelitian menuntut Anda untuk belajar menulis dengan baik dan to the point.

  1. Anda mendapatkan saran berharga

Setelah menulis makalah penelitian Anda, Anda mengirimkannya ke jurnal. Setiap jurnal memiliki proses peninjauan di mana makalah Anda diperiksa oleh para ahli. Mereka membaca makalah Anda dan memberikan komentar. Dengan memasukkan komentar dan saran mereka, Anda dapat meningkatkan kualitas pekerjaan riset Anda.

  1. Anda mendapatkan validasi untuk pekerjaan penelitian Anda

Karena Anda makalah penelitian ditinjau oleh para ahli. Karya penelitian Anda akan divalidasi jika dikemudian hari dipublikasikan.

  1. Kontribusi Anda tersedia bagi komunitas penelitian

Ketika makalah penelitian Anda diterbitkan, peneliti lain yang mengerjakan topik yang sama dapat membaca makalah Anda dan menggunakannya untuk melakukan penelitian lebih lanjut atau untuk memecahkan beberapa masalah penelitian.

  1. Membantu dalam memajukan karir akademis Anda

Jika Anda ingin memiliki karier akademis, publikasi penelitian harus dilakukan. Hal ini menyakut pada kepentingan untuk ikut berpartiasipasi dalam memajukan dunia pendidikan.

Pengertian Manfaat Penelitian

Manfaat peneltian merupakan kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan.

Suatu penelitian penting untuk dilakukan dengan tujuan utama yaitu menginformasikan tindakan, membuktikan teori, dan berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan di bidang atau studi. Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan pentingnya penelitian, antara lain:

  1. Sebagai alat untuk membangun pengetahuan dan memfasilitasi pembelajaran
  2. Untuk memahami berbagai masalah dan meningkatkan kesadaran publik
  3. Sebagai cara untuk membuktikan kebohongan dan mendukung kebenaran
  4. Untuk menemukan, mengukur, dan merebut peluang
  5. Sebagai benih untuk suka membaca, menulis, menganalisis, dan berbagi informasi berharga
  6. Sebagai makanan dan latihan untuk pikiran

Menemukan alasan mengapa penelitian itu penting sepertinya tidak perlu dipikirkan, tetapi banyak orang menghindari untuk terlibat dalam penelitian. Siswa yang malas mungkin berpikir “tidak lagi” untuk melakukan penelitian jika sebelumnya mereka pernah terlibat dalam penelitian.

Sementara seorang akademisi yang tidak tertarik hanya bisa melakukannya untuk mengamankan masa kerja dan / atau promosi. Namun, bagi mereka yang suka belajar, apakah mereka anggota lembaga pembelajaran atau tidak, melakukan penelitian bukan hanya keharusan, tetapi kebutuhan.

Pengertian Manfaat Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi manfaat penelitian menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Konsultasiskripsi, Manfaat penelitian merupakan keuntungan atau potensi yang dapat diperoleh oleh pihak-pihak tertentu setelah suatu penelitian diselesaikan. Oleh karena itu, dalam manfaat penelitian ini harus diuraikan secara terperinci manfaat atau apa gunanya hasil penelitian nanti.

Jenis dan Contoh Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dalam bidang apapun, seyogyanya mencakup dua aspek, yaitu:

Teoritis atau Akademis

Manfaat teoritis ialah manfaat penelitian dari aspek teoritis, yaitu manfaat penelitian bagi pengembangan ilmu.

Contoh manfaat teoritis atau akademis dalam suatu penelitian, misalnya:

  1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian ilmu geografi khusunya geografi pariwisata/ekowisata.
  2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian-penelitian yang akan datang dalam konteks permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi teori produksi ruang.
  3. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran pada materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia.

Praktis atau Aplikatif

Manfaat praktis ialah manfaat penelitian dari aspek praktis atau aplikatif, yaitu manfaat penelitian bagi program.

Contoh manfaat praktis atau aplikatif dalam suatu penelitian, misalnya:

  1. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sumber informasi dan masukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Tuban dalam pengambilan keputusan terkait rencana pengembangan Mangrove Center Tuban dan ekowisata di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.
  2. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan wistawan terkait Mangrove Center Tuban dan ekowisata di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Fungsi Manfaat Penelitian

Penelitian dimulai ketika kita ingin mengetahui sesuatu. Penelitian berkaitan dengan meningkatkan pemahaman kita. Penelitian memberi kita informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Penelitian kadang-kadang dibagi menjadi penelitian murni (atau dasar) dan terapan untuk membuat perbedaan antara penelitian yang dilakukan untuk memajukan pengetahuan dan yang berupaya menerapkan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya untuk masalah di dunia nyata,

Dalam setiap penelitian tentunya aka nada manfaay yang dapat diperoleh baik bagi peneliti itu sendiri, maupun bagi pihak-pihak yang terkait.

Manfaat penelitian menjadi salah satu hal yang penting untuk dituliskan dalam makalah atau laporan hasil penelitian, karena dengan manfaat penelitian yang baik kita dapat memberikan informasi yang relevan bagi orang yang membaca penelitian kita maupun bagi mereka yang ingin melanjutkan penelitian yang linier atau satu jalur.

Cara Menuliskan Manfaat Penelitian

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika menuliskan manfaat penelitian yaitu Anda harus memaparkan apapun manfaat yang diperoleh dari penelitian tersebut, sehingga ini bukan hanya hipotesa belaka, karena hipotesa atau dugaan sementara letaknya di proposal, sedangkan pada skripsi atau tesis harus bersifat hasil yang diteliti.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya  bahwa manfaat penelitian ada dua yaitu manfaat teoritis dan praktis. Dalam menuliskan manfaat teoritis harus berlatar belakang dari tujuan penelitian Anda, untuk mengecek teori yang sudah ada.

Apakah teori tersebut akan di perkuat atau dapat juga menggugurkan teori tersebut. Manfaat teoritis tersebut muncul berdasarkan ketidak puasan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Sedangkan dalam menuliskan manfaat praktis, Anda harus tahu sekiranya siapa saja (pihak mana saja) yang bisa memperoleh manfaat dari penelitian Anda. Manfaat praktis biasanya tidak hanya untuk satu subjek melainkan bisa untuk semua objek yang lebih dari satu.

Misalnya manfaat untuk pemerintah, instansi atau lembaga yang terkait dengan penelitian Anda, masyarakat, dan lain-lain.

Demikianlah tadi serangkaian artikel yang memberikan penjelasan serta penjabaran kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian manfaat penelitian menurut para ahli, jenis, fungsi, contoh, dan cara menulisnya dengan baik. Semoga melalui materi ini bisa memberikan penjelasan serta pengulasan mendalam kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *