Contoh Sumber Data Penelitian Karya Ilmiah/Makalah

Diposting pada

Penulisan Sumber Data Penelitian

Sumber data merupakan salah satu bahasan yang harus di cermati bagi setiap orang yang akan menuliskan karya ilmiah. Baik skripsi, thesis, makalah, atau yang lainnya pencantuman sumber data penelitian ini haruslah dilakukan.

Kewajiban mencantumkan sumber data lantaran dalam ciri keilmiahan suatu karya ada metode penelitian yang dianggap sebagai relevansi atas jawaban rumusan masalah yang dilakukan. Oleh karenanya pada artikel ini membagikan contoh penulisan sumber data baik dalam penelitian kualitatif ataupun kuantitatif.

Sumber Data

Sumber data adalah subyek originalitas dari mana teknik pengumpulan data diperoleh dalam suatu riset. Oleh karena itulah pancatutatn sumber data haruslah sesuai dengan jenis metode penelitian yang akan dilakukan dalam mengulas topik penelitian.

Misalnya saja, dalam jenis penelitian kuantitatif yang memiliki sifat menjelaskan masyarakat sebagai objek penelitian, maka sumber data yang didapatkan haruslah berupa primer yang bisa mempergunakan instrumen penelitian berupa kuesioner.

Sedangkan untuk penelitian kualitatif sumber data bisa berasal dari serangkaian fonemena sosial yang tidak haruslah primer. Hal ini lantaran peneliti/masyarakat sebagai subjek yang tentusaja bisa dilakukan dengan penelitian kepustakaan dengan mencari sumber-sumber literaur yang sesuai dengan rumusan permasalahan.

Contoh Penulisan Sumber Data Penelitian

Sebagai langkah memahami berbagai penulisaa dalam sumber data penelitian, penting bagi siapapun untuk meletakannya dalam bagian metodologi penelitian, khususnya BAB 3.

Karya Ilmiah

Adapun untuk penulisan dalam mencantumkan sumber data dalam karya ilmiah seperti karya tulis ilmiah (KTI), skripsi, laporan penelitian, antara lain;

  1. Karya Tulis Ilmiah

Dalam mencantumkan sumber data untuk kepenulisan KTI ini bisa mempergunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Contohnya saja buku, untuk kepenulisannya bisa meniru bagian ini;

Sumber Data Karya Tulis Ilmiah

Sumber data dalam penelitian ini adalah karya Emha Ainun Najib yang berjudul Markesot Bertutur Lagi. Teks tersebut akan ditelaah bagaimana Markesot memiliki pola pikir damai. Pola pikir damai ini diharapkan dapat diteladani oleh remaja sehingga remaja mampu meminimalisir kecenderungannya untuk berperilaku agresi.

Berkaitan dengan ini, penulis menggolongkan sumber data menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari teks Markesot Bertutur Lagi. Adapun data sekunder diperoleh dari telaah kepustakaan, buku arsip, foto, dan lain sebagainya yang mendukung hasil telaah dan penafsiran data primer.

  1. Skripsi

Adapun bagian penulisan sumber data dalam skripsi tergantung pada metode yang dipergunakan. Dalam hal ini misalnya saja;

Sumber Data Skripsi

Bila di lihat dari sumber datanya, maka pengumpulan data dalam skripsi ini dapat menggunakan sumber primer, dan sumber sekunder. Sumber primer adalah sumber data yang langsung memeberikan data kepada pengumpul data, dan sumber sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen.

Adapaun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan para pengemis yang ada di jalanan. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sopir angkutan kota, mobil pribadi, dan pengurusan polisi lalu lintas yang menangani para pengemis di jalanan.

  1. Laporan Penelitian

Adapun untuk penulisan dalam sumber data dalam laporan penelitian. Misalnya saja dituliskan sebagai berikut;

Sumber Data Laporan Penelitian

Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari struktur kurikulum jurusan pendidikan matematika, tanggapan mahasiswa, dan keterlaksanaan kurikulum dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada jurusan pendidikan matematika.

  1. Penelitian Kualitatif

Nah, untuk metode dalam penulisan kualitatif. Penulisan akan sumber data ini, misalnya saja sebagai berikut;

Sumber Data Penelitian Kuantitatif

Dalam setiap penelitian disamping menggunakan metode yang tepat, juga diperlukan kemampuan memilih metode pengumpulan data yang relevan. Data merupakan faktor penting dalam penelitian karena di dalam setiap penelitian pasti memerlukan data. Sumber data yang digunakan :

Data Primer

Jenis data ini diperoleh secara langsung dari informan melalui wawancara. Dalam menetapkan informan peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Snowball sampling adalah teknik penentuan sampel sumber data, yang pada awalnya jumlahnya sedikit, lama kelamaan menjadi besar (Sugiyono, 2009:85). Dengan teknik snowball sampling ini peneliti memilih satu informan yaitu Anissatul Masruroh. Beliau menjadi key-informan atau informan kunci untuk selanjutnya memberikan petunjuk siapa informan yang berkompeten yang mampu memberikan data.

Data Sekunder

Data yang diperoleh dari pengumpulan data yang menunjang data primer. Data skunder dalam penelitian ini adalah teks atau literatur mengenai sekolah di Perguruan Tinggi Islam yang berkaitan dengan penelitian.

  1. Penelitian Kuantitatif

Sedangkan untuk contoh dalam penulisan sumber data untuk jenis penelitian kuantitatif, bisa kalian buat sama dengan contoh berikut;

Sumber Data Penelitian Kuantitatif

adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, yaitu kegiatan pengumpulan informasi mengenai tanggapan orang lain. Penelitin menggunakan kuesioner yang ditanyakan kepada 15 orang. Kemudian, kuesioner dikumpulkan dan hasilnya dijelaskan sebagai hasil penelitian.

  1. Tugas Akhir

Sedangkan untuk penulisan sumber data dalam tugas akhir, contoh yang bisa dibuat adalah sebagai berikut;

Sumber Data Tugas Akhir

Metode penulisan yang digunakan pada tugas akhir ini adalah studi literatur. Dan untuk metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan, dimana hasil dari penelitian ini berupa produk atau program yang dapat dilaksanakan secara masal atau perorangan. Sementara, penelitian ini masih dalam tahap desain produk, dan belum diterapkan di masyarakat. Diharapkan untuk kedepannya dapat diterapkan pada masyarakat Indonesia.

Sumber data pada penelitian ini didapatkan melalui jurnal penelitian dan peraturan-peraturan daerah yang sedang diterapkan di Indonesia

  1. Makalah

Sebagai bagian dari karya ilmiah pembuatan makalah biasanya senantiasa mencantumkan sumber data, tetapi untuk penulisannya sendiri bukan penelitian melainkan penulisan. Contonya;

Sumber Data Penulisan Makalah

Sumber data dari makalah adalah data sekunder yang di kumpulkan dari berbagai sumber. Studi kepustakaan dan sumber informasi, dimana pengumpulan data berdasarkan sumber-sumber informasi tertulis (berupa buku, peraturan atau bahan tertulis lainnya) yang terkait dengan topik penelitian.

  1. Penelitian Kepustakaan

Terakhir yang kerapakali dipergunakan dalam mencantumkan sumber data penulisan ialah penelitian studi pustaka. Hal ini bisa dijalankan dengan menyusun skematika kepenulisan secara jelas agar apa yang dibuat menjadi skejul penyelesaian.

Sumber Data Penelitian Kepustakaan

Dalam penyusunan laporan penelitian ini penulis menggunakan sumber data berupaliteratur dalam bentuk cetak, jurnal-jurnal dan literatur dalam bentuk elektronik yang memiliki kaitan dengan tujuan dan objek penulisan.

Nah, demikian artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh kepenulisan sumber data penelitian yang bisa kalian lakukan. Semoga memberikan referensi serta edukasi bagi semua kalangan ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *