Pengertian Data Sekunder, Kelebihan, Kekuarangan, dan Contohnya

Diposting pada

Data Sekunder Adalah

Data sekunder pada dasarnya adalah jenis data penelitian yang sudah dikumpulkan orang lain atau tidak secara langsung diperoleh peneliti dari lapangan. Misalnya data ini didapatlah dari berbagai sumber seperti publikasi pemerintah, sensus, catatan internal organisasi, buku, artikel jurnal.

Ciri terpenting yang membedakan anatara data primer dan data sekunder pada sisi keaslian. Dimana data primer asli dan tangan pertama yang didapatkan peneliti dari metode penelitian yang dipergunakan, sedangkan data sekunder merupakan hasil interpretasi dan analisis data primer.

Data Sekunder

Meski data sekunder bukanlah benar-bendar asli dari miliki seorang penelitian, akan tetapi kebradaan data sekunder biasanya mudah diakses seseorang secara langsung karena sebagian besar dibagikan secara publik. Namun demikian, data penelitian biasanya bersifat umum dan tidak disesuaikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan peneliti seperti halnya data primer.

Contoh kasus penggunaan data sekunder ini misalnya saja mengambil data dari BPS yang menyedikan jumlah penduduk, tingkat pekerjaan, ataupun pendidikan. Sedangkan dalam hal ini seseorang hanya membutuhkan tingkat pendidikannya saja, oleh karena itulah seseorang yang meneliti tersebut harus cedas dalam melakukan teknik analisis data agar sesuai dengan keinginannya.

Pengertian Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang dikumpulkan dari studi, survei, atau eksperimen yang telah dijalankan oleh orang lain atau untuk penelitian lain akan tetapi kita peregunakan dalam arti penelitian. Data ini dapat diakses dalam bentuk data yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti publikasi pemerintah, sensus, catatan internal organisasi, buku, artikel jurnal, situs web dan laporan, dan lain-lain.

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi data sekunder menurut para ahli, antara lain;

  1. Husein Umar (2013) , Data sekunder adalah sebagai data primer yang sudah diolah lebih lanjut dan disajikan dalam bentuk tabel-tabel atau diagram- diagram, baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain.
  2. Supriyanto dan Ahmad Muhsin, Arti data sekunder adalah sebagai bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan benda dan lain sebagainya yang didapatkan dari peneliti lain atau sumber media lain.

Kelebihan dan Kekurangan Data Sekunder

Keunggulan dan kekuarangan yang ada dalam data sekunder, antara lain;

Kelebihan Data Sekunder

Yakni;

  1. Data sekunder mudah diakses dibandingkan data primer. Data sekunder tersedia di berbagai platform yang dapat diakses oleh peneliti
  2. Data sekunder sangat terjangkau. Dibutuhkan sedikit atau tanpa biaya untuk mendapatkannya karena terkadang diberikan secara gratis
  3. Waktu yang dihabiskan untuk mengumpulkan data sekunder biasanya sangat sedikit dibandingkan dengan data primer
  4. Data sekunder memungkinkan dilakukannya studi longitudinal tanpa harus menunggu lama untuk menarik kesimpulan
  5. Data sekunder membantu menghasilkan wawasan baru ke dalam data primer yang ada
Kekurangan Data Sekunder

Antara lain;

  1. Data sekunder mungkin tidak otentik dan dapat diandalkan. Seorang peneliti mungkin perlu memverifikasi lebih lanjut data yang dikumpulkan dari sumber yang tersedia
  2. Peneliti mungkin harus berurusan dengan data yang tidak relevan sebelum akhirnya menemukan data yang dibutuhkan
  3. Beberapa data dibesar-besarkan karena bias pribadi dari sumber data
  4. Sumber data sekunder terkadang sudah usang tanpa ada data baru untuk menggantikan yang lama

Contoh Data Sekunder

Adapun untuk beberapa contoh yang bisa diartikan sebagai bagian daripada data sekunder. Misalnya;

  1. Media Online

Data sekunder yang dikumpulkan dari sumber online dapat menjadi data primer yang dikumpulkan oleh peneliti lain. Misalnya dalam hal ini kita pengambil data dari penelitian yang dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik), yang bisa diakses secara gratis.

  1. Penelitian Terdahulu

Bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap kepenulisan karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan desertasi ialah terdatnya penelitian terdahulu. Dimana penelitian ini diperoleh dari jurnal internasional ataupun jurnal nasional yang dilakukan oleh orang lain.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian data sekunder menurut para ahli, ciri, kelebihan, kekuarangan, dan contohnya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *