8 Contoh Definisi Operasional dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Contoh Definisi Operasional

Definisi operasional penelitian akan sangat mudah ditemukan dalam beragam proposal penelitian ataupun karya tulis ilmiah. Alasannya karena penyusunan definisi operasional sendiri menjadi panduan lengkap untuk penyelesaian hasil penelitian yang baik.

Oleh karena itulah, wajar jikalau dalam beragam bentuk metode penelitian baik kualitatif ataupun penelitian kuantitatif uraian tentang definisi operasional dan definisi konseptual terletak pada BAB 3.

Definisi Operasional

Definisi operasional adalah penjabaran interpretasi dari variabel penelitian yang sudah ditentukan oleh peneliti, sehingga dalam implementasinya sendiri menjadi hal yang wajar apabila terdapat perbedaan antara definisi operasional yang dibuat oleh satu peneliti dengan peneliti lainnya.

Contoh Definisi Operasional

Untuk contoh adanya definisi operasional. Misalnya saja;

  1. Karya Ilmiah

Penyusunan bagian definisi operasional dalam jenis karya ilmiah bisa ditemukan dalam BAB 2 terkait dengan metode penelitian. Adapun prihal ini misalnya saja topik penelitian tentang “Strategi Pengembangan Potesi Wisata Daerah dan Pembangunan Berkelanjutan“.

Penulisan Definisi Operasional Variabel Karya Ilmiah

Definisi Operasional Variabel

Penerimaan pariwisata adalah penerimaan yang berasal dari retribusi masuk objek wisata pada setiap daerah. Jumlah kunjungan wisatawan adalah jumlah wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke objek-objek wisata di suatu daerah. Jumlah obyek wiata adalah banyaknya obyek wisata yang ada pada setiap daerah

  1. Proposal Penelitian

Penyusunan definisi operasional dalam penelitian yang paling sederhana sejatinya bisa melihat dari adanya bentuk skala data yang ada. Baik data ordinal ataupun data interval yang ada. Prihal ini contohnya saja melihat adanya tingkat pendidikan formal di Indonesia.

Definisi Operasional Tingkat Pendidikan
  • SD/MI/Sederajat
  • SLTP/MTs/Sederajat
  • SLTA/MA/Sederajat
  • D1
  • D2
  • D3
  • S1
  • S2
  • S3
  1. Laporan Penelitian

Penulisan bagian definisi oprasional dalam laporan penelitian tentusaja haruslah memuat bagian aspek kepenulisan sekaligus intisari dari adanya penyelesaian hasil karya yang diselesaikan.

Penulisan Definisi Operasional Variabel Laporan Penelitian

Definisi operasional variabel merupakan suatu dimensi yang diberikan pada suatu variabel dengan memberikan makna atau menspesifikasikan kegiatan atau membenarkan suatu operasional yang di perlukan untuk mengukur variabel tersebut, Sugiyono (2014).

Ada dua macam variabel yaitu variabel terikat di tunjukkan oleh pengaruh pemberian pestisida nabati yang terbuat dari fermentasi daun binahong dan lidah buaya terhadap tanaman sawi hijau yang di serang hama dan variabel bebas yang di tunjukkan oleh pemberian kuantitas pestisida nabati.

Cara Membuat Definisi Operasional

Cara Membuat Definisi Operasional
Cara Membuat Definisi Operasional

Langkah-langkah dalam membuat definisi operasional yang baik dan benar. Bisa melihat bagian dari adanya variabel terikat, variabel luar, dan variabel bebas. Sistematikanya yaitu:

  1. Memastikan variabel-variabel yang diteliti

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan variabel apa saja yang diteliti. Peneliti juga harus menentukan kegunaan dari setiap variabel dan klasifikasinya, apakah termasuk variabel luar, variabel terikat maupun variabel bebas.

  1. Menemukan arti konseptual yang akurat pada setiap variabel

Arti konseptual dari setiap variabel dapat dicari pada penelitian terdahulu, buku maupun kamus. Atau bisa juga diformulasikan secara mandiri tapi harus tetap berlandaskan pada sumber-sumber terkait dan pengalaman yang ada di kepustakaan.

  1. Mengenali apa yang harus dilakukan ketika peneliti sedang mengukur variabel

Perlu kita ketahui bahwa dalam melakukan pengukuran pada variabel penelitian yang ada, kita terdapat berbagai macam metode yang bisa kita gunakan. Prihal ini misalnya bisa dengan observasi, komparasi, bertanya dan lain sebagainya.

  1. Menentukan metode yang paling baik untuk dilakukan

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menentukan metode yang paling baik untuk dilakukan saat mendeskripsikan/menggambarkan variabel. Dalam menentukan metode harus jelas sumbernya dan detail. Misalnya, apakah menggunakan metodeĀ  atau cara yang sudah ada seperti wawancara atau menggunakan cara baru.

  1. Mencatat dalam bentuk tabel atau narasi

Setidaknya, kita perlu mencatatnya dalam bentuk daftar tabel atau narasi. Dimana pada akhirnya penggunaan tabel seringkali dilakukan pada laporan skripsi ataupun tesis, sedangkan untuk bagian narasi digunakan pada publikasi ilmiah.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh definisi operasional dan cara membuatnya yang baik. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.