Contoh Artikel Preskriptif

Diposting pada

Contoh Artikel Preskriptif

Definisi artikel bisa dikatakan sebagai serangkaian proses dalam penulisan fakta atau bukti yang kemudian bersifat unik serta terintegrasi secara nyata dari pemikiran penulis melalui pengalaman yang telah dilakukan. Membahasan tentang artikel tentusaja tidak terlepas daripada artikel preskriptif.

Alasannya karena tujuan artikel preskriptif ini kerapkali ditemukan dalam pembalajasan Bahasa Indonesia yang bisa membahas tentang lingkungan, kesehatan, tutorial memasak, proses menanam tumbuhan, ataupun kegiatan yang dilakukan dalam keseharian.

Artikel Preskriptif

Artikel preskriptif adalah jenis artikel yang dibuat dalam upaya memberikan panduan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu kegiatan tertentu sehingga tidak diharpkan nanti mampu untuk mengalami kekeliruan atau kesalahan yang telah atau akan dilakukan orang lain.

Penulisan dalam konsep artikel preskriptif ini sangat mudah ditemukan dalam berbagai tutorial di website Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris dalam menjawab pertanyaan untuk cara atau how to.

Contoh Artikel Preskriptif

Upaya untuk memberikan penjelasan yang lebih memahamkan. Berikut ini ialah contoh kepenulisan dalam artikel preskriptif. Misanya saja;

Penulisan Artikel Preskriptif

Cara Transfer dari BCA ke Bank Mandiri

Peradaban manusia telah sampai pada masa modern. Abad 21 ini semuanya serba digital. Entah apa yang akan terjadi pada abad mendatang. Kehidupan masa depan jelas lebih maju dari semua sisi. Kecanggihan teknologi membuat semuanya serba praktis. Tak perlu lagi capek, antri, atau mengeluarkan usaha yang besar demi melakukan suatu hal. Seperti yang terjadi pada fenomena memindahkan uang.

Uang merupakan alat tukar yang bernilai, guna membeli barang keperluan, membayar tagihan, dan lain sebagainya. Manusia hidup di bumi kita ini tidak terlepas dari fungsi uang pada umumnya. Uang dapat diberikan dalam wujud tunai dan virtual. Seiring perkembangan jaman, orang lebih menyukai menggunakan uang dalam wujud virtual. Opini tersebut makin didukung dengan penolakan inflasi yang lajunya tak akan dapat terhenti.

Inflasi yang terjadi di Indonesia lajunya bagaikan derasnya aliran sungai. Hal tersebut tidak dapat dicegah namun lajunya dapat dikurangi. Dari yang awalnya deras seperti sungai di hulu, bisa dipangkas menjadi layaknya aliran air kran kamar mandi. Pengurangan laju inflasi dapat dilakukan dengan cara mengurangi peredaran uang yang berputar di masyarakat luas. Maka dari itu transfer uang baik sesama atau antar bank digalakkan demi mensukseskan kegiatan ini.

Meski demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal sistem transfer. Transfer adalah pemindahbukuan saldo rekening dari asalnya ke nomor tujuan. Perbankan adalah perusahaan keuangan yang mempelopori kegiatan transfer uang tersebut. Kita ambil contoh ada dua perusahaan perbankan yang bergerak di Indonesia, yaitu BCA (Bank Central Asia) dan Bank Mandiri.

Cara transfernya bisa dilakukan melalui kantor cabang terdekat, mesin ATM, dan mobile banking. Kalau ke kantor, kita perlu antri, sangat-sangat tidak efektif. Apabila melalui aplikasi mobile banking, bisa dikatakan hal ini belum dapat diterima masyarakat secara luas. Maka dari itu cara yang paling sederhana adalah melalui mesin ATM.

Bagaimana caranya mentransfer uang dari BCA ke Bank Mandiri dari mesin ATM? Simak artikel sebagai berikut.

  1. Masukan Kartu ATM ke Mesinnya

Mesin ATM bisa ditemukan di sudut-sudut Kota. Hampir semua tempat umum sudah dilengkapi dengan mesin ATM. Mengapa demikian? karena mengingat kebutuhan pemakainya makin hari kian bertambah. Memasukan kartu ATM sebaiknya dilakukan perlahan-lahan agar tidak merusak chip pada kartu. Chip tersebut sebagai pemindai saat mesin ATM membaca kartu Anda. Pemindaian yang gagal banyak ditemukan dari rusaknya chip tersebut.

  1. Masukan PIN ATM Anda

PIN yang dimaksud disini adalah semacam password agar Anda mampu melakukan transaksi melalui mesin ATM. Dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, PIN atau password bisa dikatakan sebagai kata sandi. Meskipun dinamakan kata sandi, tapi bentuknya adalah angka yang berisi 6 digit. Jangan sampai salah mencantumkan PIN, karena jika terjadi 3 kali berturut-turut, kartu ATM Anda akan terblokir dan sangat amat merepotkan.

  1. Pilih Menu Transfer

Transfer umumnya dibagi menjadi 2, yaitu antar bank dan sesama. Karena yang hendak dicontohkan adalah transfer dari BCA ke Bank Mandiri, maka pilih opsi transfer antar bank. Mesin ATM akan otomatis memunculkan nama-nama Bank yang hendak ditransfer. Lalu pilih Bank Mandiri yang dilanjutkan dengan memasukan kodenya. Kode Bank Mandiri dalam melakukan transaksi adalah 008.

Setelah itu masukan nomor rekening tujuan. Oh iya perlu diingat, bahwa setiap Bank memiliki kebijakan tersendiri dalam potongan yang dibebankan setiap kali melakukan transfer antar Bank. Potongan tersebut bisa dikatakan sebagai biaya jasa, namun sebenarnya itu adalah biaya administrasi. Jika sudah memasukan nomor rekening, maka cantumkan nominal yang hendak dikirimkan.

Pastikan nominal tersebut benar agar Anda sebagai si pengirim tidak dirugikan dari segi financial. Lalu apabila tahap-tahap tersebut selesai, mesin ATM akan otomatis memunculkan konfirmasi agar benar-benar tidak ditemukan kesalahan sedikitpun. Apabila sama sekali tidak terdeteksi adanya kesalahan, kemudian klik OK. Uang sudah berpindah dari rekening BCA ke Bank Mandiri. Simpel bukan? Pakai cara-cara di atas jika masih belum paham sepenuhnya.

Dari contoh yang telah disebutkan tersebut. Setidaknya perlu diketahui bahwa dalam penulisan artikel preskriptif terdapat 4 dimensi yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu :

  1. Ukuran hasil pemikiran pada suatu objek tulisan haruslah dijalankan berdasarkan investigasi, yang bisa berupa hasil penelitian atau pengalaman yang telah dilakukan.
  2. Dimensi bahasa yang ditulis berfungsi sebagai alat untuk menyajikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk kesatuan makna dan spidol eksplisit untuk hubungan kesatuan makna.
  3. Dimensi sistematis, artinya artikel preskriptif disusun sebagai ciri yang membedakan antara bentuk tertulis dari artikel dan bentuk tertulis lainnya
  4. Ukuran kaidah, font yang harus diikuti merupakan hal yang universal (umum)

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh artikel preskriptif yang menjelaskan tentang langkah untuk melakukan kegiatan keuangan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *