Tujuan Artikel Ilmiah dan Manfaat Lengkapnya

Diposting pada

Tujuan Penulisan Artikel Ilmiah

Pada era sekarang telah banyak tulisan fiksi maupun non-fiksi yang sudah merambah ke berbagai media, serta pembacanya pun sudah begitu luas. Adapun pada saat ini, yang paling digemari oleh khalayak ramai adalah tulisan non-fiksi popular yang mana biasa disebut sebagai artikel.

Tulisan dalam kategori jenis artikel ilmiah tersebut biasanya memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan dan pendapat seseorang dengan berdasarkan teknik analisis data, landasan teori, dan fakta yang mana tulisan tersebut tak selalu terbaru atau up to date.

Artikel

Pengertian artikel adalah jenis karya tulis ilmiah yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku. Kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara yang ilmiah dan mengikuti pedoman yang telah disepakati atau ditetapkan secara legalitas di mata hukum.

Dalam keadahnya artikel ilmiah dapat diangkat dari berbagai hasil penelitian, baik hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, maupun hasil pengembangan projek dari berbagai disiplin ilmu pengetuan. Misalnya dalam disiplin ilmu pendidikan, sosial, eksata, pertanian, dan lain sebaginya.

Adapun secara umum dalam KBBI, definisi artikel merupakan sebuah karya tulis secara lengkap, contohnya seperti essai yang terdapat didalam majalah atau laporan berita, surat kabar, dan lain sebagainya.

Tujuan Artikel

Adapun tujuan dari proses pembuatan artikel secara umum, antara lain adalah sebagai berikut;

Memberikan Bahasan Pokok Permasalahan

Fungsi pembuatan dalam artikel ilmiah ialah untuk mendeskripsikan tentang cara menguraikan atau membahas pokok permasalah yang telah ditentukan dan diteliti, melalui metode pengumpulan data tertentu dengan analisis yang akan dilakukan.

Contoh tujuan dalam proses ini misalnya saja adanya artikel yang menjelaskan tentang proses terjadinya Pilpres di Indonesia. Kajian tulisan dibuat dengan kumpulan metode penelitian kualitatif yang bisa mencari sumber data dari jumlah orang yang memilih, golput, serta jumlah masyarakat yang memilih dengan keterwakilan seperti yang ada di Papua.

Memberikan Deskripsi

Tujuan pembuatan dalam artikel ilmiah selanjutnya dilakukan agar dapat mendeskripsikan pembatasan ruang lingkup artikel tersebut secara luas sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh setiap pembaca. Proses ini memang cukup silit, lantaran harus menggabungkan antara opini, vaiable, serta landasan teori yang dipergunakan.

Contoh dalam proses pendekripian dalam artikel ilmiah ini misalnya saja ialah penjelasan tulisan terkait dengan mahalnya tiket pesawat di Indonesia. Yang dikaji dengan berdasarkan harga, alasan tingginya harga, dan pendapat masyarakat.

Runtutan dalam penjabaran deskripsi tersebut bisa dibuat sebagai berikut;

  1. Pendahuluan; menjelaskan tentang tingginya harga tiket pesawat dan pendapat masyarakat
  2. Bahasan; memberikan analisis terkait dengan dominasi maskapai di Indonesia yang hanya dimiliki oleh dua perusahaan ternama yakni Lion Group dan Garuda Indonesia. Sehingga persaingan harga tidak terjadi disini
  3. Kesimpulan; memberikan kesimpulan dari analisis data serta memberikan saran untuk mengundang investor dari maskapai lain agar mau membuka jasa penerbangannya di Indonesia

Manfaat Artikel

Adapun kegunaan yang diperoleh dari proses pembuatan artikel ilmiah, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta serta pemikiran yang kreatif.
  2. Memberikan dorongan untuk mampu berpikir secara sistematis, berbahasa secara tertib serta teratur.
  3. Memahami tujuan menulis, agar mampu menguasai kompetensi dalam setiap tulis yang dibuat.
  4. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah maupun karya tulis ilmiah.
  5. Memberi dampak akademis atau pembelajaran bagi pembaca yang mencari referensi tulisan

Syarat-Syarat Artikel Ilmiah Yang Baik

Adapun menjadi prasyarat dalam penulisan artikel yang benar, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bahasa yang digunakan di dalam menulis artikel disesuaikan dengan model artikel, baik artikel populer, artikel ilmiah, dan artikel ilmiah populer.
  2. Tulisan yang dibuat haruslah orisinil atau asli, bukan merupakan jiplakan dari karya ilmiah orang lain yang dikenal pula dengan plagiarisme
  3. Topik tulisan artikel yang dibuat setidaknya bersifat respons dari sebuah peristiwa yang terjadi.
  4. Ide artikel adalah murni dari ide si penulis dan mengambil sebagian dari referensi, baik studi pustaka, dari buku, dari internet, dan lain sebaginya.
  5. Penulisan artikel tidak selalu terikat oleh waktu, bentuk berita, gaya bahasa, dan  teknik penulisan lainnya.
  6. Aktualitas, gaya penulisan, serta panjang dan pendeknya artikel harus diperhitungkan yaitu antara 700 kata sampai dengan batas maksimal kategori artikel ilmiah adalah 1.200 kata.

Nah, demikianlah penjelasan serta pengulasan secara lengkap terkait dengan tujuan dan manfaat artikel ilmiah secara umum. Semoga melalui materi ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *