Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Syarat, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Pengertian Artikel Adalah

Kata artikel dapat digunakan untuk merujuk pada komposisi tertulis singkat yang sering ditemukan di antara komposisi lain yang biasanya termasuk dalam publikasi yang berbeda (mis. Koran, majalah, online, dan lain-lain). Artikel dapat membahas tentang berbagai topik, tergantung pada penulis, dan biasanya ditujukan untuk audiens target. Artikel yang termasuk dalam publikasi biasanya berisi informasi tentang masalah terkini atau peristiwa yang terjadi di sekitar area penulis.

Penulis menyajikan informasi dalam berbagai cara, seperti dalam bentuk penulisan yang informatif, atau argumentatif. Dasar informasi yang ditulis pada artikel dapat bervariasi. Fakta-fakta tersebut dapat dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti laporan saksi mata, wawancara satu lawan satu, sumber online, dan lain-lain. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang artikel, tulisan ini akan mengulas tentang pengertian artikel, jenis, ciri, syarat, dan cara menulisnya.

Artikel

Artikel merupakan tulisan yang ditulis untuk khalayak luas. Motif utama di balik penulisan artikel adalah bahwa artikel itu harus dipublikasikan di koran atau majalah atau jurnal. Topik yang ditulis dalam artikel mungkin adalah topik yang menarik bagi penulis atau mungkin terkait dengan beberapa masalah yang sedang hangat diperbincangkan.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa artikel ditulis dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memunculkan topik atau masalah yang menarik di pusat perhatian
  2. Memberikan informasi tentang topik yang dipilih
  3. Menawarkan saran dan saran
  4. Memengaruhi pembaca dan mendorong mereka untuk berpikir
  5. Artikel membahas berbagai cerita, orang, lokasi, masalah yang muncul, dan perkembangan teknis

Sebuah artikel harus disusun dengan cara yang tepat untuk menarik perhatian pembaca. Garis besar dasar untuk format penulisan artikel meliputi:

  1. Tajuk/Judul, Baris yang berisi nama penulis
  2. Tubuh artikel (bagian utama artikel, 2 – 3 paragraf)
  3. Kesimpulan (Mengakhiri paragraf artikel dengan opini atau rekomendasi, antisipasi atau banding)

Pengertian Artikel

Secara sederhana artikel merupakan salah satu bentuk karya tertulis yang diterbitkan di media cetak atau elektronik. Mungkin untuk tujuan menyebarkan berita, hasil penelitian, analisis akademis, atau debat.

Artikel didefinisikan sebagai suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi tentang gagasan atau fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya).

Artikel juga dapat didefinisikan sebagai suatu karangan berupa esai yang berisi tentang ide-ide atau fakta-fakta secara objektif, yang bertujuan untuk meyakinkan, membujuk, dan menghibur pembacanya.

Artikel menyampaikan informasi secara efektif, seperti komposisi penulisan persuasif lainnya. Penulisan artikel mengharuskan penulis untuk mengumpulkan informasi yang akurat dari sumber informasi yang dapat dipercaya.

Pada dasarnya, penulisan artikel membantu penulis mengembangkan keterampilan menulis dan mengumpulkan data-yang pada gilirannya mengembangkan keterampilan komunikasinya. Pada akhirnya, menulis artikel, atau menulis secara umum, membantu meningkatkan keterampilan komunikasi individu secara umum.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Adapun definisi artikel menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Sumandiria

Pengertian artikel adalah sebuah tulisan lepas yang berisi tentang opini ataupun pendapat seseorang yang mengulas tuntas terkait suatu masalah yang bersifat aktual dan umumnya kontroversial yang tujuannya memberitahu, mempengaruhi, menghibur dan juga meyakinkan para pembacanya.

Al-‘Aqli

Definisi artikel adalah sebuah tulisan ditulis dari masing-masing disiplin ilmu serta setiap pembahasannya dikaji maupun di selesaikan secara tuntas, jelas dan lugas sehingga pembacanya bisa mengambil inti sari karangan yang ditulis tersebut.

Rillan E. Wolseley

Makna artikel adalah karangan tertulis dengan panjang tak tentu yang tujuannya untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan meyakinaan, mendidik, ataupun menghibur.

Andi Baso Mappatoto

Arti artikel adalah karya tulis lengkap, kemudian tulisan nonfiksi, maupun karangan tertulis yang memiliki panjang tak tentu.

Ensiklopedia Pers Indonesia

Pengertian artikel adalah karangan prosa pada media massa yang didalamnya membahas tentang pokok masalah dengan lugas.

The America Heritage Desk Dictionary

Definisi artikel adalah bagian tulisan nonfiksi berbentuk bebas, yang termasuk bagian dari penerbitan misalnya laporan esai.

Longman Pitman Office Dictionary

Artikel adalah suatu tulisan prosa nonfiksi, dengan bentuk biasa, yang merupakan bagian bebas dari majalah, koran, atau media cetak lainnya.

Webster’s Collegiate Thesaurus

Pengertian artikel adalah serangkaian kumpulan karangan, catatan, menifes, kritik, reportase, putusan, survey, dan pelajaran.

Webster’s New World Dictionary

Pengertian artikel adalah tulisan nonfiksi, umumnya singkat dan lengkap contohnya berita karangan khas pada surat kabar ataupun majalah.

Penguin English Student Dictionary

Definisi artikel adalah suatu tulisan yang ditulis dengan tujuan dipublikasikan didalam surat kabar ataupun majalah.

Jenis Artikel

Berdasarkan pada isinya, artikel dapat dibedakan menjadi lima macam, antara lain adalah sebagai berikut:

Artikel Narasi

Artikel narasi berisi tentang runtutan dan cerita dari suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dengan jelas dan opularve, bisa juga berupa karya narasi fiksi.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi berisi tentang gambaran mengenai objek atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data dan fakta ilmiah sebagai alasan atau buktinya.

Artikel Persuasi

Artikel persuasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu baik berupa ajakan atau himbauan terhadap sebuah teori.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi berisi tentang uraian atau penjelasan tentang suatu opul dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.

Ciri-Ciri Artikel

Artikel memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan bentuk karya tulis lainnya, antara lain:

Isi artikel bersifat aktual

Isi artikel harus bersifat aktual atau dengan kata lain, isinya harus berdasarkan pada fakta. Jadi, artikel harus berdasarkan pada sumber yang terpercaya, sehingga dapat kita pertanggungjawabka kepada khalayak umum.

Metode penulisan bersifat tepat dan sistematis

Artinya tulisan yang disusun dengan metode tersebut bisa diterima oleh masyarakat dengan mudah, sehingga informasi pun bisa tersampaikan kepada pembaca.

Bersifat informatif

Artikel harus bersifat informati. Oleh sebab itu artikel harus bersifat aktual dan sumber yang diperoleh haruslah berasal dari referensi yang terpercaya.

Bahasa yang digunakan bersifat formal

Artikel harus menggunakan bahasa yang formal karena konsumen artikel adalah masyarakat umum, sehingga harus menggunakan bahasa baku.

Artikel mengundang opini

Penulisan artikel harus didasarkan pada data atau sumber yang akurat atau dapat dipertanggungjawabkan, tapi artikel juga dapat dikolaborasikan dengan hasil pemikiran penulis.

Kalimat lugas, logis, opularve, dan efektif

Karakteristik yang ada dalam tulisan artikel haruslah logis dan efektif sehingga keadaan ini merupakan unsur utama pada sebuah artikel.

Syarat Artikel

Syarat-syarat dalam penulisan artikel diantaranya yaitu sebagai berikut;

  1. Bahasa yang digunakan dalam artikel disesuaikan dengan model artikel: popular, ilmiah, dan ilmiah popular.
  2. Tulisan harus orisinal bukan jiplakan dari karya orang lain.
  3. Topik tulisan bersifat respons dari sebuah peristiwa.
  4. Ide artikel adalah murni dari ide penulis dan mengambil sebagian dari sumber  referensi: studi pustaka, buku, dan lain sebaginya.
  5. Penulisan artikel tidak terikat oleh waktu, bentuk berita, gaya bahasa, dan  teknik penulisan lainnya.
  6. Aktualitas

Cara Menuliskan Artikel

Berikut ini serangkaian kumpulan terhadap langkah-langkah dalam menulis artikel yang bagus, antara lain:

Pikirkan topik yang ingin Anda tulis di artikel Anda

Menulis tentang topik yang relevan dengan minat Anda selalu merupakan awal yang baik, dan membuat artikel lebih akurat. Tulis tentang sesuatu yang menginspirasi Anda, atau yang ingin Anda lakukan.

Selalu ingat tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang tepat

Hal-hal mekanis seperti tata bahasa, tanda baca, dan ejaaan sangat penting untuk diperhatikan ketika menulis artikel yang akan dibaca orang.

Gunakan diksi yang lebih tinggi

Diksi yang meningkat berarti, secara sederhana, “kata-kata besar”. Memamerkan kosakata luas dapat diterima di sebagian besar artikel dan topik.

Gunakan istilah deskriptif untuk menjelaskan pada pembaca

Gunakan istilah deskriptif dan frasa untuk menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang Anda perintahkan untuk dilakukan. Pembaca Anda tidak dapat membaca pikiran Anda, jadi ketika Anda mengatakan, “letakkan benda itu di kotak logam yang panas” mereka tidak tahu apa yang Anda maksud. Alih-alih, katakan, “letakkan roti dengan hati-hati di dalam pemanggang” atau sesuatu untuk efek itu.

Jangan menulis artikel jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan

Menulis artikel tentang sesuatu yang sama sekali tidak Anda kenal adalah sia-sia. Mengapa Anda memberi tahu seseorang cara memecahkan kubus Rubik jika Anda bahkan tidak tahu apa itu? Demikian juga, jangan menulis artikel tentang cara merenda model menara Eiffel jika Anda tidak tahu cara mengikat sepatu Anda.

Jaga pendapat pribadi

Jangan membuat artikel tentang seberapa besar Anda membenci kucing, atau kepribadian seperti apa yang tidak Anda tidak sukai. Buatlah artikel pengajaran yang jujur ​​tentang cara menyelesaikan tugas.

Buat pengantar/pendahuluan singkat dan to the point

Less is more- tidak ada yang akan membaca pengantar jika lebih panjang dari isinya, jadi tetap buatlah bagian pengantar seminimal mungkin. Beri tahu pembaca tentang topik apa yang dicakup artikel tersebut, dan selesaikanlah. Usahan tidak lebih dari lima kalimat.

Selain itu, perlu diingat pula beberapa poin yang harus diperhatikan untuk format penulisan artikel:

  1. Topik artikel harus unik dan relevan
  2. Artikel itu harus bisa mendapat perhatian
  3. Itu harus menarik
  4. Itu harus mudah dibaca
  5. Identifikasi pembaca (siapa yang akan membaca artikel Anda)
  6. Temukan tujuan utama menulis artikel. Tujuannya bisa apa saja dari memberikan informasi, hiburan, dan saran atau untuk membandingkan, dan lain-lain.
  7. Judulnya harus menarik dan jelas
  8. Pendahuluan atau paragraf awal harus bisa menarik perhatian pembaca. Gunakan keterampilan kosa kata Anda atau coba gunakan beberapa kata interogatif untuk memulai
  9. Gunakan pernyataan yang jelas dan buat pernyataan
  10. Hindari pengulangan dan lebih dari logika dan alasan
  11. Gunakan gaya penulisan paragraf dan tulis konten secara unik dan tidak ambigu
  12. Hindari menggunakan poin yang hanya menarik minat Anda dan bukan untuk masyarakat umum
  13. Tulis akhir yang bagus dan logis

Demikianlah serangkaian materi yang memberikan penjelasan serta pengulasan secara lengkap terkait dengan pengertian artikel menurut para ahli, jenis, ciri, syarat, contoh, dan cara menulisnya. Semoga memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  1. 10+ Article Writing Examples & Samples – DOC, PDF dari https://www.examples.com/education/article-writing.html
  2. How to Create a Good Article dari https://www.wikihow.com/Create-a-Good-Article
  3. Steps of Article Writing dari https://www.toppr.com/guides/business-correspondence-and-reporting/article-writing/steps-of-article-writing/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *