Tujuan Tinjauan Pustaka Proposal Penelitian

Diposting pada

Tujuan Tinjauan Pustaka Penelitian

Tinjauan pustaka proposal penelitian karapkali disebut dengan tinjauan literature/referensi yang dipergunakan sebagai penguat dari beragam kajian-kajian tentang topik penelitian yang dilakukan, baik tentang pendidikan, budaya, sosial, dan lainya. Tulisan mengenai  tinjauan kepustakaan ini tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan sebab disini akan dilihat dari beragam sudut pandang pendapat para ahli melalui landasan teori.

Bahkan dalam berbagai kajian tinjauan pustaka ini memiliki banyak manfaat, serta tujuan yang jelas salah satu diantaranya dipergunakan untuk menuliskan hasil penelitian atas penelitian terdahulu dari para pakar yang fokus dalam bidang ilmuanya. Oleh sebab itulah artikel ini menuliskan tentang kegunaan dan tujuan penulisan tinjauan pustaka.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah serangkaian kumpulan ringkasan komprehensif dari riset sebelumnya tentang suatu topik literatur dengan meninjau survei artikel ilmiah, buku, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan bidang penelitian tertentu.

Dalam kadiah ini, tinjauan tersebut wajiblah untuk menyebutkan, menjelaskan, merangkum, mengevaluasi secara objektif, dan memperjelas penelitian sebelumnya. Itu harus memberikan dasar teoritis untuk penelitian dan membantu Anda (penulis) menentukan sifat penelitian Anda.

Tinjauan pustaka mengakui karya tulis ilmiah para peneliti sebelumnya, dan dengan demikian, meyakinkan pembaca bahwa karya Anda telah dipahami dengan baik. Diasumsikan bahwa dengan menyebutkan karya sebelumnya di bidang studi, bahwa penulis telah membaca, mengevaluasi, dan mengasimiliasikan pekerjaan itu ke dalam pekerjaan yang ada.

Tujuan Tinjauan Pustaka

Adapun untuk proses penyusnan tinjauan kepustakaan yang dibuat oleh seseorang sejatnya memiliki berbagai maksud yang utama. Diantaranya;

  1. Mensurvei literatur pada bidang studi pilihan Anda
  2. Mensintesis informasi dalam literature itu menjadi ringkasan
  3. Secara kritis menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan saat ini; dengan menunjukkan keterbatasan teori dan sudut pandang; dan dengan merumuskan penelitian lebih lanjut dan meninjau bidang kontroversi
  4. Menyajikan literatur yang disusun secara terorganisir
  5. Tinjauan pustaka menunjukkan kepada pembaca bahwa anda memiliki pemahaman mendalam tentang subjek Anda; dan bahwa Anda memahami di mana penelitian Anda cocok dan menambah bidang  pengetahuan yang telah ada sebelumnya

Kegunaan Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka memiliki beberapa manfaat yang ada dalam proses penulisan yang dilakukan, diantaranya yaitu sebagai berikut;

Menguraikan Varible Penelitian

Dalam proses penulisan di dalam penguraian variabel penelitian terlihat jelas bahwa si peneliti haruslah memperhitungkan tujuan studi agar penelitian dapat dicapai. Hal ini dapat dilakukan jikalau seseorang mampu memberikan garis besar pemisah antara variable bebas dan variable terikat.

Menunjukan Varible yang Relevan

Kegunaan dalam proses penulisan tinjauan pustaka  penelitian sejatinya dilakukan untuk memberikan batasan kepada penelitian. Proses ini bisa dijalankan ketika adanya pejelasan antara variabel yang relevan dan yang tidak relevan.

Memberikan Acuan Penelitian

Manfaat lainnya yang ada di dalam proses penulisan tinjauan kepustaaan ini ialah menjadi acuan (pedoman) bagi peneliti dalam mengartikan data (analisis data dan teknik pengumpulan data) yang disatukan di dalam proses penelitian yang akan dijalankan.

Menjadi Dasar Pemikiran

Proses pembuatan tinjauan pustaka selanjutnya dilakukan untuk dapat memberikan dasar pemikiran atau alasan pada peneliti untuk menyimpulkan hasil penelitian sesuai dengan tujuan (objektif) dari penelitian yang akan/telah direncanakan.

Dari penjelasan diatas sangatlah lugas jikalau tinjauan pustaka menunjukkan sumber-sumber sekunder yang relevan dengan bidang penelitian Anda dan bertujuan untuk memberikan evaluasi kritis dan ringkasan dari pertanyaan penelitian Anda.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa alasan mengapa tinjauan pustaka penting dalam penulisan akademis:

Menunjukkan Seberapa Baik Penguasaan Bidang yang akan Dikaji

Saat melakukan tinjauan, Anda menganalisis sumber yang Anda gunakan, memeriksa semua konsep sentral yang dibahas di dalamnya, dan mengevaluasi relevansinya dengan pertanyaan penelitian Anda. Pendekatan kritis dan eksplorasi serta pemetaan lapangan yang menyeluruh juga diperlukan untuk menghasilkan tinjauan yang mendalam.

Dengan demikian, tinjauan pusatak Anda menunjukkan seberapa baik Anda mengetahui bidang tersebut dan seberapa waspada Anda telah melakukan pekerjaan Anda. Akibatnya, pembaca akan menganggap serius esai atau disertasi Anda sejak awal.

Membantu Memposisikan Penelitian dalam Bidang Tersebut

Menulis tinjauan pustaka mengharuskan Anda menggali lebih dalam pada pertanyaan dan konsep yang dihadapi pendahulu Anda dan argumen serta klaim yang mereka tetapkan. Anda juga harus memeriksa kesenjangan yang ada dan menempatkan pertanyaan Anda dalam konteks yang lebih luas.

Tinjauan ini juga memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan intelektual dan semua perdebatan utama di bidang studi Anda. Sebagai hasilnya, Anda akan dapat menentukan bagaimana Anda berkontribusi pada bidang tersebut.

Memberikan Alasan untuk Penelitian

Tinjauan pustaka yang ditulis dengan benar adalah juru bicara terbaik untuk pekerjaan Anda. Anda berani melakukan penelitian karena Anda ingin berkontribusi pada bidang yang ada dan mengisi kekosongan tertentu yang tidak dapat dilakukan pendahulu Anda.

Tinjauan pustaka membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan seperti itu, sehingga membenarkan pertanyaan penelitian dan penyelidikan Anda.

Membantu Menghindari Plagiarisme yang Tidak Disengaja

Baik itu makalah ilmiah atau tesis doktoral, penting untuk menghindari plagiarisme dalam bentuk apa pun. Terkadang para sarjana menulis makalah atau esai hanya untuk menyadari bahwa argumen utama mereka sudah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain.

Analisis komprehensif literatur yang relevan dengan topik Anda memastikan bahwa Anda tahu apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan dipublikasikan pada bidang penelitian Anda dan bidang yang terkait. Ulasan ini membantu Anda tidak hanya untuk melindungi diri dari tuduhan plagiarisme, tetapi juga menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya Anda.

Membantu Mengembangkan Kerangka Teori

Memiliki kerangka teori sangat penting, terutama ketika Anda menulis disertasi doktoral; sama pentingnya adalah memiliki metodologi yang tepat. Kerangka kerja teoretis dan metodologis Anda sangat bergantung pada apa yang telah Anda lakukan di lapangan sejauh ini. Tinjauan pustaka membantu Anda dalam kedua hal ini.

Memberikan Dukungan untuk Penelitian

Tinjauan literatur yang Anda lakukan sebagai bagian dari disertasi atau esai ilmiah Anda berfungsi sebagai bukti pendukung untuk argumen dan klaim Anda. Ini adalah preseden otentik untuk argumen dan tesis Anda, dan juga bertindak sebagai latar belakang yang kuat untuk penyelidikan Anda.

Ulasan yang komprehensif, dengan kata lain, adalah batu loncatan yang dapat digunakan oleh penulisan ilmiah Anda untuk mendorong tulisan tersebut masuk  ke dalam bidang studi yang Anda pilih.

Membantu Memilih Sumber dengan Bijak

Tinjauan pustaka juga penting karena membantu Anda menyaring sejumlah besar sumber dan membidik sumber-sumber yang paling relevan dengan penyelidikan Anda. Sebagai bagian dari penulisan tinjauan, Anda memeriksa semua sumber sekunder yang mungkin, mengevaluasi relevansinya, menganalisis argumen yang terdapat di dalamnya pada tahap awal penelitian Anda.

Ini memberi Anda cengkeraman yang baik pada sumber kajian, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang menjadi fokus dan mana yang akan dibuang. Tinjauan pustaka, dengan demikian, bukan hanya persyaratan formal untuk menulis esai ilmiah atau disertasi doktoral. Di sisi lain, itu adalah bagian integral dari segala bentuk penulisan ilmiah.

Nah, demikianlah serangkaian tulisan serta penjelasan kepada segenap pembaca terkait dengan tujuan-tinjuan pustaka penelitian dan kegunannya. Semoga melalui materi ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *