Pengertian Riset Pasar, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Riset Pasar Adalah

Riset pasar diartikan sebagai proses mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru. Sehingga melalui riset yang dilakukan ini secara langsung berpengaruh dengan calon konsumen. Riset pasar memberikan kemungkinkan bagi organisasi atau bisnis dalam menemukan target pasar mereka agar dapat membuat keputusan yang tepat. Riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan yang dapat pula untuk dialihdayakan ke lembaga yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Riset tersebut dapat dilakukan melalui bermacam-macam cara seperti penyebaran kuisioner, wawancara, dan lain-lain, yang pada dasarnya tujuan utamanya adalah untuk memahami atau memeriksa pasar yang terkait dengan produk atau layanan tertentu, untuk memutuskan bagaimana audiens akan bereaksi terhadap suatu produk atau layanan.

Riset Pasar

Riset pasar adalah alat yang efektif untuk membantu perencanaan bisnis. Penjelasan ini tentusaja mengindiasikan bahwa riset pasar adalah tentang mengumpulkan informasi yang memberikan wawasan tentang pemikiran pelanggan, pola pembelian, dan lokasi. Selain itu, riset pasar juga dapat membantu kita memantau tren pasar dan mengawasi apa yang dilakukan pesaing kita.

Meskipun riset pasar mulai dikonseptualisasikan dan dipraktikkan secara formal selama tahun 1930-an sebagai cabang dari ledakan periklanan Zaman Keemasan radio di Amerika Serikat, hal ini didasarkan pada karya tahun 1920-an oleh Daniel Starch.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar adalah proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan langsung dengan pelanggan potensial. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk menemukan pasar sasaran dan mendapatkan pendapat serta umpan balik lainnya dari konsumen tentang minat mereka pada produk atau layanan.

Jenis metode penelitian ini dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, atau oleh perusahaan pihak ketiga yang mengkhususkan diri dalam penelitian pasar. Ini dapat dilakukan melalui survei, pengujian produk, dan kelompok fokus.

Subjek uji biasanya diberi kompensasi dengan sampel produk dan dibayar sedikit untuk waktu mereka. Riset pasar adalah komponen penting dalam penelitian dan pengembangan (R&D) produk atau layanan baru.

Pengertian Riset Pasar Menurut Para Ahli

Adapun definisi riset pasar menurut para ahli, antara lain:

  1. Philip Kotler

Riset pemasaran adalah sebagai serangkaian bentuk perancangan, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

Jenis Riset Pasar

Berikut ini macam-macam bentuk riset pasar yang tergantung pada metode dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan riset, diantaranya yaitu:

  1. Riset Pasar Primer (Kombinasi dari Riset Kualitatif dan Kuantitatif)

Riset pasar primer merupakan riset yang dilakukan oleh suatu organisasi atau bisnis melalui hubungan secara langsung dengan konsumen akhir atau bisa juga dilakukan dengan cara mempekerjakan pihak ketiga untuk melakukan riset yang relevan untuk melakukan pengumpulan data, yang bisa berupa data kualitatif atau data kuantitatif.

Saat melakukan riset pasar primer, seseorang dapat mengumpulkan dua jenis informasi. Yakni eksplorasi dan Spesifik (khusus). Penelitian eksplorasi bersifat terbuka, di mana suatu masalah dieksplorasi dengan mengajukan pertanyaan terbuka dalam format wawancara terperinci biasanya dengan sekelompok kecil orang yang juga dikenal sebagai sampel. Ukuran teknik pengambilan sampel biasanya dibatasi hanya 6 sampai dengan 10 orang.

Penelitian khusus, di sisi lain, lebih tepat dan digunakan untuk memecahkan masalah yang diidentifikasi oleh penelitian eksplorasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, riset pasar primer merupakan kombinasi dari penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

Riset pasar yang bersifat kualitatif melibatkan data yang semi-terstruktur atau tidak terstruktur yang dapat diperoleh melalui metode-metode penelitian kualitatif seperti:

  1. Kelompok Fokus

Kelompok fokus dapat dilakukan pada sekelompok kecil orang, yaitu sekutar 6 sampai dengan 10 orang yang biasanya menanggapi survei online yang dikirimkan kepada mereka.

Bagian terbaik dari kelompok fokus adalah informasi dapat dikumpulkan dari jarak jauh, dapat dilakukan tanpa berinteraksi secara pribadi dengan anggota grup, tapi ini merupakan metode yang mahal sebab dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi yang kompleks. 

  1. Wawancara one-to-one

Sesuai dengan namanya metode ini melibatkan interaksi personal dalam bentuk wawancara, dimana peneliti mengajukan serangkaian pertanyaan untuk mengumpulkan informasi atau data dari responden.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagian besar merupakan pertanyaan terbuka dan diajukan dengan cara memfasilitasi tanggapan. Metode ini sangat bergantung pada kemampuan dan pengalaman pewawancara untuk mengajukan pertanyaan yang menimbulkan tanggapan.

  1. Penelitian etnografi

Penelitian etnografi merupakan jenis penelitian yang dilakukan di lingkungan alami responden. Metode ini mengharuskan pewawancara menyesuaikan diri dengan lingkungan alam responden yang bisa berada di kota atau desa terpencil.

Akan tetapi, justru faktor itulah yang dapat menjadi penghambat yaitu kendala geografis. Ciri khusus dalam penelitian etnografi bisa berlangsung beberapa hari hingga beberapa tahun.

Adapun studi riset pasar yang bersifat kuantitatif biasanya digunakan oleh organisasi untuk melakukan penelitian pasar terstruktur dengan menggunakan survei online, kuesioner dan jajak pendapat untuk mendapatkan wawasan statistik untuk membuat keputusan yang tepat.

Jika dulu survei dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, kini telah berkembang menjadi survei online terstruktur kepada responden untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Peneliti cenderung menggunakan platform survei modern dan berorientasi teknologi untuk menyusun dan merancang survei mereka guna membangkitkan respons maksimal dari responden.

Melalui mekanisme yang terstruktur dengan baik, data dengan mudah dikumpulkan dan dilaporkan dan tindakan yang diperlukan dapat diambil dengan semua informasi yang tersedia secara langsung.

  1. Riset Pasar Sekunder

Riset sekunder menggunakan informasi yang dikelola oleh sumber luar seperti instansi pemerintah, media, kamar dagang, dan lain-lain. Informasi ini dipublikasikan di surat kabar, majalah, buku, situs web perusahaan, pemerintah, lembaga nonpemerintah, dan sebagainya. Sumber sekunder yang dapat dimanfaatkan, antara lain:

  1. Sumber publik

Sumber publik seperti perpustakaan adalah cara yang luar biasa untuk mengumpulkan informasi gratis. Biasanya, perpustakaan pemerintah memberikan penawaran layanan gratis, sehingga peneliti bisa mendokumentasikan informasi yang tersedia.

  1. Sumber komersial

Meskipun sumber komersial memang bisa diandalkan, tapi biasanya harganya mahal. Contoh sumber komersial seperti koran lokal, majalah, jurnal internasional, media televisi, dapat menjadi sumber komersial yang baik untuk mengumpulkan informasi.

  1. Institusi Pendidikan

Meskipun bukan sumber pengumpulan informasi yang populer, kebanyakan universitas dan institusi pendidikan merupakan sumber informasi yang kaya karena banyak proyek penelitian dilakukan di sana daripada sektor bisnis manapun.

Tujuan Riset Pasar

Tujuan dari riset pasar adalah untuk melihat pasar yang terkait dengan barang atau jasa tertentu untuk memastikan bagaimana calon konsumen akan menerimanya. Hal ini dapat mencakup pengumpulan informasi untuk tujuan segmentasi pasar dan diferensiasi produk, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan upaya periklanan atau menentukan fitur mana yang dipandang sebagai prioritas konsumen.

Terlebih lagi, saat ini perekonomian semakin kompetitif, sehingga menjadi hal yang penting bagi pebisnis untuk mengetahui dan memahami preferensi konsumen mereka. Melakukan penelitian adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan, bahkan meningkatkan bisnis itu sendiri.

Berikut adalah alasan mengapa riset pasar penting dan tidak boleh diabaikan:

  1. Akan senantiasa memberikan informasi dan peluang tentang nilai produk yang ada dan baru, dengan demikian, membantu bisnis merencanakan dan menyusun strategi yang sesuai.
  2. Membantu dalam menentukan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Pemasaran berpusat pada pelanggan dan mengetahui pelanggan dan kebutuhan mereka akan membantu bisnis merancang produk atau layanan yang paling sesuai untuk mereka.
  3. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, bisnis juga dapat memperkirakan produksi dan penjualan mereka. Salah satu aspek tersulit bagi seorang manajer produksi adalah menjaga agar persediaan tetap ditumpuk. Apa yang dibutuhkan dan berapa banyak yang harus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan? Riset pasar membantu dalam menentukan persediaan persediaan yang optimal.
  4. Untuk tetap terdepan dalam riset pasar pesaing adalah alat penting untuk melakukan studi banding. Bisnis dapat merancang strategi bisnis yang dapat membantu mereka tetap terdepan dalam persaingan.

Manfaat Riset Pasar

Berikut ini beberapa manfaat melakukan riset pasar yang efisien, antara lain:

  1. Membuat keputusan yang terinformasi dengan baik

Pertumbuhan organisasi bergantung pada cara keputusan dibuat oleh manajemen. Dengan menggunakan teknik riset pasar, manajemen dapat membuat keputusan bisnis berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang mendukung pengetahuan dan pengalaman mereka.

Riset pasar membantu untuk mengetahui tren pasar, oleh karena itu sering dilakukan untuk mengenal pelanggan secara menyeluruh. 

  1. Mendapatkan informasi yang akurat

Riset pasar memberikan informasi yang nyata dan akurat yang akan mempersiapkan organisasi untuk setiap kecelakaan yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan menyelidiki pasar secara tepat, niscaya bisnis akan mengambil langkah maju, dan karena itu akan memanfaatkan pesaing yang ada.

  1. Menentukan ukuran pasar

Seorang peneliti dapat mengevaluasi ukuran pasar yang harus dicakup jika menjual produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. 

  1. Memilih sistem penjualan yang sesuai

Pilih sistem penjualan yang tepat sesuai dengan permintaan pasar, dan menurut ini, produk / layanan dapat diposisikan di pasar. 

  1. Mempelajari tentang preferensi pelanggan

Ini membantu untuk mengetahui bagaimana preferensi (dan selera) klien berubah sehingga perusahaan dapat memenuhi preferensi, kebiasaan pembelian, dan tingkat pendapatan. Peneliti dapat menentukan jenis produk yang harus diproduksi atau dijual berdasarkan kebutuhan spesifik konsumen. 

  1. Mengumpulkan detail tentang persepsi pelanggan tentang merek

Selain menghasilkan informasi, riset pasar membantu peneliti dalam memahami bagaimana pelanggan memandang organisasi atau merek. 

  1. Menganalisis metode komunikasi pelanggan

Riset pasar sejatinya akan senantiasa berfungsi sebagai panduan untuk komunikasi dengan klien saat ini dan klien potensial.

  1. Investasi bisnis yang produktif

Maksud dari tujuan ini adalah investasi yang bagus untuk bisnis apa pun, karena berkat itu mereka mendapatkan informasi yang tak ternilai, ini menunjukkan kepada para peneliti cara untuk mengikuti jalan yang benar dan mencapai penjualan yang diperlukan.

Contoh Riset Pasar

Banyak perusahaan menggunakan riset pasar untuk menguji produk baru atau untuk mendapatkan informasi dari konsumen tentang jenis produk atau layanan yang mereka butuhkan dan saat ini tidak mereka miliki. Contohnya saja;

Cv Archen

Misalnya, salah satu perusahaan yang sedang mempertimbangkan untuk berbisnis mungkin melakukan riset pasar untuk menguji kelangsungan produk atau jasanya.

Jika riset pasar menegaskan minat konsumen, bisnis dapat melanjutkan rencana bisnis dengan percaya diri. Jika tidak, perusahaan sebaiknya menggunakan hasil riset pasar untuk melakukan penyesuaian produk agar sesuai dengan keinginan pelanggan. Adapun untuk salah satu jasanya bisa mempergunakan CV Archen sebagai salah satu perusahaan riset di Kota Surakarta.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian riset pasar menurut para ahli, jenis, tujuan, manfaat, dan contohnya. Semoga memberikan edukasi serta literasi bagi semua kalangan yang membutuhkanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *