Tujuan Melakukan Riset Pasar dan Penjelasannya

Diposting pada

Tujuan Riset Pemasaran

Riset pasar yang dikenal pula dengan riset pemasaran pada hakekatnya menjadi serangkaian teknik pengumpulan data berupa informasi yang dilkukan guna memahami target pasar perusahaan. Baik untuk seorang wirausaha maupun bagi invidu yang akan melakukan arti penelitian.

Atas dasar inilah tujuan melakukan riset pasar tak lain ialah melihat pasar yang terkait dengan barang dan jasa tertentu guna memastikan bagaimana audiens akan menerimanya. Dimana bisanya bisnis memanfaatkan informasi yang dihasilkan dari riset pasar ini berupa sistem merancang produk yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, dan menyusun pesan pemasaran yang menarik prospek berkualitas dan meningkatkan rasio konversi.

Riset Pasar

Riset pasar adalah proses sistematis dan logis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan berbagai bentuk informasi. Diimana informasi tersebut bisa mengenai target pasar, konsumen, pesaing, dan industri secara keseluruhan.

Oleh karena itulah riset pasar dapat memiliki sejumlah tujuan dari mengidentifikasi pasar baru hingga meluncurkan bisnis baru. Selain itu, riset pasar membantu wirausahawan membuat keputusan yang terinformasi dengan baik. Ini dapat menyalurkan sumber daya menjadi ide dan proyek yang paling berpotensi.

Tujuan Riset Pasar

Berikut ini ulasan singkat terkait tujuan dilakukannya riset pasar, diantaranya;

  1. Memverifikasi kebutuhan pasar

Pasar datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk memposisikan dirinya dengan benar dalam satu industri, perusahaan harus memahami siapa yang membutuhkan produk dan mengapa mereka membutuhkannya. Perusahaan juga harus memahami kapan dan di mana orang membeli barang-barang tertentu dan bagaimana mereka menggunakannya.

Ukuran dan keragaman basis konsumen akan menentukan cara perusahaan berusaha memenuhi permintaannya. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan riset pasar, mengajukan pertanyaan sehingga jawabannya dapat menjelaskan arah yang harus mereka tuju.

  1. Mengidentifikasi pesaing

Persaingan selalu menjadi perhatian di pasar mana pun. Oleh karena itulah tujuan riset pasar membantu bisnis mengidentifikasi pemain lain dalam permainan (serta mereka yang mungkin menunggu di pinggir lapangan).

Mengetahui siapa yang kita lawan sangat penting untuk merencanakan strategi kekalahan dalam situasi apa pun. Dalam bisnis, ini membantu perusahaan memposisikan diri, atau dengan kata lain menyalin praktik yang berhasil untuk orang lain dan mengabaikan praktik yang tidak berhasil.

  1. Mengidentifikasi celah di pasar

Tujuan lain dari riset pasar adalah membantu bisnis mengidentifikasi celah di pasar. Penjelasan ini tentusaja menginditifaksikan bahwa area di mana ada permintaan akan produk atau layanan yang tidak terpenuhi. Dalam hal ini misalnya, sebelum mobil pertama ditemukan, seorang pengusaha mungkin telah memperhatikan bahwa ada permintaan untuk berkeliling dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Demikian pula, layanan streaming musik online melihat adanya permintaan akan cara yang lebih nyaman untuk mendengarkan musik, sehingga mereka menyediakan akses online ke musik yang dapat diunduh. Menemukan celah di pasar memberi bisnis baru peluang bagus untuk sukses karena akan ada sedikit persaingan untuk memulai.

  1. Meningkatkan penawaran perusahaan

Riset pasar juga membantu bisnis membuat penawaran yang mengisi kekosongan atau memberikan nilai yang lebih baik daripada yang sudah tersedia. Produk dan layanan potensial dapat dievaluasi terhadap penawaran pasar saat ini, serta diuji sebelum peluncuran pasar skala penuh.

Hal itu membantu perusahaan mengelola sumber daya mereka yang berharga, menghemat waktu dan uang mereka hanya untuk penawaran yang paling sesuai untuk hasil yang menguntungkan.

  1. Memuaskan pelanggan

Intinya, dapat dikatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan akhir dari riset pasar. Pelanggan yang puas adalah pelanggan yang senang karena kebutuhannya telah terpenuhi. Jika tujuan nomor satu bisnis adalah mempertahankan keuntungan dan meningkatkan taraf hidup, pelanggan yang bahagia adalah indikasi yang baik bahwa ia melakukan pekerjaan itu dengan baik.

Survei pelanggan memberikan umpan balik yang dibutuhkan perusahaan untuk mempertahankan atau menyesuaikan praktik mereka dengan cara yang memuaskan orang yang mereka layani dan membangun loyalitas merek.

Contoh Judul Riset Pemasaran

Adapun untuk contoh judul yang ada dalam riset pasar. Misalnya saja;

No Judul Metode Penelitian
1 Strategi Pemasaran Warung Makan SS (Selera Sambal) di Jogjakarta (Studi Kasus Warung Makan SS Cabang Jogjakarta) Penelitian Kualitatif
2 Sikap dan minat konsumen Pasar Klewer terhadap Produk Batik di Kota Surakarta Penelitian Kuantitatif
3 Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Dua Kelinci dalam Pengemasan Produk Penelitian Kualitatif
4 Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Dinas Sosial di Kota Semarang Penelitian Kuantitatif
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tujuan yang ada dalam riset pasar meskipun seringkali desainnya canggih sebenarnya cukup sederhana dalam tujuannya. Yakni untuk menumbuhkan wawasan tentang kondisi pasar sehingga perusahaan diharapkan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Hal ini dilakukan agar perusahaan ingin mengurangi risiko dan memaksimalkan peluang produk, baik menghasilkan keuntungan atau meningkatkan kehidupan, tergantung pada tujuan bisnis mereka secara keseluruhan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *