10 Manfaat Melakukan Riset Pasar yang Harus Diketahui

Diposting pada

Manfaat Riset Pemasaran

Diakui ataupun tidak, riset pasar sangat penting untuk dilakukan, alasannya karena mampu membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan adanya strategi pemasaran terhadap produk yang ingin di luncurkan. Meskipun penting untuk mengikuti intuisi pemasaran.

Namun yang pastinya sebagai masyarakat ataupun pengusaha haruslah harus memiliki pemahaman analitis tentang apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang dilakukan pesaing untuk sukses dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah, sebagai bagian daripada bentuk metode penelitian kegunaan melakukan riset pasar.

Riset Pasar

Riset pasar adalah bagian daripada pengumpulan jenis data penelitian secara sistematis tentang orang atau perusahaan prihal adanya keinginan menganalisisnya lebih dalam terkait apa yang dibutuhkan kelompok orang tersebut.

Sehingga dalam hal ini adanya hasil tujuan riset pasar biasanya dirangkum dalam laporan penelitian, kemudian digunakan untuk membantu pemilik bisnis membuat keputusan yang lebih tepat tentang strategi perusahaan, operasi, dan basis pelanggan potensial.

Manfaat Riset Pemasaran

Riset pasar memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan suatu bisnis atau perusahaan di masyarakat. Oleh sebab itu riset pasar sangat penting untuk dilakukan dengan alasan dapat memberikan beragam manfaat, diantaranya;

  1. Menemukan peluang bisnis dengan mudah

Setelah kita melakukan riset pasar, sejatinya akan jelas bagi kita siapa yang ingin kita jangkau (siapa pelanggan target kita), di mana kita dapat menjangkau mereka (saluran pemasaran apa yang kita gunakan), dan apa yang mereka minati. Setelah kita mendefinisikan hal-hal tersebut, kita akan dapat dengan mudah melihat peluang bisnis. Sebagai contohnya

  1. Membentuk kemitraan dengan bisnis lain, Mempelajari tentang siapa pelanggan kita, seperti kondisi demografi mereka, dapat membantu kita menemukan bisnis kecil lain yang melayani mereka. Kita dapat mendekati bisnis ini untuk promosi bersama yang akan saling menguntungkan.
  2. Menemukan lokasi baru untuk menjual, Mengetahui area geografis tempat sebagian besar pelanggan target kita tinggal akan memungkinkan kita membuat kampanye bertarget yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya area itu.
  1. Menurunkan resiko bisnis

 Sekitar setengah dari bisnis dengan karyawan tidak bertahan melewati tahun kelima, menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja. Cara untuk memastikan bahwa bisnis kita bertahan lebih lama adalah dengan memastikan bahwa kita memiliki aliran penjualan dan pelanggan yang stabil.

Untuk melakukan hal itu, kita memerlukan riset pasar. Riset pasar reguler akan menjadi cara kita untuk memeriksa pelanggan kita saat ini dan calon pelanggan untuk memastikan bahwa kita masih memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Membuat materi promosi yang relevan

Jika kita pernah bertanya-tanya teks atau gambar apa yang harus ditempatkan di selebaran, situs web, atau akun media sosial kita, dengan riset pasar yang menyeluruh, kita akan tahu persis apa yang harus dilakukan.

Karena pelanggan target telah mengungkapkan semua keinginan, kebutuhan, dan mungkin juga kekecewaan mereka kepada kita, kita akan tahu persis apa yang harus ditangani dan bagaimana menanganinya saat kita mulai membuat materi pemasaran.

  1. Mengetahui di mana harus beriklan

Salah satu kendala yang dihadapi pengusaha kecil adalah keterbatasan anggaran. Karena itu, anggaran pemasaran kita harus dioptimalkan untuk memberi kita keuntungan terbaik. Riset pasar dapat membantu kita untuk memastikan bahwa kita menjangkau audiens yang kita tuju di saluran tempat mereka paling cenderung melihat pesan atau iklan yang kita tayangkan ataupun tampilkan.

  1. Menjual lebih banyak produk dibandingkan produk pesaing

Bisnis yang lebih mengenal pelanggan mereka cenderung menang lebih banyak. Jika kita dapat mengalahkan pesaing kita dalam mengetahui kebutuhan pelanggan kita dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita memiliki peluang yang lebih baik untuk menonjol dari persaingan.

  1. Menetapkan tujuan yang lebih baik untuk bisnis

Saat pemilik bisnis menetapkan tujuan untuk bisnis mereka, biasanya hal itu terkait dengan pertumbuhan penjualan atau pelanggan. Tetapi tanpa riset pasar, kita tidak akan dapat mengetahui apakah tujuan kita dapat dicapai dan bagaimana mencapainya.

  1. Pengambilan keputusan menjadi sederhana

Kebutuhan dan pentingnya riset pemasaran sering kali muncul saat membuat keputusan bisnis yang sulit. Alih-alih memiliki kriteria arbitrer untuk keputusan yang kita buat sebagai pemilik bisnis, kita selalu dapat kembali ke laporan riset pasar yang telah kita lakukan.

  1. Memberikan penjelasan “mengapa” tentang hal-hal yang terkait dengan bisnis

Analitik memberi tahu kita ‘apa’, tetapi penelitian memberi tahu ‘mengapa’. Big data, analisis pengguna, dan dasbor dapat memberi tahu kita apa yang dilakukan orang dalam skala besar, tetapi hanya penelitian yang dapat memberi tahu kita apa yang mereka pikirkan dan mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan.

Misalnya, analitik dapat memberi tahu kita bahwa pelanggan pergi ketika mereka mencapai halaman harga produk kita, tetapi hanya penelitian yang dapat menjelaskan alasannya. 

  1. Riset mengalahkan asumsi, tren, dan apa yang disebut best practices (praktik terbaik)

Pernahkah kita melihat rekan kerja kita mendukung keputusan yang buruk? Ide buruk sering kali merupakan hasil dari tebakan, penalaran emosional, dan default ke opini Orang Berbayar Tertinggi atau Highest Paid Person’s Opinion (HiPPO). Dengan mendengarkan pengguna produk kita dan berfokus pada pengalaman mereka dalam menggunakan produk kita, kita cenderung tidak tertarik ke arah yang salah.

  1. Riset mencegah kita membuat perencanaan dalam ruang hampa

Tim kita mungkin luar biasa, tapi kita dan kolega kita tidak bisa merasakan produk kita seperti yang dialami pelanggan kita. Pelanggan mungkin menggunakan produk kita dengan cara yang mengejutkan kita, dan fitur yang tampak jelas bagi kita mungkin membingungkan mereka.

Perencanaan yang berlebihan dan menolak untuk menguji asumsi kita adalah pemborosan waktu, uang, dan tenaga karena kita mungkin perlu membuat perubahan setelah rencana yang belum teruji dipraktikkan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya manfaat untuk melakukan riset pasar bagi produk perusahaan di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.