Perbedaan Survei dan Riset Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Perbedaan Survei dan Riset

Survei dan riset bisa dikatakan sebagai istilah yang saling terhubung antara satu dengan lainnya. Misalnya dalam metode penelitian kuantitatif, dimana survai kerapkali dilakukan sebagai teknik pengumpulan data untuk keperluan riset (penelitian).

Meskipun demikian, disisi lainnya terdapat perbedaan antara berbagai jenis survei dan riset secara umum. Untuk pembeda keduanya yang paling familiar ialah hasil akhir dari tahapan pelaksanaan yang dilakukannya.

Survei dan Riset

Dalam upaya memberikan penjelasan yang lebih mendalam. Berikut ini adalah definisi survei dan riset.

  1. Survei

Survei adalah serangkaian bentuk kegiatan yang bisanya dilakukan untuk menentukan batas, luas, atau ketinggian dengan cara mengukur sudut dan jarak yang bisa dilakukan menggunakan teknik geometri dan trigonometri dari kumpulan sampel data atau opini yang dianggap mewakili keseluruhan.

  1. Riset

Riset adalah istilah dalam Bahasa Inggris dikenal dengan arti penelitian yang bermakna jalannya tindakan dari proses mengembangkan, menguji, dan menggunakan perangkat melalui investigasi yang dilakukan dengan aktif hingga mampu menghasilkan kajian empiris dan logis.

Perbedaan Survei dan Riset

Untuk perbedaan yang ditunjukan dalam survei dan riset. Antara lain;

No Survei Riset
1 Dilakukan untuk mendapatkan jenis data penelitian yang bisanya dijalankan melalui kuesioner ataupun wawancara. Dijalankan untuk melakukan penyelidikan hingga menghasilkan kajian intelektual yang bernilai bagi pengetahuan.
2 Menjadi bagian data primer. Bisa menjadi bagian dari data primer dan data sekunder.
3 Harus terjun langsung di lapangan. Tidak harus terjun langsung di lapangan.
4 Menjadi bagian daripada metode penelitian. Tidak menjadi bagian metode penelitian tetapi harus dijalankan dengan berbagai jenis metode penelitian.
5 Data yang dihasilkan masih bersifat mentah karena belum dilakukan pembahasan. Data yang dihasilkan sudah disertakan dengan pembahasan.
6 Dilakukan sesuai dengan keperluan riset. Dijalankan dalam upaya mencari solusi dari permasalahan yang muncul pada pertanyaan penelitian.

Dari penjelasan yang disebutkan, setidaknya dapat diketahui bahwa ada berbagai macam kegunaan survei, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung pada metodologi dan tujuan riset. Beberapa kegunaan penelitian survai ini misalnya dilakukan dengan menganalisis perilaku, layanan pelanggan, analisis kompetitif, dan lain-lain.

Sehingga hasil akhir akan kebutuhan terhadap fakta-fakta tentang suatu topik penelitian (riset) itulah yang mendorong seseorang untuk melakukan survei. Dimana fakta-fakta ini diperoleh melalui prosedur standar yang memastikan setiap tanggapan tidak bias.

Hingga pada akhirnya, survei dianggap sebagai pemriksaan dan pencatatan terkait area dan fitur dari (suatu area tanah) untuk membuat peta, rencana, atau deskripsi melalui penyelidikan terkait pendapat atau pengalaman (sekelompok orang) dengan mengajukan pertanyaan kepada informan penelitian.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan perbedaan antara survei dan riset.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *