Pengertian Informan Penelitian dan Contohnya

Diposting pada

Informan Penelitian Adalah

Pada hakekatnya pada setiap metode penelitian yang dilakukan oleh seseorang senantisa bertujuan untuk menemukan informasi baru ataupun gagasan baru dalam menjawab serangkaian pertanyaan dari rumusan masalah tentang bagaimana proses belajar, berperilaku, dan berfungsi dengan tujuan akhir yang bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun disisi lain, terkait dengan peran orang-orang yang memberikan informasi kepada peneliti objek penelitian yang akan diteliti dikenal dengan informan. Informan ini sendiri dapat ditentukan sesuai dengan keinginan, meski demikian setidaknya ada pembagian informan, khususnya pada penelitian sosial. Yakni informan kunci, informan utama, dan informan pendukung.

Informan Penelitian

Informan penelitian merupakan peristilahan yang melibatkan tugas-tugas sederhana dalam menjawab pertanyaan dari pedoman wawancara yang dibuat, sehingga apapun kegiatan penelitian yang dilakukan tentunya membutuhkan keterlibatan pihak lain.

Keterlibatan ini sendiri haruslah sesuai dengan tujuan penelitian yang didapatkan, artinya tidak bisa dipilih secara asal-asalan, lantaran memerlukan teknik penentuan. Misalnya saja untuk penelitian kualitatif biasanya teknik yang dilakukan dengan purposive sampling ataupun snowball sampling.

Pengertian Informan

Informan adalah kahdairan seseorang yang dimintai informasi terkait objek yang diteliti ia mempunyai banyak informasi terkait dengan data dari arti penelitian yang dilakukan, oleh karena itulah penyebutan informan lebih lekat dengan narasumber yang biasanya ada dalam penelitian yang subjek penelitiannya berupa “kasus” satu kesatuan unit, diantaranya yaitu yang berupa lembaga atau organisasi atau institusi sosial.

Pengertian Informan Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi informan penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. Sukandarumidi (2002), Pengertian informan penelitian adalah orang-orang yang bisa memberikan informasi, dimana informan penelitian tersebut bisa berupa orang, benda ataupun lembaga (organisasi), yang sifat keadaanya diteliti.
  2. Sugiyono (2010), Pengertian informan penelitian adalah narasumber yang merujuk pada seseorang yang paham terkait dengan objek penelitian serta mampu memberikan penjabaran tentang topik penelitian yang dingkat.
  3. Moleong (2006), Definisi informan penelitian adalah individu yang berfungsi dalam memberikan informasi terkait dengan realitas dan kondisi yang menjadi latar belakang dalam rumusan masalah penelitian.

Jenis Informan Penelitian

Informan dalam penelitian dapat dibagi dalam beberapa macam. Yakni;

  1. Informan Kunci, merujuk pada peran paling penting dalam proses pengumpulan data dan verifikasi data penelitian. Dalam hal ini misalnya saja Pendiri Partai Politik.
  2. Informan Utama, senantisa merujuk pada peran seseorang dalam memberikan penjelasan terkait topik penelitian tapi tidak berfungsi dalam verifikasi data. Contohnya, pengurus partai politik
  3. Informan Pendukung (Tambahan), bisanya dibutuhkan dalam proses penelitian untuk tambahan data yang diperlukan. Misalnya saja seseorang yang menyukai partai politik tersebut.

Contoh Informan

Adapun untuk memberikan penjelasan yang memahamkan, untuk contoh penentuan informan ini contohnya saja sebagai berikut;

  1. Penelitian

Informan penelitian misalnya dalam studi yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) pada MAN Lubuk Pakam, yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, serta pengkoordinasian terhadap implementasi MBM di MAN Lubuk Pakam.

Maka, proses penentuan informan dalam penelitian ini adalah personil MAN Lubuk Pakam yang terdiri atas:

  1. Kepala madrasah
  2. Guru
  3. Kepala tata usaha
  4. Pengawas
  5. Komite madrasah
  6. Siswa (serta dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan penelitian)
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, diantara sekian banyak informan yang dituju salah seorang atau beberapa orang bisa menjadi informan atau narasumber kunci yang dikenal dengan key informan. Informan kunci adalah orang-orang yang paling banyak menguasai informasi atau paling banyak tahu terkait objek yang sedang diteliti tersebut.

Atau dengan kata lain informan kunci adalah mereka yang posisi sosialnya dalam pengaturan penelitian memberi mereka pengetahuan khusus tentang orang lain, proses atau kejadian yang lebih luas, rinci atau istimewa daripada orang biasa, dan oleh karena itu merupakan sumber informasi yang sangat berharga bagi seorang peneliti, tidak terkecuali di tahap awal sebuah proyek.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian informan penelitian menurut para ahli, jenis, dan contohnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *