Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Pengembangan

Diposting pada

Kelebihan Penelitian Pengembangan dan KekuranganPenelitian Pengembangan

Penerapan dalam penggunaan arti penelitian dan pengembangan salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan dengan beragam pilihan jenis model penelitian pengembangan yang ada. Tetapi yang pasti, terdapat karakteristik R & D adalah perlunya melakukan penelitian awal untuk mencari temuan penelitian terkait produk yang akan dikembangkan

Adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan di bidang pendidikan misalnya buku ajar atau modul. Menggunakan metode penelitian seperti tentusaja memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan yang ada. Adapun kelebihannya ada produk yang dihasilkan sedangkan kelemahannya memakan waktu yang cukup lama karena harus menguji dan mengambangan produk tersebut.

Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan biasanya disebut dengan Research & Development (R&D) adalah jenis penelitian skripsi yang dilakukan untuk memperoleh data sehingga bisa digunakan untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memvalidasi produk.

Banyak mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir baik skripsi dan tesis mempergunakan jenis metode penelitian seperti ini khususnya untuk penjurusan kependidikan.

Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Pengembangan

Adapaun tahapan dalam melakukan penelitian pengembangan ini setidaknya memiliki sejumlah kelebihan dan juga kelamahan. Penjelasan lengkap sebagai berikut;

Kelebihan

Yaitu;

  1. Menghasilkan suatu produk/model

Penelitian pengembangan atau research and development dapat menghasilkan suatu produk/model yang mempunyai nilai validasi tinggi, sebab produk/model tersebut dihasilkan melalui serangkaian uji coba di lapangan serta validasi yang dilakukan oleh ahli.

  1. Cukup komprehensif

Penelitian pengembangan  merupakan yang metode cukup komprehensif, mulai dari metode dengan menggunakan pedekatan penelitian deskriptif, penelitian evaluatif, dan penelitian eksperimen. Atas dasar inilah setidaknya hasil penelitian dapat benar-benar berkwalitas.

  1. Mampu mengatasi kebutuhan yang nyata dan mendesak

Selain kelebihan penelitian pengembangan secara umum seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan penelitian pengembangan (research and development atau R & D) secara spesifik dalam konteks bisnis, diantaranya yaitu:

  1. Keuntungan finansial bagi bisnis

Produk dan layanan unik yang dihasilkan dari proyek R&D yang sukses dapat membawa keuntungan finansial bagi bisnis. Hal ini biasanya dilakukan dengan menghasilkan aliran pendapatan baru atau pendapatan yang meningkat. Selain itu, R&D juga dapat menarik calon investor baru ke bisnis.

  1. Keunggulan kompetitif

Melalui R & D seorang pengusaha dapat mengembangkan keunggulan atas pesaing bisnisnya Pengembangan produk dan layanan baru juga dapat menghasilkan kekayaan intelektual baru untuk bisnis yang selanjutnya dapat memberikan keuntungan secara finansial.

  1. Pendanaan

Melakukan R&D dapat memiliki implikasi biaya untuk bisnis kecil. Namun, R&D juga dapat menawarkan banyak peluang bagi bisnis untuk mencari inovasi sektor publik, hibah penelitian dan pengembangan atau bahkan pendanaan untuk inovasi.

  1. Kolaborasi

Kolaborasi dapat menjadi elemen kunci dari setiap proyek R&D, dan seringkali sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

Kolaborasi dapat terjadi antara bisnis dan perusahaan, universitas, atau perguruan tinggi lain. Hal ini memungkinkan terjadinya transfer keterampilan dan pengetahuan, serta akses ke fasilitas, keahlian, dan ide-ide baru yang berpotensi berada di luar jangkauan bisnis pengusaha.

  1. Reputasi

Terlibat dalam R&D dapat membantu pengusaha memperkuat merek dan reputasinya. Jika pengusaha berkolaborasi dengan mitra tepercaya, bereputasi baik, atau lembaga ilmiah yang kuat, kesuksesan komersial produk dan layanan yang dihasilkan dapat memperoleh manfaat dari keterlibatan mereka.

Kelemahan

Diantaranya:

  1. Penelitian pengembangan membutuhkan waktu relatif lama

Penelitian pengembangan pada dasarnya bisa membutuhkan  waktu yang relatif lama sebab prosedur yang harus ditempuhpun relatif kompleks. Atas alasan inilah menggunakan metode penelitian pengembangan kadangkala dihindari oleh sebagai mahasiswa, bahkan mereka lebih memilih penelitian tindakan kelas (PTK).

  1. Tidak dapat digeneralisasikan secara utuh

Penelitian pengembangan dikatakan sebagai penelitian “here and now”, yang menunjukkan bahwa R & D tidak bisa digunakan untuk membuat generalisasi secara utuh, karena pada dasarnya pemodelan R & D adalah pada sampel bukan populasi.

  1. Membutuhkan sumber daya serta dana yang cukup besar

Dalam melakukan penelitian pengembangan dibutuhkan sumber dana dan sumber daya yang cukup besar sebab ada produk yang harus dihasilkan. Menurut Sugiyono (2009) untuk beberapa contoh produk penelitian pengembangan dapat berupa;

  1. Kurikulum yang spesifik untuk keperluan pendidikan tertentu
  2. Metode mengajar
  3. Media pendidikan
  4. Buku ajar
  5. Modul
  6. Kompetensi tenaga kependidikan
  7. Sistem evaluasi
  8. Model uji kompetensi
  9. Penataan ruang kelas untuk model pembelajar tertentu
  10. Model unit produksi
  11. Model manajemen
  12. Sistem pembinaan pegawai
  13. Sistem penggajian
  14. Dan lain-lain

Itulah saja penjelasan serta ulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai kelebihan dalam penelitian pengembangan dan kekurangan metode penelitian pengembangan. Semoga saja bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *