Pengertian Penelitian Tindakan Kelas, Macam, dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Penelitian Tindakan Kelas Adalah

Desain penelitian tindakan adalah penelitian pendidikan yang melibatkan pengumpulan informasi mengenai program dan hasil pendidikan saat ini, menganalisis informasi, mengembangkan rencana untuk memperbaikinya, mengumpulkan perubahan setelah rencana baru diimplementasikan, dan mengembangkan kesimpulan tentang perbaikan. Tujuan utama penelitian tindakan adalah untuk meningkatkan program pendidikan di sekolah.

Desain penelitian tindakan inilah yang kita kenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu proses reflektif di mana peneliti (instruktur) mengumpulkan data empiris, untuk meningkatkan praktik mengajar mereka. Ini merupakan integrasi pengajaran di mana peneliti menggunakan data yang tersedia dari kelas untuk menjawab pertanyaan praktis tentang kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini kurang formal daripada penelitian pendidikan tradisional tetapi lebih sistematis dan berbasis data daripada refleksi guru. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang PTK, artikel ini akan mengulas tentang pengertian penelitian tindakan kelas, macam, dan cara membuatnya.

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan ialah penelitian yang dimulai untuk memecahkan masalah langsung atau proses reflektif penyelesaian masalah progresif yang mengintegrasikan penelitian, tindakan, dan analisis. Integrasi tindakan mencakup pengembangan dan implementasi rencana atau strategi untuk mengatasi fokus penelitian.

Penelitian ini termasuk membangun basis pengetahuan untuk memahami efektivitas tindakan atau rencana yang dipertimbangkan. Sederhananya, penelitian tindakan dapat dipandang sebagai bentuk penyelidikan disiplin yang digunakan oleh guru, instruktur, dan pengawas untuk lebih memahami pembelajaran siswa dan efektivitas guru.

Penelitian Tindakan Kelas adalah metode untuk mencari tahu apa yang terbaik di kelas sehingga guru dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Ada banyak cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengajaran. Banyak guru mempraktikkan refleksi pribadi pada pengajaran, yang lain melakukan studi empiris formal pada pengajaran dan pembelajaran.

Penelitian Tindakan Kelas melampaui refleksi pribadi pada penelitian seperti tinjauan literatur singkat, perbandingan kelompok, dan pengumpulan dan analisis data. Validitas dicapai melalui triangulasi data. Fokusnya adalah pada signifikansi praktis dari temuan, daripada signifikansi statistik atau teoritis. Temuan biasanya disebarluaskan melalui laporan kepada kolega atau administrator setempat.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas dimulai dengan pertanyaan tentang pengalaman, masalah, atau tantangan di ruang kelas. Ini adalah proses reflektif yang membantu guru untuk mengeksplorasi dan memeriksa aspek pengajaran dan pembelajaran dan untuk mengambil tindakan untuk mengubah dan meningkatkan.

PTK perlu dikaukan karena ini akan membantu guru untuk:

  1. Memperdalam pemahaman guru tentang kegiatan belajar mengajar
  2. Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mengajar guru
  3. Menoba berbagai pendekatan dan ide
  4. Mengembangkan praktik reflektif
  5. Meningkatkan pembelajaran siswa

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Adapun definisi Penelitian Tindakan Kelas menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Hopkins (1993)

Penelitian Tindakan Kelas didefinisikan sebagai penelitian untuk membantu seseorang dalam mengatasi permasalahan secara prakstis yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama.

PTK adalah kajian yang sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok pendidik dalam melakukan tindakan-tindakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.

Suyanto (1997)

Penelitian Tindakan Kelas didefinisikan sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu, untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran didalam kelas secara lebih profesional.

Oleh sebab itu, PTK sangat berkaitan erat dengan persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami oleh pendidik.

Rustam & Mundilarto (2004)

Penelitian Tindakan Kelas adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh pendidik di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai tenaga pendidik sehingga hasil belajar peserta didiknya dapat meningkat.

Suharsimi Arikunto (2006)

Penelitian Tindakan Kelas didefinisikan suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.

Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu kegiatan ilmiah terdiri dari Penelitian-Tindakan-Kelas.

  1. Penelitian, yaitukegiatan mencermati suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi untuk mendapatkan data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi si peneliti.
  2. Tindakan, yaitu suatu gerakkegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan.
  3. Kelas, yaitu sekelompok peserta didik yang sama dan menerima pelajaran yang sama dari seorang pendidik.

Suhardjono (2007)

Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu prose atau praktik pembelajaran.

Kunandar (2008)

Penelitian Tindakan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran didalam kelas.

Wina (2009)

Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik khususnya dalam pengelolaan pembelajaran.

Sulipan, M.Pd

Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut.

Macam Penelitian Tindakan Kelas

Terdapat bermacam-macam bentuk salah satunya dijelaskan oleh Chein (1990) mengemukakan bahwa terdapat 4 jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas), antara lain adalah sebagai berikut;

Penelitian Tindakan Kelas Diagnostik

PTK diagnostik ialah penelitian yang dirancang dengan dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan. Dalam penelitian ini peneliti mendiagnosis dan memasuki situasi yang terdapat didalam latar penelitian. Misalnya jika peneliti berupaya untuk menangani perselisihan, pertengkaran, konflik yang dilakukan antar siswa yang terdapat di suatu sekolah atau kelas.

Penelitian Tindakan Kelas Partisipan

PTK partisipan ialah penelitian tindakan kelas yang dilakukan apabila orang yang akan melaksanakan penilaian harus ikut terlibat secara langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan.

Sehingga dalam penelitian ini, mulai dari perencanaan penelitian, peneliti sudah terlibat dan selanjutnya memantau, mencatat dan mengumpulkan data lalu menganalisa data serta melaporkan hasil dari penelitiannya. Dalam penelitian jenis ini, peneliti dituntut keterlibatannya secara langsung dan terus menerus sejak awal sampai berakhir penelitian.

Penelitian Tindakan Kelas Empiris

PTK empiris ialah penelitian yang dilakukan apabila peneliti berupaya untuk melaksankan suatu tindakan atau aksi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama aksi berlangsung. Pada prinsipnya, proses penelitian ini berkenaan dengan penimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman peneliti dalam pekerjaan sehari-hari.

Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental

PTK eksperimental ialah penelitian yang memiliki nilai potensial terbesar dalam kemajuan pengetahuan ilmiah. Suatu penelitian termasuk ke dalam PTK eksperimental jika diselenggarakan dengan upaya untuk mengaplikasikan berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efesien didalam suatu kegiatan belajar mengajar.

Cara Membuat Penelitian Tindakan Kelas

Sejalan dengan Strickland, Borg, Gall dan Gall (1993: 392-394) menjelaskan bahwa ada tujuh langkah penelitian tindakan, yaitu:

  1. Identifikasi pertanyaan atas wawancara terkait kelas yang ingin Anda teliti. Pertanyaan yang bagus mungkin termasuk, “Apakah siswa lebih aktif saat mereka bekerja secara individu atau ketika mereka bekerja dalam kelompok?”.
  2. Periksa penelitian apa pun yang berlaku untuk pertanyaan Anda. Misalnya, Anda dapat melihat studi tentang dampak teknologi pada pembelajaran.
  3. Pilih desain pengajaran yang akan bekerja paling efektif dalam menjawab pertanyaan penelitian Anda. Misalnya, Anda dapat mengajar Bab 1 menggunakan satu metode tertentu, mengajar Bab 2 menggunakan metode lain, dan kemudian memeriksa bagaimana nilai dari dua bab berbeda. Ini bukan percobaan terkontrol, dan Anda tidak akan dapat membuktikan sesuatu yang berbeda, tetapi itu akan memberi Anda gagasan tentang jawaban.
  4. Kumpulkan data yang Anda butuhkan untuk membantu menjawab pertanyaan penelitian Anda, seperti nilai siswa, hasil penelitian survei atau catatan anekdot Anda sendiri tentang ruang kelas Anda. Pastikan untuk mencatat segala sesuatu yang Anda lihat atau dengar yang berhubungan dengan pertanyaan Anda.
  5. Analisis data yang telah Anda kumpulkan untuk sampai pada suatu kesimpulan. Anda dapat membuat grafik atau tabel skor tes, mengkategorikan berbagai anekdot atau membuat garis waktu beranotasi selama proses analisis.
  6. Terapkan strategi berdasarkan hasil Anda. Jika Anda menemukan bahwa strategi yang sudah Anda gunakan sangat membantu, strategi baru hanya akan membangun apa yang sudah Anda lakukan. Namun, jika Anda menemukan bahwa cara mengajar alternatif lebih efektif, Anda dapat melakukan brainstorming berbagai cara untuk menerapkan metode pengajaran itu ke dalam praktik.
  7. Bagikan penelitian Anda dengan kolega dan orang lain yang mungkin tertarik. Diskusikan apa yang Anda temukan di rapat tim atau bahkan saat istirahat makan siang. Atau, sebutkan ke kepala sekolah dan sarankan agar dipublikasikan ke seluruh staf.

Untuk menyimpulkan, penelitian tindakan kelas mengikuti serangkaian langkah berulang. Menyelesaikan siklus pertama, kemudian siklus dimulai sekali lagi, dengan revisi dimasukkan ke dalam tindakan baru, yang dengan sendirinya diamati, dan seterusnya.

Proses ini memungkinkan guru yang ingin menyelidiki fenomena di kelas mereka untuk mengambil langkah-langkah konstruktif menuju penyelesaian masalah segera, yang secara sistematis mencerminkan hasil. Dengan demikian tujuan penelitian tindakan kelas adalah mencapai pemahaman lokal dan mengembangkan solusi yang layak untuk masalah.

Demikianlah materi yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian penelitian tindakan kelas menurut para ahli, macam, contoh, dan cara membuatnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  1. Classroom Action Research dari https://www.aucegypt.edu/faculty/center-learning-and-teaching/classroom-action-research
  2. Classroom action research dari https://englishagenda.britishcouncil.org/continuing-professional-development/teacher-educator-framework/demonstrating-effective-teaching-behaviour/classroom-action-research
  3. How To Do Classroom Action Research dari http://www.julianhermida.com/algoma/scotlactionresearch.htm
  4. What Are the Types of Action Research Design? dari https://bizfluent.com/list-7608678-types-action-research-design.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *