Pengertian Responden Penelitian dan Contohnya

Diposting pada

Responden Penelitian

Dalam setiap melakukan arti penelitian untuk berbagai jenis metode penelitian tentusaja terdapat orang-orang yang terlibat tersebut bisa berperan sebagai subjek penelitian, responden, informan penelitian, atau partisipan. Subjek sendiri adalah orang-orang yang biasanya mendapat perlakuan tertentu dalam penelitian kuantitatif yang menerapkan desain eksperimental.

Sedangkan khususnya pada responden penelitian ialah seseorang-orang yang menjawab kuesioner dalam penelitian yang biasanya berlaku khususnya untuk penelitian kuantitatif. Sedangkan pada penelitian kualitatif dikenal dengan partisipan yakni orang yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan penelitian melalui wawancara yang telah dilakukan.

Responden Penelitian

Responden penelitian merupakan istilah yang biasanya digunakan dalam ilmu sosial, terutama dalam penelitian yang menerapkan metode penelitian survai dalam teknik pengumpulan datanya. Sehingga orang-orang yang menjadi responden dalam suatu penelitian diminta menjawab pertanyaan terstruktur dan semi terstruktur.

Oleh karena itulah pada umumnya, responden akan menyampaikan jawaban kepada peneliti sesuai dengan pertanyaannya tidak lebih dan tidak kurang.

Pengertian Responden Penelitian

Responden penelitian adalah orang yang dipanggil untuk menanggapi komunikasi yang dilakukan oleh peneliti melalui jenis angket yang disebarkan dengan jawaban yang mewakili diri sendiri sebagai individu, rumah tangga, atau organisasi yang menjadi bagiannya.

Pengertian Responden Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi responden penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. Suharsimi Arikunto, Pengertian responden penelitian adalah seseorang yang mampu menjawab serangkaian pertanyaan yang dilakukan oleh seorang peneliti dengan bentuk pertanyaan tertulis melalui kuesioner maupun lisan melalui pedoman wawancara.
  2. Sutrisno Hadi, Definisi responden penelitian adalah metodelogi dalam penelitian kuantitatif dalam penentuan populasi dan sampel.

Contoh Responden Penelitian

Sedangkan untuk contoh responden dalam penelitian misalnya saja;

  1. Penelitian Kuantitatif

Dalam sebuah studi yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif ingin mengkaji “Hubungan antara kelengkapan alat laboratorium dengan prestasi belajar IPA Kelas IX SMA N 1 Surakarta”. Dimana dalam studi ini, yang menjadi responden adalah kepala laboratorium SMA N 1 Surakarta, laboran SMA N 1 Surakarta, guru IPA SMA N 1 Surakarta, dan siswa kelas IX SMA N 1 Surakarta.

  1. Penelitian Korelasional

Contoh lain misalnya studi tentang “Relevansi Antara Isi Buku paket GBPP”. Dalam studi ini, yang menjadi subyek penelitian untuk variabel pertama ialah buku paket, sedangkan untuk variabel kedua ialah buku GBPP, sehingga respondennya (untuk dua variabel sekaligus) adalah guru bidang studi yang diselidiki relevansinya.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian responden penelitian menurut para ahli dan contohnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *