Jenis Makalah dan Contohnya

Diposting pada

Macam Makalah

Setiap pembuatan dalam hasil penelitian biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah. Tulisan ilmiah adalah sarana komunikasi tertulis yang kerap dilaksanakan oleh para sarjana atau ilmuwan untuk merealisasikan ide-idenya, sehingga dalam hal ini dapat dipahami oleh pembaca. Salah satu bentuk karya ilmiah yang dikenal masyarakat adalah makalah.

Makalah sendiri berdasarkan sifat dan jenis penalaran dapat saja disajikan melalui seminar, artikel ilmiah, jurnal ilmiah maupun dalam laporan penelitian yang nantinya dipublikaskan dalam jurnal nasional ataupun internasional.

Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengandung pemikiran tentang suatu rumusan masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis disertai dengan analisis logis objektif. Bagi mahasiswa membuat makalah adalah hal yang biasa karena digunakan untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh pengajar.

Adapun di berbagai seminar keilmiahan, makalah ditulis atas inisiatif sendiri baik untuk disajikan maupun hanya sebagai penyertaan.

Makalah Menurut Para Ahli

Adapun definsini ahli terkait dengan pengertian makalah, antara lain;

  1. KBBI, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa makalah adalah karya tulus pelajar atau mahasiswa sebagai hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
  2. Sudjana, Sudjana mengartikan makalah sebagai jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis baik sebagai hasil pembahasan buku (book report) maupun sebagai hasil karangan mengenai suatu pokok persoalan.
  3. W.J.S. Poerwadarminta, Menurutnya makalah adalah uraian tertulis yang membahas mengenai masalah tertentu yang dikemukakan untuk menggali pembahasan lebih lanjut.
  4. Zainal Arifin, Zainal Arifin mengungkapkan makalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan temuan data di lapanagan yang bersifat empiris-objektif.

Jenis Makalah

Makalah secara umum dapat dibagi menjai dua bentuk, yaitu;

  1. Makalah biasa

Makalah biasa atau yang disebut dengan common paper adalah makalh yang dibuat oleh penulis dengan tujuan untuk memperlihatkan pemahamannya terhadap masalah atau topik yang dibahas. Secara deskriptif, penulis memberikan berbagai opini atau pandangan mengenai masalah atau topik yang sedang dikaji. Penulis juga memberikan pendapat baik berupa kritik atau saran mengenai pandangan tersebut.

  1. Makalah posisi

Makalah posisi atau disebut juga position paper adalah makalah yang menunjukkan posisi teoritik penulis dalam suatu kajian ilmiah. Makalah ini meminta penulis untuk tidak hanya menguasai pengetahuan tertentu, tetapi juga wajib menunjukkan di posisi mana dia berdiri beserta alasan yang mendukung sesuai teori dan data yang relevan.

Oleh karenanya penulis dituntut untuk mempelajari berbagai padangan yang berbeda. Kemudian penulis memihak terhadap satu aliran atau dapat pula membuat suatu tesis dari berbagai pandangan tersebut. Sehingga kemampuan analisis, sintesis dan evaluasi sangat dibutuhkan untuk membuat makalah posisi.

Makalah Berdasarkan Sifat dan Jenis Penalaran yang Digunakan

Adapun jikalau ditinjau berdasarkan sifat penalaran makalah dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Makalah Induktif

Makalah induktif adalah serangkaian bentuk makalah yang disusun berdasarkan data-data penelitian empiris dan bersifat objektif, yang dibuat berdasarkan apa yang didapat di lapangan dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.

Contoh Makalah Induktif

Pembuatan makalah yang mejerumus pada adanya perosalan pemilihan umum yang dilakukan oleh Indonesia. Pemilihan ini memberikan data-data dari jumlah mata pilih sampai siapa yang akhirnya terpilih, dalam hal ini dilakukan secara induktif artinya berangkat dari data-data yang relevan.

  1. Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah makalah yang didasarkan pada kajian-kajian teoritis dan juga relevan dengan permasalahan yang dibahas. Permasalahan ini bisasaja yang paling dekat dengan persoalan yang ada paling dekat dengan kehiduopan masyarakat.

Contoh Makalah Deduktif

Makalah deduktif contohnya dalam hal ini misalnya saja banyaknya sampah di Indonesia yang pada akhirnya memberikan efek buruk bagi kesehatan dan juga lingkungan. Analisis makalah ini lebih mengerucut pada persoalan umum yang ditarik pada akibat yang ditimbulkan.

  1. Makalah Campuran

Makalah campuran adalah makalah gabungan antara makalah induktif dan makalah deduktif, sehingga dalam proses pembuatannya sendiri makalah jenis ini memiliki beberapa macam. Antara lain sebagai berikut;

  1. Makalah Kerja
  2. Makalah Ilmiah
  3. Makalah Kajian
  4. Makalah Tanggapan
  5. Makalah Posisi
  6. Makalah Analisis
Contoh Hasil Makalah Campuran

Adapuj untuk contoh dalam pembuatan makalah dengan jenis campuran ini misalnya saja melihat banyaknya pelajar atau mahasiswa yang memilih diam dalam kelas saat proses diskusi berlangsung. Proses diamnya mahasiswa/pelajar ini menarik jika diteliti lebih dalam, adapun untuk tanggapannya misalnya satelah dilakukan wawancara dan penulisan makalah mereka diam karena apabila dosen/guru kemungkinan besar mahasiswa.pelajar akan merasa kurang percaya diri, selain itu juga jika terlalu aktif di dalam kelas mahasiswa akan banyak dimusuhi oleh teman-temannya.

Itulah penjelasana dan ulasan yang bisa diberikan pada pembaca yang berhubungan dengan jenis-jenis makalah secara umum, berdasarkan sifat atau penalaran yang digunakan. Semoga tulisan ini memberikan edukasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *