Pengertian Variabel Atribut dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Variabel Atribut Adalah

Variabel atribut dan aktif adalah pembagian variabel berdasarkan peranannya, dimana keduanya ini memiliki perbedaan yang mencolok khususnya pada tahapan memanipulasi jenis data penelitian.

Tetapi yang pasti, untuk variabel atribut adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi. Atau bisa pula dikatakan bahwa variabel atribut adalah variabel penelitian yang telah melekat dan merupakan ciri dari subjek penelitian. Adapun untuk contohnya yaitu jenis kelamin, intelegensi, bakat, status sosial-ekonomi, dan sikap.

Variabel Atribut

Istilah variabel atribut memiliki nama lain sebagai variabel pasif yang merujuk pada variabel masukan yang dipergunakan dalam perangkat lunak untuk mengukur skala data dalam statistik dan statistika. Bahkan beberapa paket perangkat lunak statistik (seperti statistika dan minitab) menggunakan “variabel atribut” sebagai nama alternatif untuk variabel kategori.

Pengertian Variabel Atribut

Variabel atribut adalah jenis variabel yang dipergunakan dalam konteks metode penelitian eksperimen yang datanya sendiri tidak dimanipulasi atau tidak dapat diubah oleh si peneliti karena itu adalah bagian yang melekat pada seseorang atau objek penelitian.

Adapun untuk contoh penggunannya dalam arti penelitian misalnya saja untuk kategori jenis kelamin atau ras yang sudah ditetapkan. Dimana untuk jenis kelamin hanya dua yaitu laki-laki dan perempuan sedangkan ras tergantung dari landasan teori mana yang dipergunakan.

Contoh Variabel Atribut

Untuk memperjelas pemahaman terkait hal tersebut, perhatikan contoh yang menunjukan variabel atribut sebagai berikut;

  1. Studi tentang hubungan antara konsumsi vitamin C dan pencegahan penyakit

Misalkan kita sedang menyelidiki apakah ada hubungan antara mengonsumsi Vitamin C dan mencegah penyakit. Vitamin C adalah variabel independen, dan kita melakukan eksperimen dengan memberikan vitamin C pada kelompok eksperimen dan memberikan plasebo pada kelompok kontrol. Kita memanipulasi Vitamin C, jadi ini adalah variabel independen aktif.

Akan tetapi, pada sebuah studi retrospektif yang menyelidiki kasus yang sama pada pasien di klinik perawatan darurat yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang mengonsumsi Vitamin C dan mereka yang tidak. Vitamin C merupakan variabel independen, tapi karena tidak dimanipulasi, itu adalah variabel independen atribut.

  1. Studi tentang gaya mengajar dengan kinerja siswa pada tes

Seorang peneliti ingin mengukur seberapa baik dua gaya mengajar mempengaruhi kinerja siswa pada tes. Seberapa baik kinerja siswa tidak hanya bergantung pada gaya mengajar, tetapi pada berbagai variabel atribut seperti status sosial ekonomi, ketidakmampuan belajar, atau jumlah jam tidur yang siswa pada malam sebelumnya.

Variabel-variabel tersebut, yang mempengaruhi hasil tes dalam beberapa cara dan merupakan kondisi yang sudah ada sebelumnya tidak dimanipulasi oleh peneliti, adalah variabel dependen atribut.

Akan tetapi, apabila dalam studi kasus penelitian ini, si peneliti “meresepkan” jumlah tidur: 5 jam, 7 jam, atau 9 jam, yang menunjukkan bahwa peneliti sedang memanipulasi variabel dependen, maka ini adalah variabel dependen aktif.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa definisi variabel atribut mencakup variabel yang “dimanipulasi”, variabel ini tidak sama dengan variabel bebas. Karena pada faktanya, nuansa definisi tersebut sangat halus, sehingga dapat menyebabkan kebingungan.

Tapi kita harus ingat bahwasanya dalam variabel atribut dan variabel aktif dapat berupa variabel bebas atau variabel terikat.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian variabel atribut dan contohnya yang ada dalam penelitian. Semoga saja memberikan pemahaman untuk semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

 

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *