Pengertian Variabel Aktif dan Contohnya

Diposting pada

Variabel Aktif Adalah

Variabel dalam penelitian sejatinya mengacu pada orang, tempat, benda, atau fenomena yang senantisa dilakukan pengukuran dengan mempergunakan metode penelitian tertentu. Disisi lain, dalam pembangian variabel berdasarkan pada hubungan antar variabel penelitian terdapat komponen variabel aktif.

Variabel aktif ini lekat dengan teknik penentuan objek penelitian yang dilakukan dengan baik dan dimanipulasi dengan cermat selama eksperimen berlangsung, sehingga penggolongannya termasuk dalam variabel statistik.

Variabel Aktif

Variabel aktif sejatinya merunjuk pada variabel yang bisa dimanipulasi pada saat melakukan riset eksperimen, sehingga untuk beberapa bentuknya variabel aktif ini digolongkan dalam metode pengajaran, rejimen pelatihan, dan sejenisnya.

Sehingga pada saat proses penelitian berlangsung dapat diubah, hal itu tergantung pada pengukuran pengaruh terhadap suatu subjek penelitian.

Pengertian Variabel Aktif

Variabel aktif adalah variabel penelitian yang keberadannya dapat dimanipulasi oleh si peneliti, sehingga komponen keaktifannya lebih terlihat pada metode penelitian eksperimental, alasannya karena variabel ini dirancang untuk menjelaskan beberapa bagian dari pertanyaan atau masalah dan berbagai kegunaannya hadir dalam cara yang dapat dikontrol oleh peneliti.

Contoh Variabel Aktif

Berikut ini beberapa contoh variabel aktif dalam arti penelitian, antara lain:

  1. Studi tentang anak dan barang elektronik

Variabel aktif didefinisikan dalam istilah manipulasi, karenanya variabel mungkin aktif dalam eksperimen tertentu dan tidak dalam eksperimen lain. Untuk memahami ini, bayangkan dua studi berbeda tentang anak-anak dan elektronik.

Peneliti 1

Meminta partisipan penelitian untuk mencatat jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak mereka menggunakan tablet, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Mereka juga memberi tahu partisipan untuk tidak mengubah apa pun tentang rutinitas harian mereka selama studi berlangsung.

Peneliti 2

Membagi partisipan mereka menjadi tiga kelompok. Mereka meminta kelompok 1 untuk menghapus penggunaan elektronik selama studi berlangsung. Kelompok 2 diminta untuk mengizinkan anak-anak menggunakan elektronik mereka selama 1 jam sehari, dan Kelompok 3 memberikan akses tanpa batas.

Penggunaan elektronik merupakan variabel atribut pada penelitian pertama, sedangkan pada penelitian yang kedua, penggunaan elektronik adalah variabel aktif yang dimanipulasi dengan hati-hati.

  1. Studi tentang pengaruh air pada tomat

Suatu proyek penelitian mengkaji tentang pengaruh air pada tomat. Jumlah air yang diberikan untuk setiap tomat merupakan variabel aktif karena dikontrol oleh peneliti. Faktanya, manipulasi jumlah air terhadap tomat adalah kekuatan yang mendorong eksperimen.

  1. Tanggapan keluarga kelas menengah terhadap propaganda iklan

Dalam penelitian tentang tanggapan keluarga kelas menengah terhadap berbagai jenis propaganda iklan, jenis iklan yang ditampilkan untuk setiap tanggapan yang direkam adalah variabel aktif. Peneliti mungkin tidak dapat memanipulasi status sosial keluarga atau kecenderungan mereka terhadap iklan, tetapi peneliti dapat memutuskan iklan mana yang akan diuji dalam setiap contoh.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian variabel aktif dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja memberikan wawasan untuk semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *