Pengertian Statistik dan Statistika, Perbedaan, dan Contohnya

Diposting pada

Statistik dan Statistika

Statistika adalah bidang pengetahuan yang memungkinkan penyidik ​​memperoleh dan mengevaluasi kesimpulan tentang suatu jenis populasi dan sampel. Dengan kata lain, statistika adalah generalisasi tentang kelompok besar berdasarkan apa yang kita temukan dalam kelompok yang lebih kecil. Sedangkan untuk bidang statistika berkaitan dengan pengumpulan, pemilihan, klasifikasi, menafsirkan, dan penganalisisan data yang digunakan untuk memperoleh dan mengevaluasi validitas dan reliabilitas kesimpulan berdasarkan data. Data-data yang diolah dan dihasilkan dari proses statistika inilah yang dinamakan data statistik.

Meskipun saling berkaitan antara statistik dan statistika setidaknya terdapat perbedaan diantaran keduanya yang bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu dari segi pengertian, tujuan, dan metode yang digunakan. Contohnya pun tentu berbeda, karena penekanannya statistik adalah hasilnya atau datanya sedangkan statistika adalah ilmunya atai proses pengolahannya.

Statistik dan Statistika

Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan pengembangan dan pembelajaran metode penelitian untuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan data empiris. Statistika adalah bidang yang sangat interdisipliner untuk sebuah arti penelitian dalam statistika menemukan penerapan di hampir semua bidang ilmiah dan pertanyaan penelitian di berbagai bidang ilmiah memotivasi pengembangan metode dan teori statistik baru.

Dalam mengembangkan metode dan mempelajari teori yang mendasari metode, ahli statistik menggunakan berbagai alat matematika dan komputasi. Dua gagasan mendasar di bidang statistika adalah ketidakpastian dan variasi. Ada banyak situasi yang kita hadapi dalam sains (atau lebih umum lagi dalam kehidupan) di mana hasilnya tidak pasti.

Probabilitas adalah bahasa matematika yang digunakan untuk membahas peristiwa yang tidak pasti dan probabilitas memainkan peran kunci dalam statistika. Setiap upaya pengukuran atau pengumpulan data tunduk pada sejumlah sumber variasi. Maksudnya adalah jika pengukuran yang sama diulangi, maka jawabannya kemungkinan besar akan berubah. Ahli statistik berusaha untuk memahami dan mengontrol (jika mungkin) sumber variasi dalam situasi apa pun.

Hasil pengukuran dalam statistika yaitu data yang berupa angka-angka atau data numerik yang sering kita sebut dengan istilah data statistik. Definisi statistik adalah angka, atau orang yang merupakan bagian data yang tidak disebutkan namanya untuk dipelajari.

Statistik adalah bagian data dari sebagian populasi. Penjelasan ini kebalikan dari parameter. Parameter adalah data dari sensus. Sensus mensurvei semua orang. Misalnya, jika kita memiliki sedikit informasi, itu adalah statistik. Jika kita melihat bagian dari kumpulan data, itu adalah statistik. Jika kita mengetahui sesuatu tentang 10% orang, itu juga statistik. Parameter adalah semua informasi. Dan semua informasi itu jarang diketahui. Itulah mengapa kita membutuhkan statistik!

Secara historis, kata statistic secara tidak langsung berasal dari bahasa Latin abad pertengahan yaitu status, untuk sebuah negara politik meskipun dalam bahasa Jerman (statistik) juga ada kata yang berhubungan erat yang juga digunakan dalam pengertian politik.

“Statistik” dipopulerkan oleh ilmuwan politik Jerman Gottfried Aschenwall (1719-1772) dalam “Vorbereitung zur Staatswissenschaft” (1748). Menurut Universitas Leiden, sulit untuk mengetahui secara pasti kapan kata tersebut tidak lagi memiliki arti yang dekat dengan “keadaan politik” dan menjadi lebih dari istilah matematika.

Kata tersebut pertama kali digunakan dalam Oxford English Dictionary pada tahun 1770, dalam terjemahan W. Hooper dari Bielfield’s Elementary Universal Education: “The science, that is called statistics, mengajarkan kita apa tatanan politik dari semua negara modern di dunia yang dikenal”. Kamus Etimologi Online menyatakan bahwa catatan waktu pertama kata yang berarti “data numerik dikumpulkan dan diklasifikasikan” adalah tahun 1829 dan statistik bentuk singkatnya pertama kali muncul pada tahun 1961.

Pengertian Statistik

Statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikumpulkan, dikelompokkan dan ditabulasi sehingga diperoleh informasi berkaitan dengan permasalahan tertentu. Atau secara sederhana, bisa dikatakan bahwa statistik adalah hasil penelitian terkait data yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel dan lain sebagainya.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

definisi statistik menurut para ahli, antara lain:

  1. Sutrisno Hadi, Statistik sebagai cara untuk mengolah data dan menarik kesimpula-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logis dari pengolahan data.

Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu yang mengkaji tentang cara melakukan tabulasi, pengumpulan, analisis, serta penemuan keterangan yang berarti dari data. Atau secara sederhana, bisa dikatakan bahwa statistika merupakan cabang ilmu yang berkaitan dengan data-data dan bagaimana mengumpulkannya.

Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Adapun definisi statistika menurut para ahli, antara lain:

  1. Marguerrite F. Hall (1892), Statistika adalah suatu teknik untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka.
  2. Sigit Nugroho (2007), Arti statistika adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik bisa berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik bisa digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan antara statistik dan statistika dapat dilihat dari beberapa aspek, meskipun pada dasarnya keduanya saling berkaitan. Penjelasan, lengkapnya sebagai berikut;

No Perbedaan Statistik Statistika
1 Berdasarkan pengertiannya Statistik adalah data-data sendiri yang diolah dan dipelajari dalam ilmu statistika Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari data, atau mempelajari statistik
2 Berdasarkan Tujuannya Tujuan dari statistik yaitu untuk memperoleh gambaran atas data-data yang telah dikumpulkan dan dikaji sebelumnya. Berdasarkan data yang telah disajikan tersebut, selanjutanya dapat ditarik kesimpulan atas permasalahan yang sedang dikaji Data hasil pengolahan statistika inilah yang dinamakan data statistik. Oleh sebab itu, secara umum statistika berguna untuk mengubah data dan informasi acak menjadi sebuah data statistik yang dapat dimengerti.
3 Berdasarkan metode yang digunakan Statistik menggunakan metode kajian untuk mendapatkan kumpulan data terlebih dahulu yang diperoleh dan diolah pada proses statistika untuk dikaji setelahnya. Atau bisa dikatakan bahwa, metode yang digunakan dalam statistik lebih bersifat interpretatif terhadap ‘statistik’ apa yang telah dikeluarkan dari pengolahan menggunakan metode statistika. Statistika menggunakan metode penelitian yang bisa berupa survei dan eksperimen. Kedua metode tersebut sama-sama mengkaji tentang perilaku respons yang disebabkan oleh perubahan penjelas maupun pengaruhnya.

Contoh Statistik dan Statistika

Adapun untuk contoh data statistik dan statistika dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

Statistik

Diantaranya;

  1. Data kependudukan dan perekonomian yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS)
  2. Data kepemilikan kendaraan bermotor di suatu kawasan perkotaan
  3. Data belanja daerah dan anggaran pemerintah daerah yang dimiliki Kemenkeu (DPJK)
  4. Data kependudukan suatu desa yang diperoleh melalui survei
  5. Data penggunaan lahan suatu kabupaten yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan
Statistika

Yaitu;

  1. Pengolahan data kependudukan suatu wilayah untuk menentukan piramida pendudukdengan menggunakan analisis cohort demografi
  2. Pengolahan data kependudukan suatu wilayah untuk menentukan transisi demografidengan
  3. Prediksi penduduk di masa mendatang dengan memanfaatkan proyeksipenduduk aritmatik
  4. Menemukan mean (rata-rata) dan standar deviasi dari nilai ujian mahasiswa di universitas A
  5. Menemukan median umur penduduk di suatu desa
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapat dikatakan bahwa statistik memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Bagi penggemar baseball, statistik adalah informasi tentang rata-rata run yang diperoleh pelempar atau persentase slugging pemukul atau jumlah home run. Bagi manajer pabrik di perusahaan distribusi, statistik adalah laporan harian tentang tingkat persediaan, ketidakhadiran, efisiensi tenaga kerja, dan produksi.

Bagi seorang peneliti medis yang menyelidiki efek obat baru, statistik adalah bukti keberhasilan upaya penelitian. Dan bagi seorang mahasiswa, statistik adalah nilai yang dibuat pada semua ujian dan kuis dalam suatu mata pelajaran selama satu semester. Saat ini, statistik dan analisis statistik digunakan di hampir setiap profesi, dan bagi manajer khususnya, statistik telah menjadi alat yang paling berharga

Tapi yang pasti, dalam hal ini statistik adalah hasil data yang dikumpulkan melalui proses atau metode ilmiah, yang kemudian diolah serta diinterpretasikan untuk ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram. Data yang sudah diolah dan ditampilkan itulah yang dinamakan sebagai statistik.

Sedangkan statistika merupakan suatu ilmu yang berguna untuk mempermudah dalam pengolahan dan menginterpretasikan data yang sudah dikumpulkan. Melalui statistika, data dari sebuah permasalahan yang sebelumnya telah dikumpulkan, bisa diolah, diinterpretasikan, dan kemudian digunakan untuk tujuan tertentu.

Disini terlihat, bahwa perbedaannya hanya terletak pada pelaksanaan dari proses kajian tersebut. Atau bisa dikatakan bahwa, metode yang digunakan dalam statistika lebih berfokus pada pengelolaan data yang dikumpulkan untuk menghasilkan data statistik.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian statistik dan statistika menurut para ahli, perbedaan, dan contoh datanya yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mengedukasi.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *