Contoh Fokus Penelitian Karya Ilmiah/Makalah/Skripsi

Diposting pada

Fokus Penelitian

Fokus dalam penelitian menjadi begitu penting untuk dibuat oleh seorang peneliti, hal ini lantaran berkaitan dengan rancangan atas analisa hasil penelitian akan diarahakan. Pada prosesnya pembuatan fokus penelitian ini terdapat dalam BAB 3: Metode Penelitian.

Oleh karena itulah, bagi siapa saja yang akan membuat karya ilmiah seperti skripsi dan makalah dalam berbagai jenis metode penlitian dihruskan benar-bener memahami seluk belum pembuatan fokus penelitiannya.

Fokus Penelitian

Fokus penelitian adalah rangkaian bentuk susunan permasalahan yang dijelaskan sebagai pusat dalam topik penelitian, sehingga harapannya dengan terfokus ini si penelitian benar-benar mampu mengumpulkan data dan menganalisis data yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Oleh karena itulah hampir setiap macam metode penelitian kadangkala mencantumkan fokus penelitian, baik itu penelitian kualitatatif, deskriptif, kuantitatif, studi kasus, studi kepusatakaan, dan lain sebagainya.

Contoh Fokus Penelitian

Dalam upaya memberikan kejelasan yang berkaitan dengan pembuatan fokus penelitian, maka berikut ini akan disajikan contoh-contoh kepenulisannya. Agar bagi kalian yang sedang memperlukan terbatu skematika apasaja yang harus dicantumkan.

Bagian-bagian karya ilmiah ini dapat meliputi tugas akhir, skripsi, ataupun penulisan jurnal. Adapun contohnya dalalm pembuatan fokus penelitian untuk karya ilmiah dalam berbagai jenis metode, antara lain;

  1. Penelitian Kualitatif

Adapun salah satu jenis metode penelitian yang karapkali mempergunakan fokus penulisan ialah kualitatif, hal ini lantaran dalam variable penelitian untuk riset ini perlu penegasan agar tidak terjadi penyimpangan. Adapun contoh struktur penulisannya, adalah sebagai berikut;

Fokus Penelitian Kualitatif

Fokus penulisan dalam penelitian kualitatif ini adalah pemanfaatan plaftorm LadangJasa sebagai solusi dalam pemberdayaan pengangguran friksional. Hal ini didasarkan pada permasalahan yang ditemui oleh penggangguran friksional berupa tidak adanya wadah untuk menyalurkan keterampilan dan tidak adanya modal usaha sehingga penulis berfokus pada platform Ladang-Jasa sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

  1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan salah satu metodologi yang dipergunakan dalam pemecahan masalah dengan langkah mendeskripsikan, menggambarkan, menjelaskan, dan menganalisis situasi dan kondisi dalam suatu obyek permasalahan dari sudut pandang penulis yang didasarkan pada telaah pustaka yang menunjang (studi literatur).

Fokus Penelitian Deskriptif

Obyek permasalahan adalah industri pengolahan udang yang menghasilkan limbah cangkang udang (Penaeus sp.) dan industri percetakan koran yang menghasilkan limbah cair yang mengandung logam berat berbahaya yaitu timbal (Pb).

Penulis mencoba memberikan solusi dari kedua permasalahan tersebut dengan cara memanfaatkan limbah industri pengolahan udang sebagai penyerap logam berat timbal (Pb) pada limbah cair industri percetakan koran. Penulisan fokus pada sintesis nano kitosan dan mekanismenya dalam mengikat ion logam timbal (Pb) dalam limbah cair.

  1. Studi Kasus

Pembuatan fokus penelitian yang menjad isumber dalam mengungkap segala bentuk permasalahan untuk metode studi kasus biasanya berkaitan dengan pengamatan suatu peristiwa serta masalah-masalah sosial aktual yang sedang terjadi saat ini terhadap suatu objek penelitian secara umum.

Teori yang digunakan dengan menganalisa penelitian studi kasus ini juga yang terjadi dari tahun ketahun sehingga menarik untuk dijadikan kaian.

Fokus Penelitian Studi Kasus

Fokus penulisan dalam metode studi kasus ini terletak pada subjek dan objek yang diteliti serta yang berkaitan dengan penyebab dilakukannya penelitian dari berbagai faktor.

  1. Penelitian Kuantitatif

Adapun salah satu proses dalam tahapan penulisan untuk fokus penelitian dalam kuatiatif tetap harus memertimbangkan sempel atas rumusan masalah yang akan dilakukan kajian. Dalam kaidahnya struktur kepenulisan ini bisa mencontoh sebagai berikut;

Fokus Penulisan Penelitian Kuantitatif

Penelitian fokus pada penggunaan sistem Bank Sampah di Indonesia. Penulis akan menganalisis mengenai kondisi sistem bank sampah dengan metode kuantitatif, baik menganalisis masyarakat Indonesia yang merupakan nasabah Bank Sampah, maupun bukan nasabah.

Selanjutnya, penulis akan menganalisis dari hasil survei apakah dengan keberadaan aplikasi mobile, sistem ini akan menjadi lebih baik atau tidak.

  1. Makalah

Makalah adalah salah satu bagian yang kadangkala memperlukan fokus kepenulisan, tentusaja ada contoh yang bisa dilakukan. Misalnya saja

Fokus Penulisan Makalah

Fokus yang diamati dalam makalah ini melalui studi litersi adalah:

  1. Perubahan sosial ekonomi masyarakat miskin berupa, aspek sosial yang terdiri dari pendidikan, kesehatan serta lingkungan dan aspek ekonomi yang berupa mata pencaharian dan pendapatan.
  2. Dampak perubahan sosial ekonomi masyarakat miskkin yakni berdampak positif atau berdampa negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat.
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial ekonomi masyarakat; yakni perubahan yang disebabkan oleh masyarakat itu sendiri (intern), dan perubahan oleh karena pengaruh dari luas.
  1. Proposal Skripsi

Skripsi menjadi salah satu karya tulis ilmiah yang kerapkali memperlukan fokus penelitian. Hal ini bisanya serangkaian dengan pemilihan jenis penelitian dan sumber data yang diperoleh. Untuk contoh penggunaan fokus penulisan dalam proposal penelitian skripsi misalnya saja.

Fokus Penelitian Skripsi
  1. Jenis Penulisan

Penulisan proposal skripsi ini menggunakan jenis penulisan kualitatif dengan pendekatan logika induktif. Penulis menganalisis proses sosial dalam mencari data-data dalam implementasi gagasan, upaya membanagun budaya literasi pada anak usia Sekolah Dasar.

  1. Fokus Penulisan

Penulisan ini memfokuskan pembahasan membangun budaya literasi sejak usia Sekolah Dasar dengan menggunakan konsep pojok literasi kelas yang menyenangkan.

  1. Sumber Data

Data-data dalam penulisan ini diperoleh dari data observasi penulis, jurnal-jurnal ilmiah, serta data statistik badan pemerintahan.

Pada fokus penulisan skripsi dia ats masih secara umum dibuat oleh seseorang yang belum benar-bener turun dan terjun langsungd di lapangan. Kondisi ini disusun sebagai keyakinan yang harus dilakukan oleh seseorang pada langkah penelitian yang dijalankan.

  1. Karya Tulis Ilmiah

Sebagai salah satu bagian karya yang berisfat non sastra kadangkala KTI juga mencantumkan fokus penulisan dalam penelitian. Prihal ini tentusaja kalian bisa membuatnya dengan langkah mudah, misalnya dengan mencontoh skema kepenulisan di bawah ini.

Fokus Penulisan KTI
  1. Jenis Penulisan

Jenis penulisan karya tulis ilmiah yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian dilakukan analilis dan penarikan kesimpulan.

  1. Fokus Penulisan

Fokus penulisan dari karya tulis ini adalah seluruh petani dan masyarakat Indonesia.

Itulah tadi berbagai contoh-contoh penulisan fokus penelitian yang bisa dipergunakan dalam karya ilmiah, makalah, proposal skripsi, dan lain sebagainya. Tentusaja melalui beragai jenis metode yang bisa dipilih. Semoga memberi edukasi.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *