Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tujuan dan Metodenya

Diposting pada

Penelitian Berdasarkan Tujuan dan Metode

Penelitian adalah pencarian data yang dilakukan secara logis dan sistematis guna memperoleh informasi baru dan berguna tentang topik penelitian tertentu. Penelitian ini tentusaja memiliki urgensi yang tinggi penting baik dalam bidang ilmiah maupun non-ilmiah.

Oleh karena alasan demikianlah ketika merencanakan proyek penelitian, seseorang harus mampu mengembangkan pertanyaan penelitian, dan membuat contoh desain penelitian, serta mengkategorikan berbagai keputusan tentang klasifikasi penelitian yang ingin dilakukan berdasarkan pada tujuan dan metodenya.

Penelitian

Penelitian adalah metode yang terorganisir dan sistematis untuk menemukan jawaban atas pertanyaan. Alasan sistematis karena ini adalah proses yang dipecah menjadi langkah-langkah jelas yang mengarah pada kesimpulan. Penelitian diselenggarakan karena terdapat struktur atau metode yang direncanakan yang digunakan untuk mencapai suatu arti kesimpulan.

Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tujuannya

Adapun untuk jenis penelitian jikalau dilihat pada tujuannya terbagi atas beragam bentuk. Antara lain;

  1. Eksplorasi

Seperti namanya, penelitian eksplorasi bertujuan untuk mengeksplorasi sekelompok pertanyaan. Riset ini dilakukan untuk menangani permasalahan baru yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya. Proses eksplorasi ini meletakkan dasar untuk penelitian dan pengumpulan data yang lebih konklusif.

  1. Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berfokus pada perluasan pengetahuan tentang isu-isu terkini melalui teknik pengumpulan data. Tujuan utama dilakukannya penelitian deskriptif ialah untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memvalidasi suatu temuan baru.

Contoh Penelitian Deskriptif

Misalnya, sebuah studi yang dilakukan untuk mengetahui apakah pimpinan manajemen tingkat atas di abad ke-21 memiliki hak moral untuk menerima sejumlah besar uang dari laba perusahaan.

  1. Eksplanatori

Penelitian eksplanatori yang dikenal pula dengan penelitian kausal hakekatnya dilakukan untuk memahami dampak dari perubahan tertentu dalam prosedur standar yang ada. Melakukan eksperimen adalah bentuk penelitian eksplanatori yang paling populer.

Contoh Penelitian Eksplanatori

Misalnya, penelitian untuk mengetahui pengaruh rebranding terhadap loyalitas pelanggan.

Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Metode

Jenis penelitian berdasarkan metodenya secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang melibatkan pengumpulan dan analisis data non-numerik, yang melakukan teknik analisis data. Misalnya data riset ini dalam bentuk teks, video, atau audio, untuk memahami konsep, opini, atau pengalaman.

Selain itu penelitian ini dapat digunakan untuk mengumpulkan wawasan mendalam tentang suatu masalah atau menghasilkan ide-ide baru untuk penelitian. Penelitian kualitatif biasanya digunakan dalam ilmu humaniora dan sosial, dalam mata pelajaran seperti antropologi, sosiologi, pendidikan, ilmu kesehatan, sejarah, dan lain-lain. 

  1. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang melibatkan proses pengumpulan dan analisis data numerik. Riset seperti ini dapat digunakan untuk menemukan pola dan rata-rata, membuat prediksi, menguji hubungan sebab akibat, dan menggeneralisasi hasil ke populasi yang lebih luas.

Penelitian kuantitatif banyak digunakan dalam ilmu alam dan sosial: biologi, kimia, psikologi, ekonomi, sosiologi, pemasaran, dan lain-lain.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada kalian tentang adanya klasifikasi penelitian dilihat berdasarkan tujuan dan metodenya beserta dengan contoh penggunannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *