Pengertian Observasi Tidak Terstruktur dan Contohnya

Diposting pada

Observasi Tidak Terstruktur Adalah

Observasi bisa dikatakan sebagai teknik pengumpulan data dalam arti penelitian. Di mana seorang peneliti dalam hal ini senantisa mengumpulkan pengetahuan tentang fenomena atas topik penelitian yang dituju melalui pengamatan fenomena tersebutlah mengetahuai saat dan ketika itu terjadi.

Oleh sebab itulah observasi senantisa fokus pada perilaku manusia dan interaksi manusia terhadap ekspresi verbal dan non verbal. Disisi lain, dalam melakukan observasi terdapat bebagai bentuk pendekatan yang dilakukan seperti observasi terstruktur dan observasi tidak terstruktur.

Observasi Tidak Terstruktur

Observasi tidak terstruktur bisa dianggap lebih mampu dalam mendorong sikap kreatif untuk mengumpulkan informasi. Namun langkah dalam observasi ini perlu untuk dilakukan teknik analisis data, sehingga kekurangnya dapat memakan waktu lama lantaran harus dipengaruhi oleh sistem nilai peneliti itu sendiri.

Pengertian Observasi Tidak Terstruktur

Observasi tidak terstruktur adalah proses observasi dari hasil pengamatan yang dijalankan dengan langkah untuk tidak dipersiapkan terlebih dahulu atau yang belum diketahui prosesnya objektif di lapangan seingga jenis observasi ini terjadi saat peneliti belum mengetahui apa yang akan diamati dan belum jelas arah dalam pengambilan datanya.

Contoh Observasi Tidak Terstruktur

Adapun untuk contoh observasi tidak terstruktur, antara lain:

  1. Riset Pasar

Penelitian pemasaran kerapkali mempergunakan observasi tidak terstruktur, lantaran bentuk pengamatan ini lebih mengacu pada teknik yang digunakan, yakni sebagai alat untuk mengumpulkan data.

Bahkan selama pengamatan yang bisanya dilakukan dalam penelitian pemasaran si peneliti dapat mencatat kerugian dan keuntungan utama produk atau layanan yang diamati. Oleh sebab itulah komponen kunci dari observasi ini dilaporkan dan dikembangkan menjadi hipotesis penelitian yang ringkas.

  1. Pengalaman lansia yang dirawat

Disisi lain, untuk penggunaan dalam observasi tidak terstruktur bisa dilakukan dengan pendekatan yang paling baik digunakan untuk melihat satu situasi pada tahapan memeriksa pengalaman lansia yang dirawat.

Dalam situasi melihat pengalaman lansia inilah seorang peneliti akan membuat banyak catatan lapangan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tape atau rekaman video. Ada jadwal acara atau kegiatan yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu, peneliti haruslah mentranskrip agar sesuai dengan objek penelitian yang telah ditentukan.

  1. Pengamatan Pilpres 2024

Proses terjadinya Pilkada 2024 yang belum terjadi bisa dikatakan sebagai bagian daripada observasi tidak terstruktur, hal ini lantaran hanya berupa perkiraan dan belum mengetahui kondisi di lapangan nantinya. Oleh karena itulah penelitian disesuaikan dengan waktu penelitian.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa observasi tidak terstruktur bisa dikatakan sebagai proses pengamatan yang dilakukan oleh si peneliti dalam mengumpulkan data dengan pengembangkan pengamatannya yang dilihat dari perkembangan dan situasi yang terjadi di lapangan (tempat penelitian).

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *