6 Tujuan Membuat Analisis SWOT dan Penjelasannya

Diposting pada
Rate this post

Tujuan Analisis SWOT

Analisis SWOT bisa dikatakan sebagai teknik pengumpulan data yang senantisa dipergunakan untuk menentukan dan mendefinisikan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) yang kesemua ini termasuk dalam bagian unsur analisis SWOT.

Disisi lainnya, proses pembuatan analisis SWOT dapat diterapkan pada perusahaan, organisasi sosial, proyek dalam arti penelitian seorang individu dalam satu departemen, dan lain sebagainya. Bahkan dalam analisis SWOT dan diagnosa masalah juga ditemukan dalam penyusuanan karya tulis ilmiah khususnya pada bagian pembuatan bussines plan. Tujuannya tentusaja agar mendapatkan ricinan agar usaha yang dijalankan sesuai dengan keinginan yang direncanakan.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah bagian daripada metodologi penganalisisan atas wujud perencanaan strategis yang senantisa dipergunakan dalam usaha untuk memonitor dan mengevaluasi project tertentu dalam upaya memahami serta memenuhu tujuan yang diinginkan.

Tujuan Analisis SWOT

Tujuan menyusun dan membuat analisis SWOT secara umum. Diantaranya yaitu:

  1. Mempelajari lingkungan internal dan eksternal perusahaan

Tujuan analisis SWOT tak lain ialah untuk mempelajari lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dilakukan melalui identifikasi dan analisis kekuatan dan kelemahan organisasi, serta peluang dan ancaman yang dihadapi.

  1. Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi fungsi organisasi

Bagian dari tujuan analisis SWOT adalah juga untuk secara tegas mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi organisasi, sehingga dapat menyediakan informasi yang sangat berguna dalam proses perencanaan strategis.

  1. Mendapatkan rincian terkait faktor kunci yang menentukan kontinuitas perusahaan

Analis SWOT dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pemetaan terperinci terkait faktor-faktor kunci yang berperan dalam menentukan kontinuitas atau kelangsungan dari suatu perusahaan. Atau secara sederhana bisa dikatakan bahwa analisis SWOT dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang situasi yang dihadapi atau yang mungkin dihadapi oleh perusahaan.

  1. Melakukan penilaian jangka pendek maupun jangka panjang

Usaha kecil, perusahaan besar serta individu dapat menggunakan prosedur analisis SWOT untuk melakukan penilaian terhadap suatu proyek atau kegiatan. Dengan memasukkan penyelidikan SWOT dalam strategi untuk mencapai kesuksesan, usaha kecil, perusahaan, maupun individu dapat menjelaskan skema jangka pendek dan jangka panjang mereka dengan lebih baik.

  1. Mengenali kekuatan kunci dari suatu organisasi

Analisis SWOT sangat penting untuk dilakukan karena dapat mengenali kekuatan kunci dari suatu organisasi. Kekuatan tersebut dapat menggabungkan gambaran merek yang kuat, banyak modal kerja, status yang baik di antara konsumen dan bahkan sistem penyebaran atau distribusi yang kuat.

Dengan kata lain, melalui analisis SWOT inilah kita dapat menentukan diagnosis perusahaan atas upaya untuk memperkuat poin positif, menunjukkan poin mana yang harus ditingkatkan, seperti apakah peluang pertumbuhannya, bagaimana upaya peningkatan peluangnya, dan lain-lain.

  1. Membantu dalam memeriksa kemungkinan ancaman terhadap bisnis

Analisis SWOT membantu kita untuk memeriksa kemungkinan ancaman terhadap bisnis kita, dan meluncurkan peningkatan penting pada pengaturan bisnis serta rencana pengembangan. Selain itu, analisis SWOT mendorong pembuatan rencana tambahan atau opsional, pengaturan darurat, dan sebagainya.

Contoh Tujuan Analisis SWOT

Implementasi dalam contoh analisis SWOT misalnya saja;

  1. Penelitian

Ketika melangsungkan penelitian seseorang membuat analisis SWOT agar mampu mempeta-petakan bagian penting dari proses penyelesaian. Hal ini dilakukan, agar ketika turun di lapangan untuk menggambil jenis data penelitian mengetahui bagian apa saja yang harus di dahuluan dan bagian mana saja yang perlu untuk dikesampingkan terlebih dahulu.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa diselesaikan terkait dengan tujuan menyusun analisis SWOT  (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) beserta dengan contohnya. Semoga saja bisa berguna untuk kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *