Contoh Alat dan Bahan dalam Penelitian

Diposting pada

Contoh Alat dan Bahan Penelitian

Pada penulisan BAB 3 yang secara garis besar mencantumkan metode penelitian kerapkali menjumpai alat dan bahan. Penjelasan terkait alat dan bahan dalam penelitian ini wajar adanya, lantaran setiap ciri keilmiahan haruslah dibuktikan dengan riset yang mampu menjawab permasalahan atau solusi yang ditawarkan.

Penulisan dalam bahan dan alat untuk penelitian ini bisanya ada dalam setiap karya ilmiah, baik skripsi, makalah, laporan percobaan penelitian, dan lain sebaginya. Oleh karena itulah artikel ini mencoba menuliskan contoh-contoh pengambarannya secara umum.

Alat dan Bahan

Alat merupakan penjelasan spsifikasi teknis percobaan yang dilakukan ketika memperoleh hasil penelitian. Sedangkan bahan penelitian utama menjelaskan secara ringkas proses pemilihan sampel, bahan pembantu penyelesaian riset, spesifikasi teknis, asal usul dan proses mendapatkannya.

Prosedur ini menjadi sangat penting dilakukan sebab dengan begitu seseorang yang membaca laporan penelitian yang telah kita selesaikan akan bisa mempraktekan hal apasaja yang terjadi.

Contoh Alat dan Bahan Penelitian

Sebagai penjelasan dan penjabaran lebih lengkap untuk penulisan dalam alat dan bahan dalam penelitian maka artikel ini akan mencoba menerangkan satu persatu contohnya. Antara lain;

  1. Karya Tulis Ilmiah

Setiap penulisan KTI yang mempergunakan metode penelitian eksperimen biasanya menjelaskan terkait dengan alat-alat dan bahan apasaja yang dipergunakannya. Adapun contoh untuk kepenulisannya misalnya saja sebagai berikut;

Alat dan Bahan Karya Tulis Ilmiah

Alat yang digunakan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah pengaduk, baskom, pisau, penumbuk dan papan, botol, timbangan, saringan, kain, gelas ukur. Sedangkan bahan yang diperlukan adalah daun kecubung, tanaman singkong yang terserang ulat tanah, akuades.

  1. Skripsi

Adalah penulisan skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa yang akan menyelesaikan program sarjana, kadangkala juga mencantumkan pertalahan dan bahan yang dipergunakan. Untuk contoh kepenulisannya misalnya saja;

Alat dan Bahan dalam Skripsi

Peralatan yang digunakan dalam perancangan penyelesaian skripsi ini adalah Motor Servo, Turning 9x (Remove Control), Motor DC 9V, Gear, Alumunium, Aki 12V, Kabel, Kawat Jaring, Kawat Tali, Gunting Kawat, Timah, Box 10×20×50 cm, Switch button, PCB Board, Baut, Mur, Solder dan Ubec 5A 5-24V For Turnigy Receiver.

  1. Makalah Kewirausahaan

Makalah sebagai bagian daripada karya ilmiah biasanya memperlukan bahan dan peralatan percoabaan. Utamanya untuk penulisan jenis makalah ini ialah kewirausahaan yang akan dikembangkan. Contoh kepenulisannya sebagai berikut;

Alat dan Bahan Makalah

Alat yang digunakan dalam pembuatan nugget adalah pan plastik, pisau, sendok, baskom, blender, penyampur daging, pan pencetak, piring, kompor, gas. Bahan baku yang digunakan pada pembuatan nugget adalah gurita dan kulit pisang. Bahan pengikat dan bahan tambahan yang digunakan adalah tepung tapioka, tepung ubi jalar, tepung roti, garam, telur ayam, minyak goreng, bawang putih, lada, gula, air bersih, Bawang bombay, Gula.

  1. Laporan Penelitian Perobaan

Sedangkan dalam proses pembuatan laporan penelitian perobaan kerapkali dituliskan pula terkait alat apasaja yang dipergunakan. Untuk metodologi penulisannya misalnya saja;

Alat dan Bahan Penelitian Perobaan

Dalam metode ini, dilakukan pencarian alat Thermoelectric yang sesuai dengan panas gas buang motor (knalpot) motor Yamaha Matic Mio 2007. Kemudian dilakukan penggunaan modul termoelektrik TEC1 12706.

  1. Proposal Penelitian

Sebagai bagian daripada project mengerjakan penelitian. Seringkali pula pencantuman bahan dan alat dalam penelitian ini menjadi penting. Untuk contohnya, misalnya saja;

Alat dan Bahan Proposal Penelitian
  • Alat

Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu alat-alat gelas (Cimarec), desikator (As One, Jepang), oven (mammert), dan Fourier Transform Infrared (Thermo scientific, USA).

  • Bahan

Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hidroksiapatite, TriCalcium Phosphate gelatin, Carboxymethyle cellulose (Brataco, Indonesia), Acidic acid mohohidrat (Merck, Austria), potassium dihydrogen phosphate (Merck, Germany), Aqua DM (Brataco, Indonesia), Aceton (Aceton, Germany), ringer laktat (Widatra, Indonesia).

  1. Penelitian Kualitatif

Sedangkan dalam proses penyelesaian penelitian yang mempergunakan kualitatif kadangkalapula mencantumkan alat dan bahan. Misalnya saja contoh kepenulisannya sebagai berikut;

Bahan dan Alat Penelitian Kualitatif

Bahan dan alat yang dipergunakan dalam penelitian kualitatif kamera yang menjadi dokumentasi. Untuk meneliti data dalam penelitian, penulis menggunakan alat perekam, yakni mencari data mengenai rekaman responden. Selain itu peneliti juga menyiapkan catatan transkrip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat, agenda, dan sebagainya.

  1. Penelitian Kuantitatif

Sedangkan dalam proses penyelesaian untuk penelitian kuantitatif biasanya alat dan bahan yang dipergunakan adalah sebagai berikut;

Bahan dan Alat Penelitian Kuantitatif

Alat dan bahan yang dipergunakan dalam metode kuantitatif deskriptif kuesioner yang dilakukan pengumpulan dalam periode tertentu. Dalam proses penyelesaiannya metode ini menggunakan model analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), sajian data (display) dan verifikasi data/penarikan kesimpulan

Langkah-langkah yang penulis tempuh didasarkan atas cara berpikir runtut untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang menjadi titik pangkal dalam penulisan ini.

Nah, itulah tadi uraian atas penjelasan yang bisa kami share kepada kalian. Berkenaan dengan contoh penulisan alat dan bahan dalam metode penelitian untuk berbagai keperluan, baik skripsi, laporan percobaan, proposal penelitian, dan lain sebagianya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *