Contoh Prosedur Penelitian Karya Ilmiah

Diposting pada

Contoh Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian adalah salah satu bagian dalam BAB 3 yang menjelaskan secara terperinci terkait mekanisme riset yang akan dijelakan oleh setiap pihak. Baik untuk kepentingan penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsi, thesis, tugas akhir, laporan penelitian, ataupun yang lainnya.

Bagian prosedur penelitian juga dipengaruhi oleh jenis metode penelitian yang dipergunakan. Setiap metode memiliki kriteria khusus dalam menjelaskannya. Seperti metode penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, atau campuran. Oleh sebab demikianlah pada artikel ini secara lengkap kami akan menjelaskan tentang bagimana mekanisme dalam prosedur penelitian.

Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian adalah penjelasan setiap proses yang harus dilakukan oleh seorang peneliti untuk mampu mengumpulkan data yang kemudian dilakukan analisis secara mendalam pada hasil penelitian. Proses pembuatan prosedur ini tentusaja harus mencantumkan landasan teori dan tinjuan pusata sebelumnya, hal ini penting sebagai dasar tulisan kita memiliki ciri ilmiah.

Bagian Prosedur Penelitian

Adapun beberapa bagian dari prosedur penelitian, antara lain;

  1. Latar belakang
  2. Rumusan permasalahan
  3. Tujuan penelitian
  4. Manfaat penelitian
  5. Kerangka berfikir
  6. Kajian kepustakaan
  7. Menjelaskan variabel penelitian dan indikatornya
  8. Menentuan metodologi penelitian yang dipergunakan
  9. Teknik analisis data
  10. Penarikan kesimpulan dan saran penelitian

Contoh Prosedur Penelitian Karya Ilmiah

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut, pada artikel ini juga disajikan tentang contoh dalam penulisan prosedur penelitian. Khususnya yang mempergunakan metode eksperimen. Dengan topik penelitian yang dibahas ialah;

Inovasi Teknologi Konfigurasi Medan Listrik pada Tanaman Padi

Maka, penulisan prosedur penelitainnya bisa dilakukan sebagai berikut;

Prosedur Penelitain
  1. Dipersiapkan media tanam berupa tanah humus dimasing-masing 4 polybag sebanyak 1000 gr.
  2. Dipersiapkan pupuk untuk 3 polybag dengan 1 polybag tidak diberi pupuk sebagai indikator tetap dan 3 polybag diberikan pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk KCl dengan massa masing-masing pupuk sebanyak 20 gr.
  3. Ditanamkan bibit kacang hijau sebanyak 5 butir dengan posisi penanaman yaitu tengah, atas, bawah, kanan dan kiri pada masing-masing polybag.
  4. Disiram masing-masing polybag dengan air sebanyak 100 ml.
  5. Dirangkaikan elektroda tembaga tunggal secara paralel dengan panjang 8,8 cm dan ditancapkan kedalam tanah polybag dengan jarak kedalaman 6 cm dengan jarak anoda ke katoda 5,6 cm.
  6. Diberikan perambatan arus listrik dari PSA sebesar 2 Volt ke elektroda kemudian diukur tegangan output yang dihasilkan.
  7. Diamati perubahan tegangan setiap 30 menit sekali.
  8. Diamati perbedaan nilai tegangan yang dihasilkan pada keempat polybag per-harinya selama 5 hari serta diamati pertumbuhan kaca hijaunya.
  9. Setelah didapatkan hasil tegangan maka dianalisa berapa kadar konsentrasi pupuk yang tersisa didalam tanah tersebut per-harinya.

Adapun tujuan penulisan prosedur penelitian dalam karya ilmiah antara lain:

  1. Agar karya ilmiah yang sudah diselesaikan dapat digunakan sebagai ajang melatih dalam mengungkapkan pemikiran atau hasil  penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan sesuai metodologi penelitian sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Prosedur penelitian akan mampu menumbuhkan etos ilmiah terutama di kalangan siswa maupun mahasiswa sebagai calon ilmuwan handal, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan tapi juga mampu menjadi produsen ilmu pengetahuan.
  3. Prosedur karya ilmiah dianggap dapat memberikan bukti potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki siswa atau mahasiswa dalam menghadapi masalah dan memberikan solusi yang tepat.
  4. Prosedur penelitian dalam karya ilmiah secara tidak langsung melatih kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dengan baik dan benar.

Nah, itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami sajikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan contoh prosedur penelitian karya ilmiah yang bisa dipergunakan sebagai panduan dalam metodologi riset yang akan diselesaikan. Semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *