3 Contoh Prosedur Penelitian Proposal, Laporan, dan Karya Ilmiah

Diposting pada

Contoh Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian bisa dikatakan menjadi salah satu bagian dalam BAB 3 yang menjelaskan secara terperinci terkait mekanisme riset yang akan dijelakan oleh setiap pihak. Baik untuk kepentingan penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsi, thesis, tugas akhir, laporan penelitian, ataupun yang lainnya.

Bagian prosedur penelitian juga dipengaruhi oleh jenis metode penelitian yang dipergunakan. Sehingga setiap metode memiliki kriteria khusus dalam menjelaskannya. Seperti metode penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, atau campuran. Oleh sebab demikianlah pada artikel ini secara lengkap kami akan menjelaskan tentang bagimana mekanisme dalam prosedur penelitian.

Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian adalah penjelasan setiap proses yang harus dilakukan oleh seorang peneliti untuk mampu mengumpulkan data yang kemudian dilakukan analisis secara mendalam pada hasil penelitian. Proses pembuatan prosedur ini tentusaja harus mencantumkan landasan teori dan tinjuan pusata sebelumnya, hal ini penting sebagai dasar tulisan kita memiliki ciri ilmiah.

Contoh Prosedur Penelitian Karya Ilmiah

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut, pada artikel ini juga disajikan tentang contoh dalam penulisan prosedur penelitian. Antara lain;

  1. Penelitian Eksperimen

Metode penelitian eksperimen yang dibuat dalam karya ilmiah ini mengngkat topik penelitian yaitu;

Inovasi Teknologi Konfigurasi Medan Listrik pada Tanaman Padi

Maka, penulisan prosedur penelitainnya bisa dilakukan sebagai berikut;

Prosedur Penelitian
  1. Dipersiapkan media tanam berupa tanah humus dimasing-masing 4 polybag sebanyak 1000 gr.
  2. Dipersiapkan pupuk untuk 3 polybag dengan 1 polybag tidak diberi pupuk sebagai indikator tetap dan 3 polybag diberikan pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk KCl dengan massa masing-masing pupuk sebanyak 20 gr.
  3. Ditanamkan bibit kacang hijau sebanyak 5 butir dengan posisi penanaman yaitu tengah, atas, bawah, kanan dan kiri pada masing-masing polybag.
  4. Disiram masing-masing polybag dengan air sebanyak 100 ml.
  5. Dirangkaikan elektroda tembaga tunggal secara paralel dengan panjang 8,8 cm dan ditancapkan kedalam tanah polybag dengan jarak kedalaman 6 cm dengan jarak anoda ke katoda 5,6 cm.
  6. Diberikan perambatan arus listrik dari PSA sebesar 2 Volt ke elektroda kemudian diukur tegangan output yang dihasilkan.
  7. Diamati perubahan tegangan setiap 30 menit sekali.
  8. Diamati perbedaan nilai tegangan yang dihasilkan pada keempat polybag per-harinya selama 5 hari serta diamati pertumbuhan kaca hijaunya.
  9. Setelah didapatkan hasil tegangan maka dianalisa berapa kadar konsentrasi pupuk yang tersisa didalam tanah tersebut per-harinya.
  1. Laporan Penelitian

Sistematika yang menjadi bagian daripada pelaksanaan laporan penelitian yang dibuat dalam prosedur penulisan penelitian. Misalnya saja terkait penjalanan proyek kerja yang dilakukan oleh si penelitian. Sehingga, penulisannya;

Prosedur Pelaksanaan

Adapun prosedur pelaksanaan pada laporan penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengurus perizinan di Desa Sukamenanti.
  2. Pembagian kelompok berdasarkan 2 blok yaitu C danb D (9 RT) di Desa Sukamenanti.
  3. Melakukan penentuan dalam survei terkait dengan pengenalan area batas-batas RT 2 Dusun 1 blok C.
  4. Membuat peta masing-masing RT dilengkapi dengan posisi GPS.
  5. Melakukan observasi kondisi umum lokasi yang menjadi tempat pembuatan laporan penelitian
  6. Melakukan bentuk wawancara mengenai kondisi lingkungan, sosial dan ekonomi didampingi oleh ketua RT.
  7. Melakukan wawancara mengenai pertanian yang dominan di RT 2 Dusun 1 blok C.
  8. Melakukan wawancara mengenai masalah utama yang dihadapi di RT 2 Dusun 1 blok C.
  9. Melakukan analisis lingkungan di RT 2 Dusun 1 blok C menggunakan teknik SWOT.
  10. Membuat strategi pengembangan desa berdasarkan analisis SWOT
  1. Karya Tulis Ilmiah

Penulisan prosedur kerja yang dibuat dalam karya tulis ilmiah bisa disusun sesuai dengan ide yang dikemukakan. Prihal ini sistematikanya sebagai berikut;

Prosedur Kerja

Prosedur Kerja

Preparasi Biji Karet

Biji karet dijemur di bawah sinar matahari sampai kering, biji karet yang telah kering dikupas menggunakan pisau, lalu dikeringkan dalam oven pada suhu 100 drajat celcius selama 4 jam. Biji karet kering digerus sampai berbentuk bubuk, bubuk biji karet dikeringkan kembali dalam oven selama 2 jam dengan suhu 100 ˚C kemudian biji karet didinginkan dalam suhu kamar.

Ekstraksi Minyak Biji Karet

Pada percobaan ini, 100 gram bubuk biji karet kering dimasukkan ke dalam wadah sampel soklet, kemudian sampel disoklet selama 2-5 jam pada suhu 50-60 ˚C dengan pelarut n-heksana sebanyak 100 mL. Hasil soklet kemudian diuapkan sampai minyak dan pelarut terpisah. Minyak yang dihasilkan kemudian diukur volumenya.

Preparasi Batu Kapur

Preparasi batu kapur dilakukan dengan cara terlebih dahulu menghaluskan menggunakan blender hingga menjadi serbuk. Kemudian batu kapur yang telah halus selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan baku katalis heterogen.

Pembuatan Katalis dari Batu Kapur

Batu kapur yang telah dihaluskan selanjutnya diaktivasi pada suhu 800˚C dalam furnace selama 8 jam untuk mengubah kandungan kalsium karbonat menjadi kalsium oksida. Setelah diaktivasi selanjutnya katalis digerus menggunakan dengan mortar hingga halus dan katalis siap digunakan.

Proses Pirolisis

Sebanyak 250 mL minyak biji karet dimasukkan ke dalam reaktor pirolisis, ditambahkan katalis kalsium oksida sebanyak 5-10% dari berat minyak biji karet yaitu 10-20 gram. minyak biji karet kemudian dipirolisis pada suhu 200-300˚C dan proses berlangsung selama 2 jam. Setelah proses pirolisis selesai, biofuel yang dihasilkan selanjutnya dimurnikan atau difraksinasi dengan menggunakan destilasi bertingkat pada suhu 80˚C selama 30 menit untuk mendapatkan biofuel dengan fraksi hidrokarbon yang besar dan warna yang cerah.

Uji Kualitas Biofuel

Untuk menguji kelayakan biofuel yang dihasilkan dapat diaplikasikan sebagai bahan bakar maka, biofuel yang dihasilkan diuji kualitasnya meliputi parameter uji nyala, titik nyala, densitas dan viskositas serta analisa GC-MS untuk mengetahui kandungan biofuel yang dihasilkan berdasarkan pada Keputusan Direktorat Jenderal Energi baru, Terbarukan dan Konservasi Energi standar SNI 7431:2008.

Sistematika Bagian Prosedur Penelitian

Adapun beberapa bagian dari prosedur penelitian, antara lain;

  1. Latar belakang
  2. Rumusan permasalahan
  3. Tujuan penelitian
  4. Manfaat penelitian
  5. Kerangka berfikir
  6. Kajian kepustakaan
  7. Menjelaskan variabel penelitian dan indikatornya
  8. Menentuan metodologi penelitian yang dipergunakan
  9. Teknik analisis data
  10. Penarikan kesimpulan dan saran penelitian

Tujuan Penulisan Prosedur Penelitian

Adapun tujuan penulisan prosedur penelitian dalam karya ilmiah antara lain:

  1. Agar karya ilmiah yang sudah diselesaikan dapat digunakan sebagai ajang melatih dalam mengungkapkan pemikiran atau hasil  penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan sesuai metodologi penelitian sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Prosedur penelitian akan mampu menumbuhkan etos ilmiah terutama di kalangan siswa maupun mahasiswa sebagai calon ilmuwan handal, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan tapi juga mampu menjadi produsen ilmu pengetahuan.
  3. Prosedur karya ilmiah dianggap dapat memberikan bukti potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki siswa atau mahasiswa dalam menghadapi masalah dan memberikan solusi yang tepat.
  4. Prosedur penelitian dalam karya ilmiah secara tidak langsung melatih kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dengan baik dan benar.

Nah, itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami sajikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan contoh prosedur penelitian karya ilmiah yang bisa dipergunakan sebagai panduan dalam metodologi riset yang akan diselesaikan. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.