Tujuan Review Jurnal Penelitian

Diposting pada

Tujuan Review Jurnal

Review artikel jurnal penelitian merupakan ringkasan dan evaluasi terhadap artikel dari penulis lain. Bahkan berbagai tenaga pendidik, khususnya gurus seringkali memberikan review jurnal untuk memperkenalkan siswa pada hasil kerja para ahli di bidangnya. Para ahli juga sering diminta untuk mereview pekerjaan profesional lainnya. Evaluasi logis dari tema utama artikel, argumen pendukung, dan implikasinya untuk arti penelitian selanjutnya merupakan elemen penting dari sebuah review.

Mengapa menulis review artikel jurnal menjadi hal yang penting?. Hal ini tak lain karena mampu mengerjakan topik selama beberapa waktu. Oleh karena itulah menulis arti artikel ulasan akan bermanfaat untuk memberi kesempatan untuk membagikan apa yang telah dipelajari. Selain itu, review artikel bisa sangat berguna bagi peneliti lain, dimana mampu memperkenalkan mereka pada literatur kunci yang ada dan meringkas keadaan lapangan saat ini

Review Jurnal

Review adalah merangkum pemahaman terkini tentang topik penelitian tertentu. Review artikel terkadang juga disebut artikel survei atau dalam penerbitan berita, artikel ikhtisar. Publikasi akademis yang berspesialisasi dalam artikel review dikenal sebagai jurnal review.

Perbedaan menganalisis dan review yang paling urgen adalah melaporkan hasil penelitian. Sehingga dari penelitian yang dilakukan para ahli sangat berharga, tetapi penilaian ahli terhadap literatur bisa lebih berharga.

Tujuan Review Jurnal

Tujuan dan kontribusi yang terkait dengan review sejatinya sangat bergantung pada jenis dan pertanyaan penelitian khusus yang dibahas, tetapi secara umum tujuannya adalah:

  1. Menyelesaikan ambiguitas definisi dan buat garis besar cakupan topik.
  2. Memberikan serangkaian bentuk pegambaran yang terintegrasi dan disintesis tentang keadaan pengetahuan saat ini.
  3. Mengidentifikasi inkonsistensi dalam hasil sebelumnya dan penjelasan potensial (Misalnya moderator, mediator, tindakan, dan pendekatan).
  4. Evaluasi pendekatan metodologis yang ada dan wawasan unik.
  5. Mengmbangkan kerangka kerja konseptual untuk mendamaikan dan memperluas penelitian sebelumnya.
  6. Menjelaskan wawasan penelitian, celah yang ada, dan arah penelitian di masa depan.

Tidak setiap review artikel dapat menawarkan semua manfaat tersebut, tetapi daftar itu mewakili kontribusi utamanya. Untuk memberikan kontribusi yang memadai, makalah review perlu mencapai tiga standar utama. Antara lain;

  1. Domain penelitian yang harus sesuai untuk review artikel, sehingga ada cukup isi penelitian sebelumnya untuk membuat integrasi dan sintesis berharga, terutama jika penelitian yang masih ada mengungkapkan ketidakkonsistenan teoretis atau heterogenitas dalam efeknya.
  2. Review harus harus dilaksanakan dengan baik, dengan teknik pengumpulan data dan analisis literatur yang sesuai, cakupan literatur yang cukup luas dan mendalam, serta gaya penulisan sitasi yang baik.
  3. Manuskrip harus menawarkan wawasan baru yang signifikan berdasarkan perbandingan sistematisnya dari berbagai studi, bukan sekadar “laporan buku” yang menggambarkan penelitian sebelumnya.

Yang pasti standar pembuatan berbagai contoh review jurnal diatas merupakan yang paling sulit, terutama bagi penulis yang baru ingin melakukan tugas untuk mereview jurnal, oleh karena itulah untuk mencapainya memerlukan gambaran beberapa koneksi dan wawasan yang tidak jelas dari berbagai studi dan banyak aspeknya yang berbeda ( misalnya, konteks, metode, ukuran).

Biasanya yang paling sulit dalam membuat review jurnal setelah bagian “tinjauan pustaka” dari jenis makalah telah selesai, penulis harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengidentifikasi koneksi untuk mengungkap wawasan tambahan, yang masing-masing membutuhkan waktu untuk merinci dan menjelaskan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa bentuk yang paling umum dalam review jurnal penelitian adalah evaluasi kritis dari materi yang telah diterbitkan. Oleh karena itulah diperlukan sikap kehati-hatian dalam mengidentifikasi dan mensintesis literatur yang relevan untuk mengevaluasi pertanyaan penelitian tertentu, domain substantif, pendekatan teoritis, atau metodologi penelitian dan dengan demikian memberi pembaca pemahaman mutakhir tentang topik penelitian.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan pembuatan review jurnal penelitian. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang sedang membutuhkannya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *